Ini Akibat Bila Mengendarai Mobil dalam Keadaan Oli Kering!

Ini Akibat Bila Mengendarai Mobil dalam Keadaan Oli Kering!

Kepadatan aktivitas Anda dalam berkendara kadang melupakan rutinitas untuk mengganti oli mesin kendaraan. Akibatnya, Anda berkendara dengan oli sedikit atau kering. Padahal, oli mobil itu sangat penting bagi kesehatan kendaraan Anda.

Oli mobil, terutama oli sintetik, penting untuk menjaga performa Anda, efesiensi, hingga keselamatan. Tanpa oli atau bila oli mobil Anda sedikit, mobil Anda akan cepat rusak. Pasalnya, dalam sebuah mesin, terdapat banyak bagian, bagian-bagian ini bergerak sangat tinggi dan bergesekan satu sama lain. Oleh karea itu, oli mobil sangat penting dan jangan sampai kekeringan karena bisa menguap dan merusak segala komponen mesin.

Beberapa hal ini akan terjadi ketika Anda mengendarai mobil dengan oli kering.

 

Cincin Piston Akan Rusak

Bila oli mobil Anda kering, mesin akan ngebul dan mengeluarkan asap putih. Pemakaian oli setelahnya juga jadi boros dengan tekanan kompresi rendah. Cincin Piston haruslah terus rapat agar bisa mencegah terlalu banyaknya campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli. Untuk membetulkannya memang tidak terlalu mahal, tetapi lebih baik dicegah dengan sering mengganti oli secara berkala

 

Katup/klep Mesin Rusak

Klep mesin mobil rusak dapat membuat oli di kepala silinder akan merembes dan masuk ke dalam ruang bakar, oli cepat habis, akan berasap tebal, busi cepat kotor dan cepat lemah. Hal itu membuat mesin Anda tidak sehat dan akan merambah ke bagian mesin lainnya.

 

Mesin Overheat

Jika volume oli berkurang, sistem pendinginan mesin akan terganggu. Penyebab suhu menjadi panas bukan hanya berasal dari pembakaran mesin, melainkan gesekan antara bagian-bagian mesin juga. Itulah mengapa oli mobil sangat penting untuk melapisinya agar gesekan halus dan mendinginkan. Untuk performa oli yang baik, pilihan oli sintetik dari TOP 1.

 

Engine Lock

Keausan yang terjadi di dalam mesin karena kurangnya oli membuat banyak komponen mesin yang tidak bekerja sesuainya.

Karena komponen mesin berbahan logam, pemuaian terjadi. Bila terjadi, putaran mesin mobil Anda akan terhambat. Bila terjadi terus-terusan, mesin Anda akan mengalami engine lock atau mesin mati. Kondisi ini akan menyebabkan mobil Anda tidak bisa dijalankan atau diengkol karena porosnya mengalami pemuaian.

Agar keempat hal di atas tidak terjadi, maka Anda harus sering melakukan pergantian oli secara berkala dengan oli mobil terbaik. Salah satu oli mobil terbaik yang bisa selalu anda andalkan adalah produk dari Oli sintetik TOP 1 karena memiliki usia pakai yang lebih lama, Tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi serta mampu melindungi mesin dengan lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

Mulai dari sekarang, Anda perlu rajin memeriksa kondisi mesin mobil Anda. Sempatkanlah untuk mengganti walaupun kegiatan Anda padat sekalipun. Kunjungi tautan berikut: Varian Produk terbaik TOP 1

© PT Topindo Atlas Asia 2024