Toyota diprediksi di posisi puncak lagi tahun ini

Toyota diprediksi di posisi puncak lagi tahun ini

Toyota diprediksi bakal kembali menjadi produsen mobil nomor satu di dunia pada akhir tahun ini. Sebelumnya, Toyota hanya menduduki posisi ketiga pada 2011.

Walau sempat digoyang bencana alam di Jepang dan Thailand pada tahun lalu, yang mengakibatkan produksi terhenti total. Namun kini, Toyota bangkit lagi dan berproduksi layaknya sebelum bencana.

Pada 2012, Toyota mencapai penjualan yang kuat di Amerika Utara dan Asia Tenggara, serta diperkirakan akan mencapai rekor 9,7 juta kendaraan pada akhir tahun ini, melampaui GM dan VW. Toyota berhasil menjual sebanyak 8.930.000 unit kendaraan (termasuk penjualan Daihatsu dan Hino ) selama sebelas bulan pertama tahun ini, naik 24.3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Toyota sendiri menjual sebanyak 7.970.000 unit kendaraan, meningkat 24,5 persen sedangkan Lexusmenjual 428.000 unit, naik 19,7% persen. Sayangnya, Lexus tidak bisa mencapai target 500.000 unit tahun ini lantaran permintaan menurun di China.

Sebaliknya, pesaing Toyota, General Motors (GM) dan VWberhasil meningkatkan penjualan di China sedangkan Toyota dan produsen mobil Jepang lainnya terpukul oleh protes anti-Jepang pada September lalu.

Pada Kamis 20 Desember, Toyota merayakan pengiriman 500.000 kendaraan hibrida penuh ke Eropa termasuk Yaris Hybrid berwarna perak yang diproduksi di Valenciennes, Prancis.

(kpl/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024