Rabu, 10 Agustus 2011

Bagaimana caranya untuk men-switch dari Oli Mineral ke Sintetik

Maaf menurut sumber yang saya baca (http://id.wikipedia.org/wiki/Oli_mesin) menyatakan bahwa "Beberapa pakar mesin memberikan saran agar jika telah biasa menggunakan oli mineral selama bertahun-tahun maka jangan langsung menggantinya dengan oli sintetis dikarenakan oli sintetis umumnya mengikis deposit (sisa) yang ditinggalkan oli mineral sehingga deposit tadi terangkat dari tempatnya dan mengalir ke celah-celah mesin sehingga mengganggu pemakaian mesin".

Maaf sebelumnya, karena saya tertarik untuk memakai oli TOP 1 ini. Saya orang yang awam tentang hal ini, dan sebelum mencobanya saya mencari informasi dulu dengan apa yang ingin saya pakai ini. Jadi apakah benar pernyataan tersebut.
Dan apakah cocok untuk Tipe kendaraan yang saya pakai?

Terima kasih.

Jawaban:

Dear Pak Ahmad Hidayat Terima kasih atas pertanyaan yang sudah diajukan sebelumnya ke kami Menanggapi pertanyaan Bapak sebelumnya : 1.Apakah benar pernyataan dari link yang Bapak berikan sebelumnya (http://id.wikipedia.org/wiki/Oli_mesin) 2.Apakah cocok dengan tipe kendaraan yang Bapak pakai saat ini (Honda Revo)? Fungsi utama pelumas adalah mengurangi gesekan, menjaga kebersihan mesin, mendinginkan mesin. Pernyataan yang diberikan oleh wikipedia tersebut adalah tidak benar, karena : 1.Wikipedia adalah situs yang bisa diakses dan diedit oleh semua orang, link yang Bapak berikan sebelumnya merupakan hasil translasi dari english versionnya (Versi asli sebelum diterjemahkan) Pada link http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oil#Synthetic_oil_and_synthetic_blends dijelaskan bahwa synthetic oil lebih baik dari oli mineral/ konvensional. Hal ini dijelaskan bahwa : COPAS dari wikipedia bahasa inggris. A.Higher purity and therefore better property control theoretically means synthetic oil has better mechanical properties at extremes of high and low temperatures B.Tests and practical use do show that fully synthetic oil is superior in extreme service conditions to conventional oil, and can perform better under standard conditions. C.synthetic synthetic oil suppliers suggest that the intervals between oil changes can be longer Ketiga hal tersebut menunjukan bahwa synthetic oil jelas lebih handal dibandingkan dengan pelumas mineral/ konvensional Pelumas memiliki 3 fungsi utama yaitu : membersihkan mesin, melindungi dari gesekan, dan mendinginkan mesin. Apabila salah satu dari ke-3 fungsi utama tsb tidak terpenuhi, maka pelumas tersebut bisa dikatakan tidak menjalankan fungsi dasar pelumasan dengan baik. Kami memang menganjurkan untuk melakukan FLUSHING setiap pergantian pelumas bila sebelumnya mengunakan brand atau tingkat kekentalan (SAE) yang berbeda, hal ini berfungsi agar sisa-sisa kotoran akibat gesekan, panas dsb yang ada di dalam mesin bisa terbuang semua dan meng-homogen kan sifat senyawanya 2.Untuk Honda Revo kami menyarankan mengunakan TOP 1 Evolution Moto 10W-30 100% Fully Synthetic atau TOP 1 Action Plus 10W-30 Synthetic Blend Motor Oil Untuk detail produknya dapat dilihat melalui website kami di www.top1.co.id dibagian produk Untuk lebih meyakinkan siapa saja penguna oli TOP 1 bisa dilihat melalui fanpage kami di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150244944324125.330426.70361474124&type=1 dan lubricant test yang kami lakukan bersama 12 komunitas motor dan sudah mendapat pengakuan dari ke 12 komunitas motor tersebut akan kualitas produk TOP 1 http://www.facebook.com/media/set/?set=a.483626279124.262553.70361474124&type=1 Semoga Bermanfaat Drive Safe, Save Lives Visit us on www.top1.co.id Join us on www.facebook.com/top1soul Follow us on www.twitter.com/TOP1Indonesia

Rekomendasi untuk kamu: