Kamis, 12 Juli 2018

Kenali Hal Ini Sebelum Membeli Oli Motor Matik

Sebelum lebih jauh membahas oli motor matik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang sistem pelumasan di berbagai jenis motor, manual, kopling, maupun matik. Ada dua sistem pelumasan pada sebuah mesin motor di dunia ini berdasarkan konstruksinya. Dua sistem tersebut ialah dry dan wet pump. Selanjutnya, sistem pelumasan tersebut mengerucut kepada konstruksi clutch dan transmission-nya: wet dan dry clutch. Motor manual, baik itu bebek dan sport, atau street fighter memakai sistem wet clutch.

Motor matik memakai sistem dry clutch. Clutch sendiri itu berarti sistem kopling. Yang membedakan wet dan dry adalah rendaman oli. Bagi dry clucth, konstruksi mesinnya tidak dilumasi oleh oli. Namun khusus motor matik dengan CVT, sistem pelumasan menggunakan metode wet pump dengan spesifikasi oli motor tertentu. Karena mesin motor matik tidak memiliki komponen seperti mesin motor manual dan sport, kecepatan oli motor di dalam mesin jadi lebih rendah. Hal itu dikarenakan tidak adanya friction mechanical-shear-impact. Uniknya, tekanak oli motor justru lebih tinggi.

Selain itu, perbedaan karakter RPM antara motor matik dan non-matik adalah power band-nya. Peak Horse Power dan Torque pada skutik itu diperoleh di bawah 8000 RPM. Pada mesin motor matik, semakin tinggi RPM-nya, maka akan semakin tinggi pula oil pressure (P)-nya. Hal ini berarti semakin tinggi pula temperaturnya.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, karakter oli motor matik akan seperti ini: oli motor pada motor matik akan lebih cepat gelap; oli loss tinggi pada saat ganti oli.

 

JASO MB

Oli motor matik biasanya ditandai dengan kode JASO MB. Itu berarti oli dikhususkan untuk motor matik. Sedangkan JASO MA itu untuk motor non-matik. Motor jjuga memerlukan oli dengan performa mentereng dan kuat. Oli motor matik berfungsi untuk melindungi mesin (berisi banyak komponen, seperti piston, klep, maupun kruk).

Dengan penjelasan di atas, Anda mesti tahu oli motor matik mana yang cocok untuk Anda. Memilih oli motor mesti yang berkualitas agar sepda motor matik Anda selalu terjaga performanya. Agar Anda tidak bingung, berikut tips memilih oli motor matik yang baik:

 

  1. Sesuaikan dengan rutinitas

 

Sekali lagi, masing-masing motor memiliki karakteristiknya tersendiri. Untuk itu, Anda perlu tahu motor matik Anda sendiri apakah dipakai rutin dipakai atau hanya sesekali saja dalam satu minggu. Ini juga penting untuk digaris bawahi. Jika Anda sering menggunakannya, Anda perlu oli dengan zat aditif yang cukup tinggi, ya.

Selain itu, Anda perlu tahu kapasitas daya tampung oli motor matik Anda. Bagi Anda pemiliki motor matik dengan merek Suzuki, Anda mesti membeli oli motor sebanyak 1 liter. Sedangkan merek Honda dan Yamaha menggunakan pelumas 0,8 liter.

 

  1. Pilih kekentalan yang Sesuai

 

Oli motor matik itu bisa dibilang mirip-mirip dengan partikel mobil. Oleh karena itu, oli motor matik perlu spesifik saat memilihnya. Anda mesti mencari oli dengan kekentalan yang pas sesuai API SL, ya. Kekentalan motor itu biasanya juga bisa dilihat berdasarkan tahun keluaran motor Anda. Semakin baru, Anda perlu menggunakan oli yang juga berteknologi tinggi. Seperti misalnya menggunakan oli sintetik keluaran Oli TOP 1.

 

  1. Pilih Merek Oli Berkualitas

 

Anda disaarankan menggunakan oli dengan sertifikat API dan JASO. Jika oli yang Anda beli memiliki kode tersebut, bisa dipastikan oli motor matik Anda sudah melalui uji kualitas yang dilakukan oleh American Petroleum Institute dan Japanese Automotive Standard Association (JASO).

Jika Anda masih bingung dan ragu terhadap oli mana yang terbaik untuk motor matik Anda, pakailah oli keluaran TOP1.

 

Gunakan Oli TOP 1

 

Selalu gunakan oli mobil terbaik untuk mesin kendaraan Anda. Oli TOP 1 sudah teruji keunggulan dan kemakhiran teknologinya.

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetuji oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

 

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

 

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters