Selasa, 20 September 2016

Katherine Prado: Perempuan Juga Bisa!

Membalap memang tak pernah terlintas dalam benak seorang Katherine Prado kecil. Bagaimana tidak, olahraga motorsport ekstrim ini biasanya selalu didominasi oleh kaum lelaki. Namun siapa yang menyangka kalau gadis belia yang juga merupakan mahasiswa Administrasi Bisnis, Universitas CR Latica ini sukses memperkenalkan nama Kosta Rika ke kancah dunia lewat balap crosscountry.
 
Perempuan yang baru berusia 22 tahun ini saat ini telah ditunjuk menjadi duta olahraga bagi negaranya. Perjuangannya untuk menjadi seperti sekarang memang tidak mudah. Katherine Prado bercerita kepada kami tentang kisahnya sehingga kini bisa menjadi seorang pembalap ATV wanita asal Kosta Rika yang berprestasi. Berikut hasil wawancara kami dengan Katherine Prado: 
 
Apa cita-citamu saat kecil? Apakah menjadi seorang pembalap ATV? 
Sejak kecil, saya memang sudah hobi naik sepeda motor. Tetapi saya tidak pernah bermimpi ingin menjadi pembalap ATV. Saya senang saya sekarang menjalani karier ini. Saya sudah menekuni kompetisi balapan ini selama lebih dari empat tahun. 
 
Bagaimana rasanya melawan para pria di balapan ini? 
Di Costa Rica memang tidak ada kategori khusus wanita, jadi saya harus bersaing dengan laki-laki. Tetapi ini baik buat saya karena persaingannya menjadi lebih sulit dan usaha saya pun harus lebih besar lagi. Saya senang berkompetisi dengan pria. 
 
Mengapa tertarik menjadi pembalap? 
Saya jatuh cinta dengan dunia motorsport. Olahraga ini menuntut skill, usaha, kedispilinan, dan komitmen penuh untuk dapat meraih hasil terbaik. 
 
Siapa yang paling penting dalam karier kamu? 
Saya bisa sampai seperti sekarang ini berkat anugerah Tuhan. Keluarga saya, dan teman-teman saya adalah orang-orang yang paling berperan dalam karier saya. Selain itu, sponsor saya juga telah memberikan kontribusi besar dan memungkinkan ini semua dapat terjadi. 
 
Menurutmu, apa saja yang dibutuhkan seorang wanita untuk menjadi seorang pembalap ATV? 
Banyak hal yang harus disiapkan. Pertama anda harus benar-benar ingin melakukannya dan tak pernah berhenti mencoba. Butuh latihan yang tekun, juga latihan fisik, dan kedisiplinan. Lalu siapkan kendaraan yang baik dan memenuhi persyaratan kompetisi. Tentunya perhatikan faktor keselamatan. 
 
Apa prestasi terbaikmu sejauh ini? 
Saya pernah mewakili negara saya dalam balapan tingkat internasional di China. Saat ini saya juga dipilih menjadi duta olahraga untuk Costa Rica . 
 
Ada tips khusus untuk menjadi seorang pembalap ATV profesional? 
Menjadi profesional dalam olahraga adalah suatu proses, tidak dicapai dalam semalam. Jika Anda benar-benar ingin melakukannya, mulailah dari sekarang. Jangan membuang waktu! Fokus pada tujuan dan pada apa yang anda ingin capai. Jangan pernah menyerah! Anda harus berani dan disiplin. Namun yang terpenting bagi saya adalah, jangan pernah tinggalkan sekolahmu! 
 
Apa hobi kamu selain membalap? 
Saya suka berpetualang bersama keluarga dan teman-teman mengunjungi tempat-tempat yag dindah di Kosta Rika. Saya juga suka menari dan pergi ke gym. Selain itu saya juga suka fotografi. 
 
Punya kisah inspiratif? 
Usaha, perngorbanan, dedikasi, dan disiplin akan memberikan hasil yang baik. Terkadang kelelahan fisik dan mental membuat kita lemah. Apalagi kalau segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Saya telah melewati saat-saat sulit dan penuh penderitaan. Itu semua tidak ada yang mudah. Siapapun pasti pernah mengalami jatuh bangun dan ini membuat saya menjadi seorang wanita yang lebih kuat. Selain itu saya bangga menjadi contoh bagi banyak perempuan lain dan menerima banyak pesan motivasi dari orang-orang yang di sekitar saya. Dan saya sekarang bisa mengatakan, saya juga bisa! 
 
Apa definisi wanita super menurut kamu? 
Wanita yang tekun, mandiri, tegas, dan mampu membuat perbedaan, semua itu juga adalah jalan menuju kesuksesan. 
 
Ceritakan momen terbaikmu bersama TOP 1! 
Saya sangat menghargai dukungan yang diberikan TOP 1 kepada saya. Momen terbaik saya bersama TOP 1 adalah ketika saya diberi hak istimewa untuk menjadi bagian dari perjalanan TOP 1 di China. Di sana saya juga diajak menyaksikan tempat-tempat yang menakjubkan.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters