Ini Bahayanya Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

Ini Bahayanya Lupa Ganti Oli Mesin Mobil

Oli mesin punya jangka waktu pemakaian. Pelumas ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja dan seberapa sering kendaraan dipakai. Jika Anda telat mengganti oli mobil atau malah tidak menggantinya sama sekali, fatal akibatnya. Potensi kerusakan mesin mobil lebih besar terjadi. Lazimnya usia pakai oli berkisar 5.000 km hingga 10.000 km. Berikut bahayanya jika lupa mengganti oli.

Overheating

Mesin mudah overheating. Inilah keadaan suhu mesin mobil alami kenaikan di atas normal. Fungsi utama oli ialah sebagai pendingin mesin mobil. Jika melebihi batas pemakaian yang dianjurkan, maka ia tidak bisa bekerja maksimal. Jika gejala overheat mulai terasa, segera tepikan kendaraan sebelum mogok di tengah jalan.

Kualitas Mesin Turun

Pelumas yang tidak diganti tepat waktu, berisiko memberi efek pada kinerja mesin. Oli berfungsi untuk membantu memuluskan kinerja mesin. Oli yang tidak diganti, warnanya semakin hitam dan kental. Sehingga fungsinya sebagai pelumas komponen mesin pasti menurun. Efeknya bisa membuat tarikan lambat. Suara mesin juga menjadi semakin kasar. Jika sudah parah, mesin mobil sulit dinyalakan.

 

Baca Juga : Oli Terbaik Untuk Mobil LCGC Daihatsu Sigra Dan Toyota Calya

 

Boros Bahan Bakar

Imbas telat ganti oli mesin, bikin boros bahan bakar. Dalam keadaan normal, gesekan antarkomponen mesin berkurang. Sebab dibantu oleh oli sebagai pelumas. Oli yang tidak diganti, membuat tarikan terasa semakin berat. Hasilnya, mesin memerlukan sumber tenaga tambahan, sehingga pijakan pedal gas lebih dalam. Pembakaran mesin pun menjadi lebih boros.

Rusaknya Komponen Mesin

Cairan oli yang kental dan kotor mengakibatkan rusaknya komponen dalam mesin. Bagian yang acap kali bermasalah berupa piston, silinder dan oil feed tersumbat. Ini disebabkan karena oli yang lama digunakan, mengandung kerak dan karbon sisa pembakaran mesin. Oli yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil, dapat menyebabkan engine bekerja secara berlebihan. Menimbulkan goresan dan yang paling parah bisa terbakar.

Saat daya lumas oli menurun, cairan yang harusnya melumasi bagian mekanis katup di kepala silinder, malah turun ke oil pan. Ini yang memunculkan bunyi ketukan logam pada mesin bagian atas. Kerap terjadi saat Anda menyalakan mesin mobil.

 

Baca Juga : Rekomendasi Oli Mobil Terbaik Untuk Avanza

 

Jadi, salah satu cara menjaga agar mesin mobil dapat bekerja secara optimal, ganti oli secara berkala. Segera ganti jika warna mulai berubah dan tarikan mesin terasa berat. Sebab penggunaan di jalan macet, turut memperpendek usia pemakaian. Jangan lupa menggunakan oli yang tepat dan mengganti oli sesuai dengan standar pabrikan. Waktu dan usia pakai oli mobil sebetulnya berbeda-beda. Anda bisa melihatnya di buku panduan

 Itulah akibat yang dapat ditimbulkan jika anda lupa mengganti oli mesin mobil anda, Untuk menjaga performa mobil agar tetap stabil, mari rutin melakukan sevis dan ganti oli secara berkala, selain itu anda juga harus tahu oli mobil terbaik yang sesuai dengan karakter mobil yang kawan miliki.

Memilih oli mobil terbaik memang tidaklah mudah, beberapa pemilik mobil akhirnya memilih oli dengan kualitas standar dari pabrikan. Namun jika kita mempertimbangkan dari 2 segi yang berbeda , yaitu dari segi kualitas dan segi harga, oli TOP1 HP Sport Series bisa menjadi pilihan oli terbaik untuk mobil kamu.

Pertama kita lihat dari segi kualitas, TOP1 HP Sport menggunakan 100% sintetik sebagai bahan dasarnya, sehingga sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi. Hal inilah yang membuat TOP1 HP Sport memiliki masa pakai yang lebih lama. Selain itu oli mobil terbaik ini juga menunjang spesifikasi mobil keluaran terbaru dan mobil LCGC, karena TOP1 HP Sport telah melampaui standar pabrikan dan memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5. Hal inilah yang membuat pelumas TOP1 mampu melindungi mesin hingga ke celah tersempit sekalipun dan mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan.

 

Baca Juga : Oli Sintetik Terbaik Untuk Mobil Honda Mobilio, TOP1 HP Sport

 

TOP1 HP Sport juga hadir dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 95 ribu – Rp 99 ribu per liter, dengan segala keunggulan yang dimiliki dan harga yang terjangkau, inilah yang membuat TOP1 HP Sport menjadi pilihan oli mobil terbaik. Oli TOP1 HP Sport juga hadir dengan tingkat kekentalan yang beragam lho, mulai dari SAE 0W-20 dan 5W-30 yang cocok untuk mobil baru hingga 10W-40 dan 15W-40 yang bisa menjadi pilihan mobil lebih tua.

© PT Topindo Atlas Asia 2024