Selasa, 21 Juli 2020

5 Penyebab Master Rem Mobil Rusak dan Cara Merawatnya

Komponen penting namun sering diabaikan adalah rem di kendaraan. Masalah master rem di mobil kerap menjadi penyebab beberapa kasus di jalanan.

Sistem rem sendiri terdiri dari berbagai komponen yang penting, maka bila terjadi kerusakan perlu penanganan lebih lanjut. Pemilik kendaraan diwajibkan menjaga sistem rem yang sehat, salah satunya dari master rem.

Master rem mobil berfungsi mengubah gerak kendaraan melalui pedal rem dengan sistem tekanan hidrolik. Bila pedal rem terasa keras atau tertahan, maka daya gerak juga akan terhambat.

Penyebab ini yang menjadi PR bagi kamu para pemilik mobil agar selalu menjaga kesehatan master rem. Ada berbagai cara untuk menghindarinya sebelum master rem mengalami kerusakan, apa saja itu?

Ini dia 5 penyebab master rem mobil kamu rusak dan cara merawatnya agar tetap bekerja optimal!

1. Karat di Dinding Master Rem

Master rem memiliki sistem yang cukup tertutup, namun akan menjadi masalah bila mengalami kerusakan dinding karena karat. Selain karena kotoran, kondisi ini disebabkan oleh faktor eksternal seperti lingkungan.

BACA JUGA: Pengertian Rem Tromol Mobil: Fungsi, Sistem Kerja dan Keunggulannya

Dinding master rem harus terus terjaga kualitasnya dan jauh dari kata kotor. Selain karena memiliki minyak rem yang terkandung, kerap master rem akan bocor karena sisi karat tersebut.

Kecacatan ini membuat kinerja rem rusak karena pelumasan yang sudah tergerus dan bocor. Jadi sebaiknya cuci kendaraan kamu secara berkala dan mengecek kondisi dinding master rem agar tetap tertutup rapat.

2. Terpapar Air

Air yang terpapar akan memberikan efek kepada dinding master rem. Salah satu penyebab karat juga terjadi karena air, sob!

Reaksi kimia yang terjadi bermula dari dinding logam (Fe) yang bereaksi dengan air (H2O) dan udara atau oksigen (O2) untuk waktu yang lama.

Genangan air atau banjir bisa menjadi salah satu penyebab atau faktor eksternal. Hal ini lumrah terjadi karena kondisi logam yang tidak dibersihkan atau jarang mengalami pengecekan berkala.

Kondisi yang dibiarkan dapat menyebabkan bocornya dinding master rem dan kebocoran minyak rem, lho! 

3. Seal Master Rem Rusak

Seal atau segel master rem yang rusak juga bisa menjadi penyebab utama dari rusaknya sistem pengereman di mobil kesayangan kamu!

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti umur segel yang sudah lama, master rem yang tidak kunjung diganti, keausan rem serta terciptanya gesekan atau perubahan bentuk.

BACA JUGA: 5 Cara Perawatan Rem Mobil yang Benar dan Mudah

Umur segel atau seal master rem harus diganti, lebih baik setiap penggantian minyak rem yaitu skala 2:1, dua kali ganti oli mesin per satu kali mengganti minyak rem.

Minyak rem yang sudah lama tidak diganti akan merusak sistem master rem itu sendiri. Jadi jangan malas melakukan pengecekan, sob!

4. Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu bisa merusak master rem? Bisa meski kemungkinannya cukup kecil. Kotoran atau debu yang kecil dapat merusak melalui pengeroposan karat, sob!

Selain itu, faktor pemakaian yang padat menjadi salah satu penyebab kendaraan atau mobil kamu rusak di sistem rem.

Cara paling mudah untuk merawatnya adalah melakukan cuci mobil secara berkala dan penggantian minyak rem tepat waktu.

5. Kurang Perawatan

Satu hal yang sangat disayangkan bagi kamu yang memiliki mobil adalah minimnya perawatan. Mobil membutuhkan perhatian ekstra karena banyak komponen yang perlu perhatian.

Baik dari bodi, sisi mesin, fitur dan teknologi mobil perlu perawatan secara berkala. Memang akan memakan biaya, namun lebih buruk bila terjadi kerusakan major di komponen tertentu.

Master rem sendiri rusak karena penggantian segel master rem yang telat, penggantian minyak rem yang jarang, serta kurang bersihnya para pemilik mobil.

Minyak rem menjadi komponen penting yang harus terus diganti. Selain itu, minyak rem harus memiliki kualitas atau kadar sintetis tinggi serta tahan di suhu yang tinggi agar tidak mengalami keausan.

Lalu apa minyak rem yang tepat dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk perawatan master rem?

TOP 1 Brake Fluid DOT 3 mampu menjaga kondisi master rem dan merawat segel master rem dengan sempurna. Melindungi hingga sisi terdalam dan menjaga daya gesek master rem mobil tetap optimal, lho!

Tunggu apalagi? Gunakan TOP 1 Brake Fluid untuk jaga sistem pengereman mobil kamu tetap optimal dan pakem di bengkel kesayangan!

Kamu juga bisa membelinya secara online di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada beragam promo menarik, diskon hingga 30% dan keaslian produk sudah terjamin!

Oli kamu TOP 1 juga, kan?

Rekomendasi untuk kamu: