Jumat, 6 Juli 2018

Masih bingung sama kode Motor Multi Grade? Kamu harus tahu nih arti SAE oli motor

Kamu pernah tidak sih ngalamin kebingungan dalam memilih oli karena banyaknya varian oli dipasaran?

Sebenarnya memilih oli itu mudah lho, asalkan kamu paham sama yang namanya kode SAE oli. Tenang aja, kali ini Oli TOP 1 akan kasih kamu cara untuk mengetahui arti SAE oli motor khusus untuk kamu.

Penting nih untuk kamu ketahui bahwa SAE sebenarnya kependekan dari nama badan Society of Automotive Engineers. SAE bisa dibilang adalah organisasi internasional yang indeks kekentalannya dipakai secara global. Dalam pengaplikasiannya di sebuah produk oli motor, nilai SAE contohnya ditulis 10W-40. Sebagai contoh nih oli TOP 1 Evolution Matic 10W-40.

Arti SAE oli motor tersebut berarti oli itu memiliki sifat di suhu dingin seperti oli single grade SAE 10. Sedangkan pada suhu tinggi memiliki sifat seperti oli single grade SAE 40.

Intinya untuk mengetahui arti SAE oli motor adalah dengan berpatokan pada huruf W. Gampangnya, angka sebelum huruf W menandakan sifat oli motor di suhu dingin dan angka setelah huruf W menandakan sifatnya di suhu panas.

Baca juga :

Tipe teman kaya gini, bisa bikin momen traveling kamu semakin seru!

Nah yang harus kamu ketahui juga adalah oli motor diformulasikan dengan menyesuaikan kondisi alam dan jenis/type kendaraannya. Hal ini lah yang membuat kode SAE oli motor memiliki kode kekentalan yang beragam.Terutama untuk penggunaan di daerah dengan suhu ekstrem.

Setelah kamu memahami arti SAE Oli motor, kamu juga harus paham pengaplikasian oli yang encer dan oli yang kental. Pada kondisi cuaca atau alam yang dingin, oli Encer bakal lebih gampang mengalir.

Sedangkan oli kental bisa berubah menjadi padat dan justru merusak mesin motor kamu akan mesin akan sulit dihidupkan. Lalu pada kondisi mesin panas, oli motor encer nggak bisa ngasih efek pelumasan maksimal di dalam mesin. Maka dibutuhkan oli yang lebih kental.

Baca juga :

Heboh di Jawa Timur, 15 mobil McLaren turun ke jalan

Gampang kan? Selalu gunakan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan mesin kamu, seperti TOP 1 Evolution Series yang mampu menjaga performa mesin terbaik, TOP 1 telah berpengalaman dalam memproduksi oli Full Synthetic berkualitas terbaik.

TOP 1 Evolution Series fully synthetic jelas lebih baik dibandingkan dengan oli non-synthetic biasa, karena memiliki usia pakai lebih lama, tahan terhadap temperatur tinggi dan oksidasi dan melindungi mesin lebih baik dan efesiensi bahan bakar yang lebih hemat

 

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters