VW Kodok bermesin depan

VW Kodok bermesin depan

Joakim Karlsson mengubah tradisi bahwa VW kodok bisa saja bermesin di depan. Ia mengubah sebuah Beetle tua buatan 1973 dengan memasangkan mesin BMW M50B25 (untuk BMW E34 atau E36) di kap depan yang seharusnya untuk bagasi.

Karena perubahan posisi mesin ini dan bobot yang bertambah, mesin diletakkan agak rendah supaya gerakan mobil saat melaju lebih pas.

VW Beetle bermesin depan

Perangkat gerak yang meneruskan tenaga mesin dibuat secara khusus pula dengan paduan transmisi Getrag 5-percepatan yang diatur melalui pelat kopling kelas terbaik dengan dekrup Sachs 618.

VW Beetle bermesin depan

Daya pun disalurkan sampai bonggol gardan yang diambil dari BMW E30 untuk menggerakkan roda belakang. Sementara itu, radiator utama ditaruh di buritan dengan saluran angin via kaca samping belakang.

VW Beetle bermesin depan

Perubahan mesin pada si kodok pun cukup mencengangkan. Jika biasanya bermesin 1.300 cc (50 HP), kini dia bisa ngacir dengan lompatan tenaga berkali-kali lipat lewat mesin BMW 2.500 cc yang standarnya 192 HP, tetapi ternyata ditingkatkan lagi menjadi 400 HP.

(kpl/why/sdi)

© PT Topindo Atlas Asia 2024