Rabu, 6 November 2019

Banyak Yang Asal, Ternyata Begini Cara Membersihkan Busi Motor

Fungsi busi bagi motor sangatlah vital, busi yang kotor akan mengganggu proses pengapian pada mesin motor anda. Selain rutin mengganti busi motor, sebaiknya anda juga harus rutin membersihkan busi motor.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan busi juga sangatlah sederhana, anda cukup menyiapkan, ember kecil, bensin dan sikat gigi.

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan busi motor adalah menuangkan bensin pada ember kecil, lalu rendam sesaat busi kotor anda, kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu angkat dan sikat bagian ujungnya secara melingkar.

 

Baca Juga : Tips Menjaga Kondisi Ban Kendaraan Kamu

 

Pastikan kotoran-kotoran berwarna hitam tersikat dengan bersih, anda juga bisa sesekali merendam kembali busi motor kedalam bensin jika kotoran masih sulit untuk dibersihkan.

Setelah busi terlihat lebih bersih, kamu tinggal jemur busi hingga mengering sekitar 10 menit. Jika sudah, kamu tinggal pasang kembali busi motor anda.

Oiya untuk perawatan busi sendiri, ada baiknya anda menggunakan busi berbahan dasar iridium seperti Duration Ultra Iridium yang memiliki masa pakai yang jauh lebih awet dan mampu menghasilkan pengapian yang lebih fokus.

Busi berbahan dasar iridium memiliki masa pakai mencapai 50,000 Km, berbeda dengan busi berbahan dasar nikel alloy yang banyak dipasaran saat ini yang hanya memiliki masa pakai tidak sampai 20,000 km.

 

Baca Juga : Harga Busi Motor Terbaik, Tipe Iridium, Platinum & Racing

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters