3 Fungsi Oli Gardan di Motor Matic Beserta Kelebihannya

3 Fungsi Oli Gardan di Motor Matic Beserta Kelebihannya

3 Fungsi Oli Gardan di Motor Matic Beserta Kelebihannya

Siapa yang tidak tahu oli motor? Pelumas yang kerap menopang performa kendaraan kamu ini merupakan hal yang penting dan perlu perhatian khusus.

Lantas, ada oli lain yang juga wajib digunakan di kendaraan kamu lho, yaitu oli gardan atau oli transmisi yang sangat berfungsi di motor matic kesayangan kamu.

Oli gardan merupakan komponen yang juga perlu diperhatikan secara rutin, karena memiliki fungsi yang penting di bagian transmisi.

Bagi kamu Bro TOP 1 yang memiliki motor matic terlepas dari produk Yamaha, Suzuki, Honda dan sebagainya, tentu tidak salah bila mulai memperhatikan kondisi oli gardan dan melakukan servis secara berkala.

Lantas, oli gardan di motor matic memang memiliki fungsi penting, apa saja fungsinya? Yuk, langsung simak di bawah ini!

1. Melancarkan Kinerja Transmisi

Sebelum menjelaskan lebih jauh, ada baiknya bila mengetahui apa itu transmisi dalam dunia otomatif.

Sistem transmisi sendiri merupakan konversi kecepatan dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda hingga diteruskan ke penggerak akhir.

Atau simpelnya, transmisi merupakan perubahan kecepatan putar dan tinggi kendaraan, baik lebih rendah, lebih bertenaga atau sebaliknya. 

BACA JUGA: Pengertian, Fungsi, dan Cara Tune Up Mobil Dengan TOP 1 Evo Engine Tune Up

Kinerja transmisi akan semakin bagus bila menggunakan oli gardan secara rutin. Tentunya, motor matic kamu akan terhindar dari suara berisik dari bagian gear CVT (Continously Variable Transmission). 

Juga gunakan oli transmisi formulasi khusus yang memiliki kelebihan di tingkat gesekan yang rendah dan mampu melumasi celah tersempit di gear CVT.

2. Melapisi Komponen Motor

Tentu sebagaimana efek oli pada umumnya, oli gardan juga akan melapisi komponen di motor matic kamu, khususnya di bagian gear CVT.

Oli gardan berfungsi menahan tekanan kerja dan termperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Jadi, kamu tetap bisa menggunakan motor matic kamu tanpa khawatir akan kerusakan internal, salah satu contohnya menyakup mesin CVT.

3. Memperlancar Gerak Transmisi

Satu hal yang sangat penting adalah perubahan dan gerak transmisi motor matic. Selain menghindari suara yang berisik dan merusak gerakan internal mesin, bagian motor kamu juga akan aman dari perpindahan kecepatan.

Oli gardan di motor matic kamu juga berfungsi sebagai penopang perubahan kecepatan, baik secara drastis ataupun statis.

Nah, tentu bila kamu menggunakan oli gardan secara teratur akan membuat ketahanan mesin terjaga dan kondisi motor matic yang tetap prima terlepas umur kendaraan yang sudah lama.

Lalu apa kelebihan dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan?

Memang semua tergantung dari intensitas penggunaan motor matic, baik secara rutin maupun secara berkala.

Tentu penggantian oli gardan akan menyesuaikan, namun montir dan dealer motor resmi menyarankan untuk mengganti oli gardan setiap dua kali ganti oli mesin.

Namun apabila kamu ingin motor menjadi lebih awet dan tahan lama, maka ganti oli gardan setiap bulan akan lebih disarankan. 

Oli gardan sendiri memiliki kelebihan di harga yang lebih murah, variasi produk dan berguna merawat bagian CVT secara khusus, sehingga kualitas mesin tetap terjaga di segala medan dan suhu.

Nah, untuk kondisi dan kualitas motor matic yang lebih prima, gunakan produk terbaik dan berstandar Amerika Serikat dari TOP 1. Nikmati kualitas oli gardan dengan harga yang terjangkau dan tentunya kualitas nomor satu.

Kunjungi bengkel dan toko oli sekitar untuk penggantian oli gardan, atau kunjungi TOP 1 Store di Tokopedia sekarang! Rasakan kualitas oli yang bagus dengan menggunakan produk TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024