Rabu, 13 Februari 2013

3 Varian Toyota Etios terungkap!

Kemunculan mobil terbaru ini memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh konsumen. Pasalnya Toyota Etios Liva ini dimungkinkan akan mengisi daftar baru mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Setelah kemunculannya yang sembunyi-sembunyi sejak tahun 2012 lalu, kini sedikit demi sedikit tampak kejelasan eksistensinya.

Dalam dunia perindustrian mobil nasional ada istilah TPT yakni Tanda Pendaftaran Tipe kendaraan bermotor. Berada dalam naungan Kementrian Perindustrian, berguna untuk mendaftarkan produk mereka (para produsen, ATPM dan APM mobil).

Nyatanya, kemunculan Etios Liva sudah terdaftar dalam TPT ini, dengan nama terdaftar atas Toyota Etios 1,2 (E, G dan J) M/T. Produk terdaftar tersebut atas nama perusahaan Toyota Motor Manufacturing Indonesia selaku produsen mobil Toyota.

Dari daftar tersebut dapat disimpulkan bahwa keberadaan Etios Liva di Indonesia secepatnya akan meluncur, kemungkinan pada bulan April mendatang, berdasarkan info beberapa media otomotif lainnya.

Selain itu, terlihat bahwa Etios Liva Indonesia akan hadir dalam 3 varian yakni E, G dan J, yang kesemuanya berlabel M/T yang berarti menggunakan transmisi manual.

Toyota Etios Liva

Untuk 3 variannya ini, masing-masing berbeda tingkatan, dimungkinkan E untuk varian teratasnya, G untuk varian menengah serta J untuk varian entry levelnya. Jika melihat dari daftar TPT yang ada sementara, pihak Toyota belum akan mengeluarkan varian transmisi otomatisnya, entah kapan.

Etios Liva sendiri bakal dipersenjatai dengan mesin tiga silinder 1.200 cc DOHC bertenaga 80 hp pada 5.600 rpm dengan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm, jika mengacu pada varian yang dijual di India.

Dengan mengandalkan teknologi VVT-i, yang pastinya irit, akan mempertegas eksistensi Etios Liva sebagai mobil ramah lingkungan.

Mengenai harga, secara resmi dan langsung akan disampaikan oleh pihak Toyota dalam peluncurannya kelak. Pasalnya dalam TPT tidak dicantumkan juga mengenai harga sebuah produk terdaftar.

Namun, diperkirakan Etios Liva akan berada pada level harga Rp 120 – 140 jutaan.

TPT Etios Liva

(kpl/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters