" onClick="_gaq.push(['_trackEvent', 'Banner', 'Click', 'Top 1 Indonesia']);">

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: BrandList

Filename: web/menu_header2015.php

Line Number: 147

FAQ

Apa yang membuat TOP 1 sebagai produk pelumas yang hebat? ?
A Principal TOP 1, TOP 1 Oil Products Company USA adalah produsen pelumas independen yang tidak terikat pada sumber base oil/aditif tertentu, sehingga selalu dapat memilih bahan-bahan dasar terbaik untuk produk pelumas TOP 1. Bayangkan jika produsen base oil dan aditif dari perusahaan A yang tentu saja akan menggunakan base oil dan aditif perusahaan A tersebut untuk produksi pelumasnya, walaupun kenyataannya base oil yang terbaik dihasilkan oleh perusahaan B dan aditif terbaik diproduksi oleh perusahaan aditif C!Bahan dasar pelumas TOP 1 diproses dengan teknologi SYNGEN 2000 sehingga menghasilkan base oil sintetik yang murni.

TOP 1 memiliki tim khusus untuk pengamanan anti palsu dan perlindungan konsumen, sehingga produk TOP 1 adalah produk pelumas yang paling sulit dipalsukan di dunia.

Seiring dengan VISI TOP 1 untuk selalu meningkatkan kepuasan konsumen, juga dengan kedekatan TOP 1 dengan pasar, TOP 1 juga selalu mengembangkan produknya untuk memenuhi spesifikasi terkini, sesuai dengan permintaan pasar.
Dimanakah saya bisa mendapatkan produk pelumas TOP 1 Oil di Amerika Serikat? ?
A Di USA, target market TOP 1 adalah segmen “hobbyist” sepeda motor yang sangat teliti dalam hal memilih pelumas karena pengetahuan otomotifnya yang mendalam. Berbeda dengan situasi di Indonesia di mana sepeda motor merupakan alat transportasi utama, di USA, sepeda motor adalah sarana hobby yang mahal bagi penggemar otomotif yang sebenarnya sudah memiliki mobil. Pelumas TOP 1 hanya dijual di outlet-outlet high performance spare part / modifikasi seperti di K and L High Performance Auto Shop di San Jose, USA. Event-event otomotif yang didukung TOP 1 adalah hanya event-event khusus seperti: “The TOP 1 Oil World Land Speed Shootout” yang telah digelar pada 22-26 September 2008 ini di Bonneville Salt Flats, Utah, USA. Pada event ini, Tim TOP 1 Ack Attack berhasil memecahkan rekor dunia sepeda motor dengan 580 km/jam. Event yang menghadirkan Federation Internationale de l’Automobile (FIA) dan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) sebagai juri ini mempertandingkan sepeda-sepeda motor tercepat bermesin lebih dari 1,000 tenaga kuda. Sehingga memang di Amerika memang hanya para automotive hobbyist yang lebih mengenal TOP 1.
Mengapa harus menggunakan pelumas sintetik? Apa pelumas biasa tidak cukup? ?
A Seiring dengan perkembangan teknologi permesinan mobil, maka dibutuhkan kinerja pelumas yang lebih tinggi. Pelumas sintetik memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan pelumas biasa (mineral), yaitu sifat-sifat ketahanan panas dan oksidasi yang lebih tinggi, karakteristik pada temperature rendah yang sangat baik (sangat penting pada saat start-up), mesin menjadi lebih bersih, sehingga interval ganti oli menjadi lebih lama. Selain itu, penggunaan pelumas sintetik akan meningkatkan penghematan bahan bakar (fuel efficiency) dikarenakan kekentalan yang lebih rendah seperti yang dituntut oleh mobil-mobil keluaran terbaru.
Apakah penambahan Oil Treatment ada manfaatnya? ?
A Umumnya, Oil Treatment adalah aditif pelumas yang dapat ditambahkan kepada pelumas untuk meningkatkan kinerja pelumas.


Contoh-contoh oil treatment:
  • Viscosity Index Improver berfungsi mengentalkan pelumas.
  • Jenis solvent yang berfungsi memberikan efek pembersihan pada mesin.
  • Friction Modifiers, untuk mencegah terjadinya gesekan.
  • Wear Inhibitors untuk mencegah terjadinya keausan.


Dalam beberapa kasus, kandungan suatu aditif tertentu yang terlalu banyak di dalam pelumas akan menurunkan kinerja mesin, misalnya aditif Viscosity Index Improver, karena kekentalan pelumas menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Jika anda menggunakan produk pelumas TOP 1, penambahan Oil Treatment tidak diperlukan lagi karena produk TOP 1 sudah memiliki paket aditif lengkap yang optimal dan terjamin lebih dari cukup untuk memberikan perlindungan maksimal bagi kendaraan anda.
Apakah yang dimaksud dengan Oil Treatment yang mengandung teflon, dan bagaimana cara kerjanya? ?
A Cara kerja Oil Treatment tersebut adalah dengan membuat partikel teflon yang melapisi permukaan mesin. Tidak ada bukti yang pasti bahwa pelapisan teflon tersebut akan memperpanjang umur mesin.Suatu studi lapangan menunjukkan bahwa teflon tersebut tetap terlarut dalam pelumas dan ikut terbuang pada saat penggantian pelumas. Suatu pengujian lain juga menunjukkan bahwa Teflon tersebut tidak melapisi permukaan mesin seperti yang di-iklankan.

Saran terbaik datang dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) yang tidak merekomendasikan penggunaaan Oil Treatment karena dapat merubah karakteristik pelumas secara negatif.
Apa yang terjadi jika pelumas roda gigi GL-5 digunakan untuk gardan yang merekomendasikan GL-4? ?
A Produk pelumas roda gigi API GL-4 dan API GL-5 biasanya menggunakan Extreme Pressure (EP) additive yang sama, dimana API GL-5 memiliki kandungan dua kali lipat API GL-4. Pada penggunaannya, aditif EP ini bekerja pada kondisi beban dan temperatur tinggi yang biasanya lapisan film dari pelumas biasa akan tersingkir. Aditif EP bekerja dengan membentuk lapisan tahan-aus dengan logam dari permukaan roda gigi. Ketika roda gigi bekerja, lapisan ini melindungi roda gigi dari kontak langsung antar logam yang dapat menyebabkan keausan dan kerusakan roda gigi. Jika aditif EP terlalu sedikit, maka perlindungan roda gigi masih bisa dilakukan. Tetapi, jika aditif EP terlalu banyak, akan menyebabkan korosi secara kimiawi terhadap permukaan roda gigi. Jadi, jika pelumas roda gigi API GL-5 digunakan pada aplikasi yang merekomendasikan API GL-4, korosi kimiawi terhadap logam-logam kuningan, tembaga atau perunggu akan terjadi, seperti bronze synchronizer, brass bushing, dll. Hal ini akan menyebabkan sulit pada saat perpindahan gigi atau umur roda gigi akan menjadi lebih pendek.
Apakah pelumas TOP 1 mengandung parafin (lilin) yang menyebabkan endapan sementara produk pelumas lainnya tidak? ?
A Pengendapan bukan disebabkan oleh penggunaan base oil paraffinic. TOP 1 seperti produsen-produsen pelumas terkemuka lainnya menggunakan base oil jenis paraffinic untuk memproduksi pelumasnya. Jenis base oil ini punya keunggulan terhadap jenis base oil lainnya.Secara teknis, istilah paraffinic digunakan untuk menjelaskan struktur kimia, bukan kandungan lilin (wax). Pada saat proses pemurnian base oil, kandungan lilin telah dibuang dengan proses de-waxing.
Bagaimana cara kerja Viscosity Index Improver? ?
A VI Improver dapat digambarkan seperti suatu tali yang panjang dimana pada temperatur rendah akan ada dalam posisi tergulung seperti bola kecil dan mengapung di dalam pelumas yang memberikan efek yang kecil sekali terhadap kekentalan pelumas. Pada temperature tinggi, bola kecil ini akan membuka seperti tali, yang mencegah pelumas untuk menjadi encer dikarenakan efek dari VI Improver ini.
Apa itu TBN (Total Base Number)? ?
A TBN (Total Base Number) adalah ukuran kemampuan pelumas untuk menetralisir asam (sisa pembakaran) yang masuk ke dalam ruang mesin.Seperti kita tahu, basa diperlukan untuk menetralisir asam. Makin rendah kadar sulfur di dalam bahan bakar, makin sedikit TBN yang diperlukan. TBN tidak banyak diperlukan untuk pelumas bensin, karena kandungan sulfurnya kecil.

Yang juga penting untuk diperhatikan adalah TBN Retention, yaitu kestabilan angka TBN terhadap perubahan kondisi pelumas. Misalnya suatu pelumas “A’ memiliki TBN 10 dan pelumas B memiliki TBN 9, tetapi setelah 2000 Km TBN pelumas A tinggal 5 sementara TBN pelumas B masih di angka 8. Pelumas B memiliki TBN Retention yang lebih baik dibandingkan pelumas A.
Mengapa kita perlu pelumas yang lebih encer saat ini? ?
A Kebanyakan mobil-mobil terbaru dirancang untuk menggunakan pelumas yang lebih encer (10W-30, 10W-40) dibandingkan model-model lama, yang membutuhkan pelumas yang lebih kental (20W-50). Pada model-model lama, celah komponen (clearance) pada mesin lebih besar sehingga perlu pelumas yang lebih kental. Pada model-model baru, dalam rangka program penghematan bahan bakar, maka mesin dirancang dengan celah yang lebih kecil/rapat dengan gesekan yang rendah. Karena itu dibutuhkan pelumas yang lebih encer. Pelumas yang lebih encer dapat mengalir lebih cepat pada saat mobil di-start pada kondisi dingin. Selain itu pelumas yang lebih encer juga lebih mudah bersirkulasi di dalam mesin sehingga memiliki efek pendinginan terhadap mesin yang lebih baik.