Rabu, 11 Juli 2018

Apa sih yang menyebabkan Oli Motor Cepat Habis?

Penggunaan oli motor merupakan hal yang paling krusial. Fungsi oli motor, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memiliki peran yang sangat penting. Oli motor bertugas sebagai pelumas mesin, menjaga komponen dalam mesin agar selalu bersih, terhindar dari korosi (karat), dan menjaga suhu mesin motor itu sendiri.  Oli juga dapat menjaga performa dan kinerja motor agar stabil dan di zona terbaiknya terus-menerus.

 

Penggantian oli motor harus secara rutin dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar mesin motor selalu prima dan tidak terjadi kekeringan saat digunakan. Kekeringan oli akan menganggu motor karena dapat mengurangi performa dan kinerja mesin motor.

 

 Beberapa pengendara motor memiliki masalah ini, padahal oli kering saat sedang digunakan sangat berbahaya, mesin motor jadi lebih kasar, serta biaya servis untuk mengembalikan seperti keadaan semula sangat mahal. Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab oli motor Anda jadi cepat habis.

 

Pemakaian Motor yang Asal

 

Penggantian secara rutin oli motor tidaklah menjamin bahwa mesin motor Anda akan sehat-sehat saja. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi adalah cara Anda mengendarai motor tersebut. Jika Anda terbiasa mengendarai motor secara ugal-ugalan, asal, dan tidak normal bisa jadi itu penyebab oli motor Anda jadi cepat kering.

 

Mengendari motor dengan tarikan gas yang full to full juga tidak baik. Hal ini dikarenakan penggunaan throttle menjadi tidak beraturan. Selain itu, tarikan gas yang stop then go juga tidak baik. Cara menarik gas seperti itu membuat mesin motor menjadi panas serta oli jadi lebih mudah menguap.

 

Kesimpulannya, Anda harus menarik gas secara stabil agar mesin motor dapat bekerja secara maksimal. Jangan terlalu sering menarik gas secara full, juga jangan terlalu sering mengendurkan gas. Harus pas dan stabil.

 

Piston dan Komponen Ring Piston Aus

 

Hal sudah menjadi rahasia umum. Pemakaian motor secara ugal-ugalan juga dapat mempengaruhi kerusakan piston dan ring piston. Piston sendiri adalah bagian terpenting dalam mesin motor, bertugas untuk menggerakan seluruh komponen mesin. Selain itu, piston dan ring piston memang rentan mendapatkan kerusakan seperti tergores, aus, dan kotor.

 

Jika ring piston aus, maka ring piston akan kendur dan membuat udara masuk ke ruang oli secara mudah. Hal ini yang menyebabkan turunnya tekanan kompresi mesin. Jika knalpot Anda mengeluarkan asap, berarti piston Anda telah rusak. Hal ini yang menyebabkan oli motor Anda jadi cepat habis.

 

Sebenarnya, sangat mudah untuk merawat ring piston. Anda hanya butuh melakukan perawatan yang rutin terkait dengan penggantian oli mesin dan sistem pendinginan.

 

Kebocoran Pada Seal Oli

 

Biasanya, kebocoran pada seal oli disebabkan oleh oli yang melebihi kapasitas atau umur seal oli itu sendiri. Jika mengisi oli melewati kapasitas, oli akan terbakar di ruang pembakar dan itu akan membuat knalpot Anda mengeluarkan asap  putih juga. Oleh karena itu, pemasangan seal oli harus benar dan tepat. Kemudian, pastikan seal oli tidak penyok. Terakhir, pastikan jumlah oli yang masuk sesuai dengan takaran.

 

Penggantian Oli yang Tidak Rutin

 

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi ketika oli cepat kering adalah penggantian oli yang tidak tuin. Ketika oli jarang diganti padahal penggunaan motor sering dipakai, oli akan menguap di bawah batas minimal. Di saat oli di bawah batas minimal, maka oli tidak dapat melindungi bagian-bagian mesin. Hal itu yang menyebabkan kerusakan pada komponen motor.

 

Selain itu, kekentalan oli atau SAE yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin juga berpengaruh. Pengukuran kekentalan oli yang sesuai sebenarnya sangat mudah diukur. Biasanya, mesin motor terbaru dengan teknologi termutakhir menggunakan SAE yang lebih kental serta menggunakan oli sintetik. Pakailah oli dengan standar spesifikasi motor dengan kualitas terbaik.

 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetuji oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

 

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters