Jumat, 15 Mei 2020

Fungsi Rem Cakram Sepeda Motor: Cara Merawat dan Kelebihannya

Pada umumnya rem cakram merupakan sistem pengereman yang memiliki komponen sangat penting dalam kegiatan berkendara. Selain itu sistem rem juga terbagi ke dua tipe yaitu rem cakram dan rem tromol.

Untuk mengetahui fungsi dari rem tromol: cara kerja serta kelebihannya bisa kamu baca langsung di sini.

Kendaraan memang menjadi moda transportasi utama di Indonesia. Namun banyak orang yang hanya paham menggunakan tanpa perawatan. Hal ini merugikan di efek jangka panjang dan dapat memakan biaya yang lebih.

Terlebih lagi, banyak pengendara yang asal dalam merawat motornya. Komponen di kendaraan kamu juga perlu dibenahi di periode tertentu.

Pengertian Rem Cakram Sepeda Motor

Rem cakram sendiri merupakan sistem pengereman yang tersusun dari berbagai materi, salah satunya logam. Setiap piringan logam yang tersusun akan memberikan gaya jepit untuk menahan laju kendaraan.

Alat jepit tersebut kerap disebut kampas rem atau brake pad yang didorong oleh sepasang torak yang terletak di dalam silinder roda.

Dengan sistem kerja seperti itu maka rem cakram memiliki beberapa sistem, seperti hidrolik, silinder, dan reservoir yang memiliki katup oli.

Fungsi ini membuat perjalanan kendaraan akan tertahan secara bertahap dan menghindari proses rem mendadak. Fungsi yang baik tentu penting untuk membuat perjalanan kamu menjadi aman.

Nah, lantas bagaimana fungsi atau manfaat utama dari rem cakram yang berada di sepeda motor?

Fungsi Rem Cakram Sepeda Motor

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa rem cakram merupakan sistem pengereman yang menggunakan metode jepit hidrolik untuk mengurangi daya putar sebuah piringan, dalam hal ini roda kendaraan bermotor.

Sistem rem cakram sendiri lebih simpel dan responsif dibandingkan jenis rem lain karena komponennya yang lebih kecil serta memiliki penahan gaya gesek yang kuat untuk beragam daya putar roda.

Penahan gesekan merupakan konsep dasar tentang pengereman kendaraan.

Salah satu tipe kampas rem yang cocok adalah tahan akan gesekan serta mampu menahan suhu yang tinggi.

BACA JUGA: 5 Cara Perawatan Rem Mobil yang Benar dan Mudah

Bila material dari rem cakram kamu tidak tahan panas atau memilih oli yang asal, bisa saja akan ada istilah rem blong dan mengeluarkan bau.

Memang bagaimana sistem kerja rem cakram di sepeda motor?

Sistem Kerja Rem Cakram Sepeda Motor

Sistem kerja atau cara kerja rem cakram di sepeda motor sebenarnya sangat simpel dan mudah dimengerti.

Hal yang bisa kita pelajari dari satu hal yang kita kaitkan di sistem satu ini adalah cara memasang dan penyetelan rem yang benar.

Yuk, tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak sistem kerja rem cakram, sob!

1. Awal mula kerja rem cakram sepeda motor bermula dari pedal rem yang berfungsi untuk memacu penarikan tuas dari piston ke silinder.

2. Silinder akan mengubah daya tekan dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Lalu, piston di silinder akan menekan minyak rem atau brake fluid yang dialirkan melalui pipa kapiler dan selang rem.

3. Pasca pelepasan pedal rem maka penekanan hidrolik akan kembali ke posisi semula. Sistem kerja ini juga bergantung dari jumlah minyak rem dari sistem hidrolik dari rem cakram sepeda motor.

Kelebihan Rem Cakram Sepeda Motor

1. Mudah Dirawat

Dengan sistem kerja yang sangat simpel, rem cakram di sepeda motor akan mudah dirawat. Piringan logam dan sistem hidrolik menjadi dua komponen yang memerlukan penanganan berkala.

2. Mudah Dibersihkan

Ada komponen yang bersifat menyatu sehingga akan mudah dibersihkan bila mengalami kotor saat digunakan atau pemakaian sehari-hari.

3. Perawatan yang Lebih Murah

Ada beberapa komponen yang cukup awet untuk jangka waktu yang lama. Piringan logam, pipa kapiler, silinder serta piston menjadi perhatian khusus.

Merawatnya cukup pemberian minyak rem yang tepat, maka akan minim gesekan dan otomatis memperpanjang komponen.

Maka dari itu, gunakanlah minyak rem yang baik dengan berbagai kelebihan serta spesifikasi yang cocok untuk sepeda motor kamu.

TOP 1 Brake Fluid memiliki daya tahan kuat, titik didih di suhu panas, dan mampu melumasi komponen dengan sangat baik.

Harganya pun terjangkau dengan teknologi berkualitas yang siap memenuhi kebutuhan rem di sepeda motor kesayangan kamu! Tunggu apalagi? Ganti minyak rem di bengkel-bengkel kesayangan sekarang!


Atau, beli barangnya langsung lewat smartphone kamu di Tokopedia TOP 1 di sini. Banyak promo, transaksi aman, dan barang dijamin asli!

Rekomendasi untuk kamu: