Sabtu, 9 November 2019

Agar Mobil Bebas Berisik Dengan Mudah

Pernah nggak anda terganggu dengan kondisi kabin mobilmu yang menimbulkan suara berisik? Kondisi kabin yang berisik tersebut tentu berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara. Apalagi saat macet, bunyi berisik tersebut tentu akan semakin mengganggu bahkan membuat kesal.

Selain penting untuk mengetahui penyebabnya, anda juga perlu untuk mengetahui cara mengatasinya.

Nah berikut hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kabin mobilmu yang berisik. Mudah, loh, Anda. Simak, yuk.

 

Baca Juga : Kenali Kerusakan Pada Mobil Matic

 

Memasang Peredam Suara

Mobil yang mengeluarkan bunyi berisik bisa diatasi dengan memasang peredam suara di dalam mobil. Peredam suara terbuat dari berbagai macam material, seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil.

Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool. Selain itu, ada juga jenis peredam suara yang terbuat dari bahan aspal.

Selain dengan peredam suara yang terbuat dari bahan-bahan di atas, anda juga bisa menggunakan peredam suara yang berjenis semprotan.

Apapun jenis dan bahannya, peredam suara bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bunyi berisik yang muncul di mobilmu.

Nah, untuk pemasangan peredam suara, anda membutuhkan tenaga yang ahli dalam memasang peredam suara agar hasilnya maksimal.

Anda juga bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting seperti di dasar mobil. Kegunaannya untuk mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

Lumasi dengan Grease

Baca Juga : Rekomendasi Oli Mobil Daihatsu Sigra, TOP 1 HP Sport

 

Bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa disebabkan karena adanya gesekan antarlogam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

Tujuannya untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Mengganti Bagian-bagian yang Rusak

Penyebab mobil berisik lainnya bisa juga karena adanya masalah pada komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil.

Umumnya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobilmu melaju di kecepatan tinggi, seperti 50km per jam atau bahkan bisa lebih dari 50km.

Penyebab bunyi berisik dari bagian kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah.

Tidak hanya bushing arm, bisa juga bagian lain seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya tentu adalah dengan mengganti bagian-bagian yang rusak tersebut dengan yang baru.

Mengganti Oli Gardan Mobil

Oli gardan letaknya di bagian bawah mobil atau di bagian gardan, gardan merupakan komponen yang berfungsi mengatur kecepatan roda saat mobil berbelok. 

Penggantian oli gardan ini waktunya biasanya berbarengan dengan penggantian oli transmisi yakni sekitar 10-20 ribu km atau 2 kali penggantian oli mesin.

Keberadaan oli gardan sangat penting, mengingat gardan memiliki gear yang selalu bergesekan.  Jadi apabila anda mendengar suara berdengung dari dalam gardan mobil anda, ada kemungkinan oli gardan mobil anda telah berkurang banyak atau bisa juga volume oli gardan mobil anda kurang sesuai dengan kebutuhan.

Oli gardan memang memiliki beragam jenis dengan harga yang berbeda-beda, hal inilah yang membuat pemilik mobil kerap kali bingung memilih oli gardan terbaik yang harus digunakan untuk mobil kesayangannya.

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Yang Bagus Untuk Honda Mobilio

 

Berikut ini adalah rangkaian oli gardan terbaik dari oli TOP1 yang bisa menjadi pilihan mobil kesayangan anda :

  1. Oli Gardan TOP 1 GEAR OIL 80W-90 1 L GL-5 / MT-1 Harga oil gardan : Rp 85,000
  2. Oli Gardan TOP 1 GEAR OIL LSD 75W-90 1 L GL-5 12 / Harga oil gardan : Rp 138,000
  3. Oli Gardan TOP 1 GEAR OIL MB 90 1 L GL-5 / MT-1 Harga oil gardan : Rp 62,000
  4. Oli Gardan TOP 1 GEAR OIL HD 140 1 L GL-5 / MT-1 Harga oil gardan : Rp 68,000

Nah keempat cara tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi bunyi berisik yang ditimbulkan oleh komponen-komponen pada mobilmu.

Namun, apabila dengan cara di atas, bunyi berisik di mobilmu masih juga belum hilang, sebaiknya anda segera memperbaikinya di bengkel resmi.

Jangan biarkan bunyi berisik terus terdengar di mobilmu, ya, Anda. Selain mengganggu, itu juga dapat berpengaruh pada bagian-bagian mobil lainnya apabila terus dibiarkan. Anda nggak mau kan bagian mobilmu yang lain juga ikutan rusak?

Rekomendasi untuk kamu:

Sabtu, 9 November 2019
Newsletters