Jumat, 4 September 2015

Beda Spesifikasi Oli Motor JASO MA dan JASO MB

Pada oli sepeda motor yang menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization) pasti ada keterangan JASO MA atau MB.

Seperti kita tahu, kode di belakang JASO ini adalah kode peruntukan oli tersebut.

JASO yang tertulis di kaleng atau botol oli adalah singkatan dari Japanese Automobile Standard Organization. Badan ini yang menetapkan klasifikasi peforma oli yang digunakan mesin 4-langkah produksi Jepang.

JASO membagi dua tipe oli pada mesin 4-tak. Yaitu kode MA dan MB. Mesin yang menganut sistem kopling basah atau koplingnya terendam oli (bebek dan sport) harus dituang dengan yang klasifikasinya JASO MA.

Formula oli MA lebih lengket dan punya aditive agar bersenyawa pada kampas kopling. Kopling tidak mudah selip.

Sementara oli dengan klasifikasi JASO MB untuk mesin 4 langkah kopling kering. Di Indonesia tipe ini ada pada matik. Oli ini sifatnya lebih licin, dibuat seperti itu karena tugasnya tidak membasahi kampas kopling. Makanya bunyi mesin matik rada kasar.

Pilihan oli JASO MB Terbaik dari TOP1 Oil Indonesia

  1. Oli TOP1 EVOLUTION MATIC 10W-40

Oli TOP1 Evolution Matic adalah oli berperforma tinggi dengan base oil 100 persen full synthetic terbaik yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi motor matic terbaru seperti, motor Honda Matic Forza 250, matic Honda PCX 125 Series, Vario 125 Series, Vario 150 Series, Vario 110 Series, dan Honda PCX 150

Oli EVOLUTION Matic 10W-40 telah melampaui standar kualitas pabrikan, karena menggunakan base oil 100 persen sintetik sehingga usia pakai lebih lama. Lalu dengan aditif EXTRA SMOOTH memberikan pengalaman berkendara terbaik yang lebih halus.

Untuk harganya, oli ini dibanderol Rp 75 ribu-Rp 90 ribu, dengan kemasan kaleng 1 L.

  1. Oli TOP 1 ACTION MATIC 20W-40

Oli TOP1 SMO ACTION MATIC adalah oli berperforma tinggi dengan base oil synthetic blend  terbaik yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi sepeda motor kopling kering. Salah satu keunggulannya memberi perlindungan terbaik kepada mesin dari gesekan.

Oli TOP1 Action Matic 20W-40 diperuntukan untuk motor matic honda dengan pemakaian di atas lima tahun, bisa digunakan untuk motor matic Scoopy Series, Spacy, dan Beat Series

Dengan kemasan kaleng 800 mL dan 1 L, oli TOP1 ACTION MATIC dibanderol Rp 30 ribu- Rp 45 ribu.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters