Selasa, 22 September 2020

4 Fungsi Penting Power Steering di Mobil, Apa Saja?

Penggemar kendaraan roda empat pasti paham betul dengan salah satu teknologi yang mulai diterapkan di sistem kemudi. Yap, power steering memudahkan pergerakan roda kemudi serta lebih efisien.

Ada berbagai kelebihan yang bisa didapatkan dari mendapatkan teknologi satu ini di mobil kesayangan kamu.

Selain itu, sistem dan cara kerjanya juga terbilang mudah dan cukup simpel bila ingin dijelaskan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai power steering, yuk lanjut simak informasinya sekarang!

Pengertian Power Steering

Power steering merupakan salah satu komponen yang berada di sistem kemudi mobil. Memiliki beragam fungsi seperti kemudahan penyetiran, dengan teknologi ini para pengendara tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih banyak.

Sistem power steering sudah mulai digunakan oleh kendaraan-kendaraan kecil seperti mobil tipe MPV, SUV, hingga sedan.

Dengan sistem kemudi satu ini para pengendara mendapatkan keleluasaan dalam menggerakan mobilnya tanpa perlu mengeluarkan beban lebih.

Ada sistem hidrolik yang dikeluarkan dalam komponen power steering sehingga sistem kemudi mendapatkan dukungan lebih cepat dan efisien.

Fungsi Power Steering

Seperti yang dijelaskan secara singkat, power steering berfungsi memberikan kemudahan dalam menggerakan sistem kemudi kendaraan.

Ada beragam pilihan serta cara untuk sistem kemudi di mobil dengan teknologi satu ini melaju lebih mulus dan cepat.

Sebagaimana sudah dijelaskan juga, ada berbagai fungsi yang membuat komponen satu ini penting, antara lain:

  1. Berfungsi memberikan tekanan fluida atau hidrolik guna meringankan sistem kemudi.
  2. Memiliki fungsi sebagai wadah cadangan untuk menampung oli dan mempermudah pergerakan.
  3. Meringankan beban yang ditumpu oleh ban dengan tambahan daya dorong.
  4. Memanfaatkan pelumas dan tenaga pegas dalam meringankan beban kendaraan, baik saat di kecepatan tinggi maupun rendah.

Keakuratan dalam belok menjadi semakin cepat dengan mengandalkan teknologi power steering.

BACA JUGA: 8 Komponen Hidrolik Power Steering pada Mobil beserta Fungsinya

Tentu memilih teknologi ini untuk mobil kesayangan kamu tidak ada ruginya, bukan?

Ada juga tipe power steering secara garis besar, yaitu sistem elektrik dan sistem hidrolis/fluida. Keduanya sama-sama mengandalkan kecepatan dan ketepatan pegas, namun berbeda dari sistem pelepasan tenaga.

Kerja Power Steering

Mungkin untuk pembahasan satu ini agak sulit dibahas, namun penjelasan yang detail dan singkat seharusnya mudah dipahami oleh siapapun.

Pada dasarnya, power steering memiliki pegas atau pendorong melalui fluida atau elektrik. Pegas ini membantu pergeseran kedudukan gigi di sistem roda gigi atau transmisi kendaraan.

Pergeseran yang sulit akan hilang karena bantuan pegas sistem hidrolik atau fluida. Tentu pemasangan sistem kemudi menjadi lebih cepat dan mudah. Pergerakan mobil pun akan ringan sehingga pengalaman berkendara menjadi lebih nyaman.

Untuk menjaga power steering bekerja lebih baik, diperlukan pelumas khusus. Katup pengatur akan memberikan dorongan di setiap komponen, jadi perlu yang berkualitas!

TOP 1 POWER STEERING FLUID bisa menjadi solusi kamu dalam menjaga pergerakan mobil tetap enteng dan terkendali. Aman dan nyaman dalam berkendara, sistem pelumasan satu ini dapat menjaga keseluruhan sistem persneling.

Tunggu apalagi? Ganti dengan oli power steering dari TOP 1 di bengkel kesayangan!

Atau, beli langsung di toko resmi TOP 1 di Shopee dan Tokopedia sekarang! Yuk, lagi banyak promo nih, gratis ongkir juga, lho!

Dijamin cepat, aman, dan asli!

Rekomendasi untuk kamu: