Rabu, 8 Juli 2020

5 Cara Mudah Menghilangkan Karat di Besi Motor

Karat merupakan reaksi yang umum pada permukaan besi. Banyak faktor yang membuat karat muncul, salah satunya kehadiran berbagai kondisi yang rapuh.

Kondisi karat sendiri membuat durabilitas besi semakin berkurang dan perlu penanganan khusus agar efeknya tidak semakin memburuk.

Bila karat didiamkan untuk waktu yang lama banyak kerusakan yang justru memakan lebih banyak biaya.

Beberapa kasus paling sering adalah besi di bagian leher knalpot, setang besi motor, serta karat di bagian besi pijakan kaki kendaraan.

Banyak metode yang bisa kamu terapkan guna menyikapi karat yang membandel. Bukan tidak mungkin, hal yang mudah dilakukan ini dapat berdampak positif dalam keawetan mesin.

Jangan lupa menjaga serta membersihkan motor sebagai salah satu cara perawatan berkala. Motor yang berkarat berawal dari kendaraan yang kotor, ingat ya sob!

Cara menghilangkan karat? Mudah kok! Berikut 5 cara mudah menghilangkan karat di besi bagian motor!

1. Stempet atau Gemuk

Stempet atau gemuk merupakan salah satu cairan kental yang memiliki kandungan pelumasan layaknya oli mesin. Namun sifatnya yang padat membantu menjaga keremajaan komponen.

Rupanya, fungsi gemuk tidak hanya sekadar pelumas di bagigan bearing, lho! Gemuk yang lengkap dapat kamu aplikasikan di beberapa sendi kendaraan yang rusak karena gesekan.

Gemuk juga berfungsi untuk mengangkat kotoran di bagian berbahan dasar besi. Maka dari itu, jangan menaruh gemuk di rantai motor karena dapat merusak lapisan rantai.

Penggunaan gemuk untuk karat pun mudah, cukup lekatkan pada area besi motor yang berkarat dan biarkan hingga melekat serta menarik permukaan karat.

Kamu bisa mencoba pilihan gemuk dari TOP 1 Hi-Temp Grease di sini!

2. Pembersih Keramik

Cairan pembersih keramik bisa untuk menghilangkan karat? Bisa saja namun harus sesuai dengan cara aplikasi yang benar, sob!

Pembersih keramik memiliki kemampuan mengangkat lemak dan noda yang baik. Selain karena komposisi kimianya yang padat, pembersih noda memang memiliki spesialisasi dalam membersihkan noda.

BACA JUGA: 5 Cara Perawatan Rem Mobil yang Benar dan Mudah

Karat termasuk noda yang memiliki reaksi kimia pada permukaan besi.

Cara menggunakannya? Cukup oleskan di permukaan besi motor yang berkarat dan diamkan untuk waktu yang cukup (bisa 1 sampai 2 jam).

Lalu bersihkan dengan sikat, lakukan secara berkala karena noda karat yang bandel bisa berkurang dalam beberapa kali penggunaan.

3. Cuci Secara Berkala

Tidak ingin berkarat? Alangkah lebih baik melakukan langkah pencegahan di besi motor kamu yang sudah menua dengan karat. Bila belum, maka pastikan motor dilakukan pembersihan untuk waktu sesering mungkin.

Pembersihan ini berguna untuk menjaga kualitas besi tetap bersih. Sabun motor yang khusus juga dapat meremajakan warna, kualitas material, dan bahan besi lebih mengkilap.

Tentu tips ini berguna bagi kamu yang belum mendapatkan karat. Jadi, sering-sering cuci sepeda motor kamu, ya!

4. Penggunaan Oli Bekas

Bingung kemana perginya oli bekas? Selain ditampung untuk daur ulang ternyata oli bekas juga berfungsi menghilangkan karat, lho!

Caranya dengan mengoleskan oli ke bagian besi motor yang berkarat, seperti leher knalpot, besi pijakan kaki, dan pipa. Pengolesan ini harus didiamkan selama beberapa menit.

Alangkah lebih baik memanaskan kendaraan agar oli dapat bereaksi dengan baik dan melunturkan noda karat di besi motor.

Namun oli bekas hanya mampu berefek di bagian kendaraan yang dapat menghantarkan panas, seperti leher knalpot.

Meski demikian oli bekas tidak direkomendasikan karena memiliki kandungan yang tidak diperuntukkan sebagai pembersih karat. 

5. Cairan Penghilang Karat

Satu-satunya cairan yang direkomendasikan adalah cairan penghilang karat. Kandungannya dibuat sedemikian rupa untuk permukaan besi yang terpapar noda.

Pembersih karat juga memiliki viskositas yang baik untuk menjaga material besi tetap sehat dan kuat. Selain membersihkan, cairan ini juga memberikan perlindungan dari paparan kotoran.

Tutup tangki bensin motor juga bisa menjadi objek pembersihan, selain leher knalpot, pipa mesin, dan bahan bermaterial besi lainnya di motor kamu.

Lalu, produk apa yang mampu memberikan hasil maksimal untuk menghilangkan karat?

TOP 1 RUST GUARD 80! Cairan penghilang karat yang dirancang untuk melindungi, menembus, melonggarkan, dan membersihkan bagian yang berkarat dan terkorosi.

Bekerja melalui celah-celah, retakan, sambungan logam yang meninggalkan film berminyak dengan aksi pelumasan tinggi dan penghambat korosi.

Kunjungi TOP 1 Store di Tokopedia sekarang! Transaksi aman, produk dijamin asli, dan banyak diskon hingga 30%, lho!

Jadi, udah pakai TOP 1 belum?

Rekomendasi untuk kamu: