Senin, 18 Mei 2020

7 Masalah yang Terjadi Pada Rem Mobil dan Penyebabnya

Mimpi memiliki mobil merupakan impian banyak orang, tidak harus bagus namun yang penting nyaman dan mampu membawa sanak saudara.

Mobil juga memiliki fitur andalan lain dari segi kenyamanan, seperti luas tempat.

Tidak sampai di situ, mobil kini mulai merambah beberapa lapis masyarakat dengan perilisan mobil di harga bawah rata-rata.

Namun kamu sebagai pemilik mobil jangan bergantung pada satu hal saja, karena perawatan merupakan hal lain yang harus kamu perhatikan.

Mobil yang tidak dirawat akan menyebabkan berbagai masalah. Apa saja masalahnya? Berikut 7 masalah yang kerap terjadi pada rem mobil dan penyebabnya!

1. Pengereman yang Tidak Merata

Penyebab: Penggantian kampas rem kiri dan kanan yang berbeda

Pernah mengalami masalah rem yang hanya pakem di satu sisi? Kamu bukan yang pertama, lho! Karena hal ini cukup sering terjadi oleh mobil yang kurang memperhatikan kedua sisi roda.

Namun, biasanya masalah ini sering terjadi oleh mobil yang menggunakan rem tromol. Sedikit bernafas legah bagi kamu yang menggunakan rem cakram, ya. Jangan lupa perhatikan kampas rem kamu secara berkala.

2. Pengikisan Rem

Penyebab: Proses pemakaian kampas rem yang melebihi waktu anjuran

Apakah rem bisa mengalami pengikisan? Tentu semua barang yang memiliki bahan dasar metal dapat mengalami pengikisan.

Dalam kasus ini pengikisan atau tidak tergantung dari kualitas bahan dari rem cakram yang digunakan. Bagi mobil baru masalah ini sangat jarang ditemukan, tapi bisa menjadi masalah bagi kamu yang terlalu mengabaikan kondisi kampas rem.

3. Rem Tidak Pakem

Penyebab: Permukaan kampas rem yang licin akibat pengereman ringan yang sering

Sering melakukan pengereman secara ringan dalam waktu yang cukup sering?

Hal ini akan memberikan masalah dalam jangka waktu ke depan. Pasalnya, istilah yang dikenal grazing dapat terjadi akibat koefisien gesek yang berkurang.

BACA JUGA: Pengertian Rem Tromol Mobil: Fungsi, Sistem Kerja dan Keunggulannya

Namun tenang saja, masalah ini dapat kamu selesaikan dengan melakukan ampelas ke permukaan logam rem yang terkikis atau penggantian kampas rem.

4. Proses Getaran Pengereman

Penyebab: Piringan cakram atau rem yang tidak rata atau penyok

Ketika melakukan pengereman mobil, namun bagian pedal terasa bergetar secara cepat. Kondisi ini bisa langsung dirasakan oleh pengendara tanpa harus melakukan cek mendetail.

Hal ini sangat fatal dan perlu penanganan khusus, apalagi ketika mobil sedang melaju di kecepatan tinggi.

Saran atau jalan keluarnya adalah melakukan bubut atau mengganti piringan cakram dengan yang baru.

5. Bunyi Kasar 

Penyebab: Bahan kampas rem yang kurang baik

Kerap melakukan pengereman namun selain rotasi roda yang berhenti diiringi suara bising pada bagian bawah mesin? Perhatikan, mungkin saja hal tersebut merupakan indikasi kerusakan pada bagian rem.

Penyebab lain selain faktor pemakaian adalah kondisi atau kualitas kampas rem yang kamu gunakan semakin memburuk. 

6. Rem Seret dan Berisik

Penyebab: Permukaan bidang gesek rem yang basah dan bersuhu rendah

Kondisi hujan dan suhu yang rendah dapat memberikan efek samping bagi kendaraan kesayangan kamu. Mobil yang terpapar air dan kelembaban tinggi akan memberikan efek samping, yaitu bunyi.

Bunyi ini terjadi karena bidang gesek rem yang lembab dan mengalami penekanan secara berkala.

Untuk menghilangkan masalah ini cukup dikeringkan dan membersihkan bagian rem mobil secara berkala.

7. Rem Mobil Blong

Penyebab: Seal kaliper rem rusak atau minyak rem yang habis

Masalah yang paling familiar terdengar di kuping orang awam, yaitu rem blong. Istilah ini mengacu kepada kondisi rem mobil yang melakukan penjepitan namun tidak menghasilkan penahanan daya gerak yang efektif.

Tanda-tanda rem mobil kamu blong adalah tidak adanya perlawanan saat menginjak pedal. Selain itu indikasi awal adalah rem yang kurang pakem.

Kendala rem blong wajib ditangani secara serius karena sangat membahayakan pengendara dan lingkungan berkendara yang aman. Selalu gunakan minyak rem yang berkualitas, sob!

Dari 7 masalah yang kerap terjadi pada rem mobil di atas, satu hal yang disepakati adalah cara kamu merawat rem mobil secara berkala.

Terlepas merek mobil yang baru atau lama, selama kamu ulet dan gigih merawatnya tentu masalah seperti di atas tidak akan terjadi.

Selain mengecek kondisi kampas rem, penggunaan minyak rem yang baik juga dapat memanjakan sistem pengereman baik tromol maupun cakram.

Solusinya? Mudah! Gunakan TOP 1 Brake Fluid yang sudah teruji di berbagai kondisi serta teknologi yang tahan hingga suhu didih tinggi.

Oli sintetis yang mengikat perlapisan dengan menyeluruh juga mampu menahan partikel kotor di rem sistem terbuka.

Ganti minyak rem kamu sekarang dengan produk TOP 1! Ganti di bengkel atau beli langsung di toko resmi TOP 1 di Tokopedia, belanja cepat, mudah, dan aman tinggal sekali klik!

Rekomendasi untuk kamu: