Senin, 21 Januari 2019

5 Tips Atasi Stress Saat Macet

Kemacetan selalu menjadi momok menakutkan bagi banyak pengendara. Bunyi klakson, kendaraan bermotor yang saling menyelip, asap knalpot dari bus, dan masih banyak lagi hal yang menjengkelkan ketika terjebak macet. Apalagi jika kamu menggunakan mobil yang menggunakan kopling, sudah pasti rasa pegal-pegal dan ketidaknyamanan itu mengganggu sekali. Macet akan selalu bikin kamu stress

Padahal, kemacetan di jalan raya itu merupakan bagian dari keseharian dalam berkendara. Itu berarti kamu sebagai pengemudi harus berteman dengan hal itu terutama bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar. Agar kamu terhindar stress saat macet, kamu bisa nih lakukan tips atasi stress saat macet ini.

Baca juga: Ini 3 Pilihan Pelumas Terbaik yang Cocok untuk Motor Matik, Harganya Gak Bikin Kantong Bolong

Dengarkan Musik Favorit

Terjebak macet saat mengendarai mobil itu momen yang bikin bete banget. Mobil, nggak seperti motor, nggak bisa menyelinap dan menyelip sesuk hati, kamu akan stuck di antrian macet. Untungnya, mobil memiliki sound system. Ini berguna banget untuk mengurangi rasa bete dan bosan di dalam mobil ketika terjebak macet.

Putar musik favorit kamu, bernyanyi dengan lantang dan keras agar hormon stressnya bisa keluar saat kamu bernyanyi dan bersenandung. Kamu juga bisa putar radio. Biasanya, radio menyediakan informasi mengenai jalanan yang terkena imbas kemacetan atau tidak.

Selalu Gunakan Pakaian yang Nyaman

Supaya kamu nggak makin stress, coba deh biasakan pakai pakaian yang nyaman saat berkendara. Hal ini sangat penting juga karena kalau nggak, kamu sendiri yang akan merasakan  ketidaknyamanan. Misalnya, kamu naik motor. Selalu gunakan safety riding dengan jaket dan helm. Jangan menggunakan jaket yang terlalu tebal jika cuaca sedang panas.

Ketika kamu berada di mobil, kamu juga gunakan pakaian yang bisa tahan dari dinginnya suhu AC kamu.

Siapkan Cemilan

Ini yang nggak kalah penting, kalau rute perjalanan kamu selalu macet, kamu harus menyiapkan cemilan di mobil maupun motor kamu. Konon katanya, perut yang terisi akan mencairkan suasana supaya ketegangan dan kestresan. Jadi, siapkan banyak cemilan di mobil kamu atau dasbor motor kamu ketika terjebak macet. Niscaya, rasa stress akan hilang. Paling tidak, sediakan botol minum di kendaraanmu.

Kalau kamu nggak siap cemilan, pastikan kamu sudah makan supaya kerjaannya nggak marah-marah saat macet, ya.

Lakukan Peregangan Tubuh

Saat macet, aliran darah pada tubuh akan banyak tersumbat. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan peregangan tubuh kecil-kecilan agar tubuh bisa jadi sedikit lebih rileks. Selain itu, ini juga bisa memperkuat konsentrasi kamu selama berkendara.

Baca juga: TOP 1, Pelumas Sintetik Kelas Dunia

Berpikir Positif

Walaupun suasana suntuk karena terjebak macet, kamu harus selalu berpikir positif. Paling nggak, saat macet dulu. Kalau kamu berpikir negatif, kamu akan makin stress mengetahui fakta kalau jalanan sangat macet. Jadi, kamu mesti selalu berpikir positif. Kalau kamu bersama teman di kendaraan, lakukan obrolan-obrolan hangat yang seru dan mengundang tawa.

Rekomendasi untuk kamu: