Rabu, 11 Juli 2018

Ganti Oli Mobil Sendiri Itu Mudah Kok! Begini Caranya

Penggantian oli mobil wajib dilakukan secara rutin berdasarkan pemakaian kendaraan Anda masing-masing. Hal ini sangat penting dilakukan karena oli mobil dapat menjaga performa mesin kendaraan Anda. Penggantian juga mesti dilakukan secara berkala paling tidak mengikuti anjuran dari buku panduan bengkel resmi.

Selain mengganti oli, Anda juga harus memperhatikan saringan oli mesin mobil Anda. Kedua hal tersebut harus terus dijaga agar performa dan kinerja mesin selalu dalam kondisi terbaiknya. Oleh karena itu, penggantian oli mobil harus dilakukan ketika paling lama tiga bulan sekali.

Ganti oli mobil sebenarnya sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Anda hanya perlu melakukan ini secara teliti.

 

Angkat Mobil

 

Tenang, tenang! Bukan diangkat menggunakan tangan kosong kok haha. Siapkan peralatan seperti dongkrak, penyangga, dan balok atau batu. Pastikan Anda menempati posisi dengan benar, jika salah makan akan merusak mobil Anda. Caranya, Anda hanya perlu pasang rem tangan dan tahan dengan penyangga pada permukaan datar. Pastikan sekali lagi bahwa Anda meletekan mobil pada penyangga dengan benar. Selain itu, ganjal ban belakang mobil Anda dengan sesuatu seperti batu atau kayu balok.

 

Panaskan Mobil Anda dan Buang Oli Lama

 

Temperatur mesin yang ideal membuat Anda jadi lebih mudah untuk mengganti oli. Anda hanya perlu memanaskan mesin mobil selama dua hingga tiga menit. Hal itu sudah cukup untuk membuat oli sedikit encer dan akan mengalir lebih cepat. Mesin hangat juga membantu kotoran yang tercampur dengan oli ikut terbuang.

Selagi Anda memanaskan mesin mobil, Anda perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan. Anda perlu menyiapkan oli sesuai takaran liter kebutuhan mesin mobil Anda, saringan oli baru, baki dan kertas koran bekas untuk menampung oli bekas, dan kunci-kunci mobil yang dibutuhkan. Anda wajib membaca petunjuk di buku manual untuk memastikan jenis oli dan saringan yang diperlukan.

Anda juga perlu membuka kap mesin, buka kenop tempat pengisian oli. Ini dimaksudkan agar proses pengurasan oli bisa berjalan dengan cepat dan lancar.

Cari bak oli di bagian bawah mesin. Biasanya, bak oli berbentuk datar dan posisinya dekat dengan mesin. Kemudian, ciri lainnya adalah baut penutup bak oli akan terasa panas. Buka penutup baut tersebut otomatis oli akan mengucur dengan sendirinya. Sebelum membuang, letakan koran atau kertas bekas agar tidak terlalu terpapar oli serta bak untuk menampungn oli mobil lama Anda.

Aliran oli yang deras mengalir ke dalam bak membutuhkan waktu beberapa menit hingga bersih. Pada saat oli telah keluar semua, pasang kembali baut penutup. Kencangkan agar baut tetap aman. Lakukan dengan tangan terlebih dahulu kemudian kuatkan dengan kunci pas. Ganti seal baut bila perlu.

 

Mengganti Saringan Oli

 

Tugas Anda selanjutnya adalah mengganti saringan oli. Saringan oli terletak di posisi yang tidak sama. Ada yang di bagian depan, belakang, atau samping mesin. Umumnya, berbentuk semacam silinder sepanjang 10-15 cm dan berdiameter sekitar 8-9.

Pastikan bak penampung oli masih berada di tempatnya. Biasanya, ada sedikit oli yang tersisa di tabung saringan. Kemudian, pastikan seal karet berbentuk lingkaran pada saringan oli harus dilepas juga. Setelah itu semua, celupkan jari Anda ke oli baru, oleskan pada sekitar seal saringan. Lumasi dengan baik setiap sekatnya. Terakhir, pasang saringan oli dengan hati-hati dan seksama.

 

Tuang Oli Baru

 

Setelah melewati beberapa tahap di atas, tuang oli diposisi mobil berada di tempat datar. Hal ini dimaskudkan agar Anda dapat mengetahui tanda pengukur oli dengan tepat. Kemudian, pasang kembali tutup pengisian oli ketika sudah selesai menuang oli mobil Anda. Periksa kembali apakah masih ada alat yang tertinggal.

Anda juga perlu menyalakan mesin untuk memastikan lampu indikator tekanan oli mati setelah mesin menyala. Posisikan perseneling pada netral dan rem tangan terpasang. Menyalan mesin mobil juga berguna untuk meningkatkan tekanan dan mengecek apakah semua bagian telah terpasang baik.

 

Gunakan Oli Mobil Top 1

 

Selalu gunakan oli mobil terbaik untuk mesin kendaraan Anda. Oli TOP 1 sudah teruji keunggulan dan kemakhiran teknologinya. Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis mobil. Oli TOP 1 secara resmi disetuji oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi.

TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic dengan kualitas terbaik. Untuk kamu yang belum paham, Oli Full Synthetic adalah oli hasil terbersih dari pemilahan oli mineral. Sehingga secara pengolahan dan kegunaannya, Oli yang Full Synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan Oli non Synthetic biasa, seperti Usia pakai lebih lama, Tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan Melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

 

Rekomendasi untuk kamu:

November 19, 2015
Newsletters