Senin, 18 Mei 2020

9 Penyebab Bunyi Rem di Mobil Matic dan Cara Mengatasinya

Bunyi di rem mobil matic merupakan hal yang buruk, kalau bisa dihindari karena bunyi merupakan salah satu indikasi terjadinya kerusakan fungsi optimal kendaraan.

Mobil yang optimal akan memiliki kinerja rem yang halus dan mampu menahan laju gerak secara bertahap. Semua mobil juga memiliki kinerja rem yang merata, tidak terkecuali rem mobil matic.

Tapi apakah kamu sebagai pengendara pernah mendengar bunyi rem di bagian mobil matic?

Mengeluarkan suara yang kesar, halus, atau sedang? Tentu hal ini perlu perhatian khusus.

Daripada berlarut-larut, ini dia 9 penyebab bunyi rem di mobil matic kamu dan cara mengatasinya!

1. Debu di Bagian Rem

Cara Mengatasinya: Hindari jalan yang kotor atau rajinlah cek berkala

Debu bisa menyebabkan bunyi? Yang benar saja? Yap, semua bisa saja karena rata-rata rem mobil matic pada bagian belakang masih menggunakan rem tromol.

Masalah akan terjadi jika sistem rem tromol mendapatkan debu atau kotoran yang padat dan tebal. Bunyinya berasal dari debu yang menghalangi kampas rem sehingga mengeluarkan bunyi.

2. Tetesan atau Oli Bocor 

Cara Mengatasinya: Membersihkan tetesan oli dan kontrol selang 

Seperti komponen mobil pada umumnya, mobil matic juga menggunakan oli di berbagai komponen seperti rem.

Nah, minyak rem atau oli rem ini bisa saja menetes pada rem cakram kamu dan membuat permukaan kampas rem jadi lebih licin.

Selain itu, tetesan oli yang bocor akan membuat rem mobil lebih bising saat diinjak. Jadi lebih baik bersihkan piringan oli atau cek selang oli secara berkala.

3. Partikel Asing yang Mengganjal

Cara Mengatasinya: Mengecek dan membersihkan bagian rem secara berkala

Debu? Bukan, tentu ada banyak partikel atau benda yang berada di jalanan umum. Bila ada partikel asing yang bersarang di bagian sistem rem terbuka tentu akan menjadi masalah.

Bila debu dapat mengganggu rem tromol yang sistemnya tertutup, tentu rem cakram yang terbuka lebih beresiko lagi. Apalagi di saat banjir banyak partikel yang mengambang.

4. Kampas Rem yang Buruk

Cara Mengatasinya: Ganti kampas rem yang baru dan bermerek resmi

Kampas rem mobil memiliki banyak tipe dan merek, tentu pasar yang luas kerap membuat pengendara atau pemilik mobil matic baru kebingungan. Jangan sampai salah memilihnya, karena akan beresiko.

Pilihlah rem kampas yang asli atau resmi di bengkel karena kualitasnya sudah sesuai dan dibuat sedemikian rupa untuk mobil kamu.

5. Kotoran pada Permukaan Rem

Cara Mengatasinya: Membersihkan tanah di piringan cakram secara berkala

Permukaan rem cakram memang menjadi masalah bagi kamu yang abai dengan gaya hidup bersih. Mobil matic yang memiliki rem cakram kotor akan menghasilkan bunyi, lho!

Kotoran ini biasanya berbentuk tanah karena banyak menghiasi jalanan umum yang gersang.

6. Kampas Rem Habis

Cara Mengatasinya: Ganti kampas rem yang baru dan resmi

Masalah ini kerap ditemukan pada orang atau pengendara yang sangat rajin menggunakan mobil maticnya. Baik digunakan untuk sarana transportasi maupun pekerjaan lain.

BACA JUGA: Pengertian Rem Tromol Mobil: Fungsi, Sistem Kerja dan Keunggulannya

Kampas rem yang memiliki intensitas tinggi akan mudah tipis lalu habis. Disc brake akan langsung bergesekan dengan piringan cakram bila kampas rem habis dan menimbulkan bunyi.

7. Lembab Karena Percikan Air

Cara Mengatasinya: Keringkan atau diamkan sementara

Salah satu penyebab bunyi di mobil matic yang hampir dirasakan semua orang. Yap, kelembaban di bagian piringan cakram akan berbunyi bila bertemu dengan kampas rem yang basah.

Hal ini lumrah dan alami, cara mengatasinya pun cukup mudah. Jadi tidak perlu sampai ke bengkel, tapi juga jangan abai untuk terus mengecek penyebab pastinya, sob!

8. Berasal dari Sistem Transmisi

Cara Mengatasinya: Cek kesehatan rem secara berkala

Selain air, ini penyebab bunyi di mobil matic yang paling sering dijumpai. Bisa dibilang bunyi ini ‘khas’ di mobil matic, kenapa begitu? Karena banyak mobil matic yang mengeluarkan bunyi ketika rem ditekan.

Bunyi ini disebabkan oleh faktor transmisi jadi selama tidak terlalu keras kamu tidak perlu khawatir dengan rem mobil kamu.

9. Piringan Rem Tidak Rata

Cara Mengatasinya: Ganti piringan rem cakram atau dibubut

Hal yang sangat berbahaya sekaligus krusial dibandingkan beberapa penyebab lainnya. Yap, piringan rem cakram yang tidak rata di mobil matic ini harus kamu hindari.

Banyak penyebab hingga piringan rem tidak rata, bisa dari umur pemakaian atau terjadi kendala di jalan. Adapula alasan lainnya yaitu penggunaan kampas rem yang tidak resmi.

Nah, itu dia sob penyebab bunyi rem di mobil matic kamu. Apapun alasannya tentu perawatan itu sangat penting dan malah bisa menyebabkan masalah lain bila diabaikan.

Mengganti minyak rem merupakan salah satu caranya. Gunakan selalu produk terbaik seperti Minyak Rem / Brake Fluid TOP 1. Memiliki beragam spesifikasi yang menyesuaikan kendaraan kesayangan kamu.

Memiliki teknologi didih yang tinggi dan tidak mudah menguap dan menyebabkan aus.

Tunggu apalagi? Ganti minyak rem kamu dengan TOP 1 di bengkel-bengkel terdekat sekarang!

Atau, kunjungi toko online resmi kami di Tokopedia di sini! Nikmati kemudahan belanja, promo gratis ongkir, dan beragam diskon menarik!

Oli anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: