4 Jenis Oli yang Sangat Penting Untuk Mobil Kesayangan Kamu!

4 Jenis Oli yang Sangat Penting Untuk Mobil Kesayangan Kamu!

Mobil membutuhkan beberapa jenis oli sebagai pelumas mesin dan komponennya. Maka dari itu jenis oli mobil memiliki karakteristik khusus dan kegunaannya masing-masing. 

Selain itu, bahan dasar dan aditif setiap jenis oli memiliki bahan dasar yang berbeda. Susunan setiap komponen mobil jauh lebih kompleks dari sepeda motor.

Maka tidak heran bila mobil membutuhkan tidak hanya satu jenis oli karena menyesuaikan kebutuhan setiap komponen.

Penting di beberapa komponen, ada setidaknya 4 jenis oli mobil yang perlu diperiksa dan diganti secara rutin karena merupakan pelumas penting. Jika tidak akan ada kerusakan yang terjadi karena keterlambatan penggantian oli serta kerusakan komponen

Agar mobilmu kian terawat, sebaiknya wajib tahu berbagai macam jenis oli di dalam sistem sebuah mobil. Apa saja jenis oli tersebut?

Oli Mesin Mobil


Mesin mobil wajib dilumasi oleh oli terbaik secara rutin dan berkala. Pengetahuan akan mesin mobil merupakan hal dasar yang perlu dipelajari. Anda perlu menentukan jenis oli apa yang paling tepat untuk mobil Anda.

Seperti yang kita tahu, jenis oli mobil terbagi tiga, yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli sintetik. Biasanya, pemakaian oli ini disesuaikan oleh tahun keluar dan atau teknologi serta spesifikasi mobil Anda sendiri. 

Makin canggih suatu spesifikasi mobil, maka Anda disarankan untuk menggunakan oli sintetik terbaik. Penggunaan jenis oli ini perlu didiskusikan oleh pihak bengkel atau membaca buku panduan.

Oli Gardan Mobil

Oli gardan memang tidak terlihat secara kasat mata dari luar. Letaknya ada di bagian bawah mobil. Fungsi gardan ini adalah penghubung antara transmisi dan gardan agar kemampuan kerja mesin menjadi lebih halus dan bebas hambatan.

Ganti oli mobil gardan juga harus secara rutin. Hal ini penting sekali karena jika Anda sudah mendengar suara dengung pada transmisi dan gardan, maka bisa dipastikan ada komponen yang rusak di dalamnya. 

Biaya untuk perawatan mengganti gir tersebut sangatlah mahal. Oleh karena itu, ganti oli gardan secara berkala kira-kira setiap mobil Anda memakan jarak tempuh 10.000-20.000 KM. Namun itu semua tergantung dengan pemakaian mobil Anda.

Minyak atau Oli Rem

Jangan sampai luput untuk mengganti oli rem secara berkala. Oli rem mesti pas dan cukup sehingga penarikan cakram lebih maksimal. Anda disarankan untuk menggunakan jenis oli rem yang dapat melindungi komponen dari risiko berkarat.

Penggantian oli rem normalnya dilakukan setiap dua hingga tiga tahun sekali tergantung pemakaian kendaraan. Pengisian oli rem juga mesti pas agar tidak terjadi masalah yang merembet. 

BACA JUGA: 6 Syarat Wajib yang Harus Ada di Air Radiator untuk Mobil, Apa Saja Itu?

Sama halnya seperti oli setir, kadar bagus dan sehat sebuah oli diukur dari warnanya. Jika oli rem berwarna kuning muda dan atau jernih, maka oli tersebut layak pakai. 

Maka dari itu, Anda harus memperhatikan setiap aspek penggantian oli rem agar Anda selalu aman dan nyaman di jalan.

Oli Transmisi Mobil

Oli transmisi merupakan cairan yang berfungsi untuk melumasi sistem transmisi gigi mobil Anda. 

Penggantian gigi mobil akan sangat halus dan lembut serta memudahkan Anda. Yang paling penting, oli ini dapat merawat komponen di dalam sistem agar tidak mudah rusak.

Oli transmisi juga termasuk oli yang harus diperiksa secara rutin. Baik mobil matic maupun manual, memerlukan oli transmisi ini. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan jenis oli transmisi yang pas bagi mobil Anda.

Memang mahal bila dikalkulasikan, tapi kalau ada promo rupanya harga penggantian oli mobil tidak mahal banget sob!

Tenang, karena BLIBLI dan TOP 1 melakukan kolaborasi dengan harga yang sangat spesial! 

PROMO SEMPURNA DI HARI IMLEK YANG RAYA!

Rasakan diskon fantastis di Blibli Rejeki Bulan Cinta sebesar 30% hingga cashback 188 ribu!

Nikmati produk perawatan terbaik dari TOP 1 yang lebih murah sekarang!

KLIK DI SINI : https://www.blibli.com/merchant/top-1/TO1-60029?page=1&start=0&pickupPointCode=&cnc=&multiCategory=true&excludeProductList=true

Ayo mulai nikmati promo mewah dan diskon menarik yang eksklusif di TOP 1 Official Store sekarang!

© PT Topindo Atlas Asia 2024