Selasa, 30 Juni 2020

Bedah Yamaha R25: Oli Terbaik, Teknologi dan Spesifikasi Lengkap

Potensi motor sport di pasaran Indonesia memang cukup menjanjikan dan membuat produsen kendaraan mempromosikannya dengan giat, salah satunya Yamaha. Kehadiran motor sport seperti Yamaha R25 menjadi daya tarik tersendiri.

Selain Yamaha, banyak produsen asal Jepang yang menghadirkan motor sport di berbagai macam kelas, seperti Honda dengan CBR atau Kawasaki dengan merek Ninja yang sangat terkenal.

Kelas motor 250 cc dari Yamaha ini menawarkan sensasi berkendara sporty layaknya pembalap di MotoGP.

Yamaha R25 juga merupakan kelas motor idaman para lelaki dengan desain yang garang dan berani. Tentu fitur dan kecepatannya menyesuaikan dengan tipe sporty, apalagi Yamaha merupakan tim yang setia menghiasi gelaran MotoGP.

Beragam tipe seperti Standar, Movistar, dan ABS tersedia untuk motor Yamaha R25. Secara umum, apa saja kelebihan motor satu ini? Mampukah menyaingi para kompetitornya?

Desain Motor Yamaha R25

Tentu salah satu alasan kenapa motor sport menjual adalah tampang atau desainnya. Lebih gagah, agresif, tegas, dan bernai membuat para pengendaranya menjadi lebih percaya diri.

Yamaha R25 sendiri memiliki desain yang kurang lebih sama dengan motor sport pada umumnya. Namun, headlamp menjadi ciri khas tersendiri apalagi dengan lampu LED yang menyinari secara merata dan menyeluruh.

Dua lampu sejajar dengan cahaya tambahan jarak jauh di tengah membuat Yamaha R25 tampak lebih modern dan futuristik. Bagian depan juga memiliki corak dan garis tegas untuk menunjang fungsi aerodinamis.

Beralih ke sisi samping, Yamaha R25 memiliki bodi pelindung yang kokoh dan ramping. Tidak luap beragam corak serta tulisan Yamaha menghiasi guna memunculkan kesan MotoGP.

Bagian belakang sendiri mendapatkan pembaruan yaitu penggunaan LED dengan desain tajam nan modern. Motor satu ini juga sudah diperkaya fitur lampu Hazard bila sewaktu-waktu dalam keadaan darurat.

Untuk knalpot kesan modern sangat ditunjukkan meski memiliki dimensi yang cukup kecil untuk kelas motor sport.

Sebagai penutup, speedometer sudah ditunjang berbagai lampu indikator serta full digital.

Dengan gaya yang khas, tentu sektor mesin atau dapur pacu harusnya memiliki daya gedor serupa dengan tampilan fisiknya.

Mesin Motor Yamaha R25

Sebagai motor kelas 250 cc, Yamaha R25 memiliki spesifikasi mesin yang jauh dari kata biasa saja. Penggunaan mesin kelas atas untuk tipe sport dibawa Yamaha guna memuaskan ekspektasi penggunanya.

Mesin 2 Silinder DOHC 8 Valve dengan teknologi Liquid Cooled akan menjaga performa motor tetap stabil, cepat, dan tahan lama di segala medan. Tidak lupa sistem bahan bakar Fuel Injection terdapat di motor satu ini.

BACA JUGA: Mengenal Transmisi Motor Kopling: Cara Penggunaan, Fungsi dan Keunggulannya

Pada sisi transmisi Yamaha R25 mendukung hingga 6 percepatan dengan daya maksimum sebesar 12.000 rpm.

Mesin yang kuat juga ditunjang berbagai fitur lain seperti suspensi upside-down yang mampu menjaga stabilitas saat mengendarai motor satu ini.

Faktor keselamatan juga penting dan Yamaha R25 memberikan fitur ABS agar tidak terjadi insiden pengereman mendadak.

Tentu sebagai seorang pengendara harus mematuhi peraturan di jalan, namun memang mesin motor satu ini sangat siap dipacu dalam kecepatan yang tinggi.

Bagaimana spesifikasi lengkapnya? Simak informasi lebih lanjutnya di bawah ya, sob!

Spesifikasi Motor Yamaha R25

  • - Mesin: 2 Silinder DOHC, 8 Valve, Fuel Injection, Liquid Cooled
  • - Kapasitas Mesin: 250 cc
  • - Daya Maksimum: 26,5 kW / 12.000 rpm
  • - Torsi Maksimum: 23,6 Nm / 10.000 rpm
  • - Sistem Starter: Elektrik
  • - Sistem Bahan Bakar: Bensin
  • - Kapasitas Bahan Bakar: 14 Liter
  • - Tipe Kopling: Wet Clutch-
  • - Tipe Transmisi: Manual / 6 Percepatan
  • - Warna Motor Yamaha R25: Matte Red, Matte Black, Racing Blue

Oli Motor Yamaha R25

Nah, selain mengetahui fungsi dan kelebihan motor satu ini kamu juga harus merawat mesinnya secara berkala. Yamaha memiliki buku manual khusus mengenai spesifikasi yang cocok digunakan untuk Yamaha R25.

Oli di Yamaha R25 sendiri menggunakan 10W-40 dengan anjuran full sintetis guna menjaga mesin meski berada di titik suhu yang tinggi. Kapasitas oli di Yamaha R25 sendiri dapat menampung hingga 2,4 liter.

Jangan sampai motor kamu mengalami kerusakan karena malas mengganti oli, ya! Bisa jadi, biaya yang dikeluarkan lebih banyak, bukan?

TOP 1 EVOLUTION MC 10W-40 memenuhi kualifikasi oli yang baik untuk Yamaha R25, lho! Memiliki kadar full sintetis dan teknologi Ester Fortified yang melapisi seluruh komponen secara menyeluruh dan lebih tahan lama.

Teknologi ini membuat TOP 1 EVOLUTION MC mampu terjaga di suhu yang panas sekalipun dan tetap minim keausan.

Tunggu apalagi? Ganti oli kamu sekarang di bengkel-bengkel kesayangan!

Atau, ganti oli sendiri dengan membelinya secara online di TOP 1 Store Tokopedia di sini! Ada diskon hingga 30%, promo gratis ongkos kirim, dan produknya dijamin asli, sob!

Urusan mesin? Percayakan dengan TOP 1!

Rekomendasi untuk kamu: