Jumat, 5 April 2013

Toyota, strong media relation strategy

Tim Humas PT Toyota Astra Motor (TAM) dinobatkan sebagai Public Relation of The Year oleh pembaca majalah Autocar Indonesia. Penghargaan yang diserahkan Octo Budiarto, selaku Pemimpin Redaksi dan diterima langsung Tim PR TAM yang dikomando Rouli Sijabat.

Ini merupakan penghargaan yang selalu menjadi langganan Tim PR TAM setiap tahunnya. Atas keberhasilan ini, Rouli pun menuturkan rahasia keberhasilan Tim-nya. "Pastinya kami berterima kasih karena masih dipercaya sebagai Tim PR yang telah berhasil bertugas menjembatani antara TAM dengan media. Semoga ini tidak membuat kami 'besar kepala', akan tetapi terus berupaya memberikan yang terbaik kepada media," ujar Rouli.

Menurut Rouli, PR bukan hanya sebuah fungsi support. Keberhasilan sebuah PR didukung oleh semua lapisan, dari top managemen hingga bawahan harus mempunyai visi yang sama. Prinsip antara PR dengan media adalah kemitraan, tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah, semuanya sama.

"Bahkan, sejak setahun yang lalu, PR TAM sudah memisahkan diri dari marketing dan mempunyai divisi sendiri, sehingga bisa menjalani dan mengakomodir kebutuhan PR itu sendiri. Dengan divisi sendiri, tim PR dapat mengurusi setiap line up yang banyak dimiliki Toyota," tuturnya.

"Dengan raihan prestasi ini, membuktikan bahwa strategi yang dilakukan tim PR TAM adalah tepat. Yakni, Strong Media Relation Strategy. Meski antar TAM dengan media itu sama, namun kita mesti memahami bahwa kebutuhan para jurnalis dan media tersebut berbeda," tutup Rouli.

Tim Humas PT Toyota Astra Motor (TAM)

(kpl/tr/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters