Kamis, 29 September 2016

18 Juta Sebulan, Rumah dan Mobil Tidaklah Mustahil!

“Sekarang bukan jamannya bekerja keras, tapi saatnya bekerja cerdas.†Pesan itu yang saya terapkan dalam menjalani pekerjaan sehari-hari.

Saat memulai karir sebagai operator pabrik di Tahun 1997, tak pernah terpikir untuk menjalani profesi lain. Saat itu hanya pekerjaan ini yang tersedia untuk Lulusan STM seperti saya. Saya memulainya dari bawah sebagai petugas kebersihan, setelah setahun dipromosikan sebagai Oil Man (petugas penuang oli ke mesin pabrik). Akhirnya diangkat menjadi mekanik, kemudian menjadi Kepala Regu dengan 30 orang anak buah.

Namun kenaikan jabatan di pabrik tidak menjamin kenaikan penghasilan. Waktu kerja yang padat membuat saya tidak punya waktu untuk mencari tambahan. Bersyukur istri saya bekerja, sehingga perekonomian keluarga kami banyak terbantu. Istri saya yang Sales oli rem, menginspirasi saya untuk beralih profesi. Akhirnya saya melamar sebagai Salesman di Distrbutor TOP 1 Topas Mas dan sejak Oktober 2012, saya resmi bergabung.

Sulit menjalani profesi ini yang sangat berbeda dari pekerjaan sebelumnya, beruntung dahulu saya sering menemani istri ketika bekerja sehingga ilmunya dapat saya terapkan di lapangan. Tidak mudah putus asa, saya banyak belajar dari para senior dan di lapangan banyak menimba ilmu dari salesman lain. Penolakan bengkel menjadi makanan sehari-hari saya, namun tidak menyurutkan semangat saya untuk mengumpulkan order.

Jika boleh meminjam istilah asing, No Pain No gain, kerja keras dan disiplin saya terbayarkan.  4 tahun menjadi Salesman TOP 1 saya dapat membangun rumah kecil kami, tidak perlu repot berpindah kontrakan lagi. Berbeda dengan penghasilan di pabrik yang sangat pas-pasan. Komisi kami sebulan mencapai 14 juta, cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan  Bahkan cukup untuk membayarkan DP mobil idaman keluarga saya. Sehingga gaji pokok dapat kami tabung.  

Kerja keras di sales lebih terlihat hasilnya, dibandingkan saat menjadi operator di pabrik tekstil, walaupun sekarang saya harus bersaing dengan istri sendiri yang juga di TOP 1! Penghasilan kami berdua rata-rata mencapai 18 juta setiap bulan. Pengalaman paling berharga dan tidak terbeli dengan apapun, adalah menjadi bagian dari Keluarga besar TOP 1. Mimpi saya memberangkatkan Ibu ke tanah suci akhirnya akan terwujud dalam waktu dekat.

Uang memang penting dalam hidup ini. Tetapi buat saya, yang paling berkesan adalah persahabatan saya dengan para pelanggan TOP 1. Saya bisa sukses karena dukungan mereka. Kiat saya mungkin tidak terlalu istimewa dalam menjaga hubungan dengan pelanggan, menjadi diri sendiri, dan melayani dengan senang hati. Tidak selalu dengan hadiah tapi perhatian pun terkadang sudah lebih dari cukup untuk memuaskan pelanggan.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters