Senin, 27 Agustus 2018

Mau Touring Motor? Persiapkan Beberapa Hal Ini

Sebagai anak motor dan berkecimpung dalam sebuah komunitas, pasti Anda akan melakukan perjalanan jauh atau biasa disebut touring. Touring sendiri pada dasarnya adalah cara bersenang-senang. Lebih dari itu, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran berharga saat berkelana menggunakan motor ke tempat jauh bareng teman-teman.

 

Kegiatan touring sangat seru, apalagi jika Anda melewati hamparan sawah serta penduduk yang ramah. Touring juga membuat Anda jadi lebih menghargai sesama pengguna jalan serta membuat Anda lebih cermat dalam mengambil keputusan di jalan. Perjalan jauh bersama teman komunitas memang paling seru dan mengasyikan.

 

Sebelum melakukan kegiatan touring, Anda juga perlu tahu risiko-risiko yang akan dihadapi. Anda harus bisa belajar sabar dan berhati-hati. Kegiatan touring motor juga syarat sekali dengan tantangan dan rintangan yang pasti ada saja yang dihadapi. Pasalnya, Anda berkendara 10-24 jam bahkan bisa berhari-hari. Oleh karena itu, jangan sampai perjalan yang mengasyikan ini berubah menjadi perjalanan kelam.

 

Demi menghindari hal tersebut, Anda disarankan untuk melakukan tips-tips berikut agar lebih siap melakukan perjalanan jauh tersebut. Apa saja tipsnya?

 

Persiapkan Kendaraan

 

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah periksa kendaraan Anda. Kadar sukses atau tidak sebuah perjalanan jauh, rasa aman dan nyaman, dari bagaimana kendaraan Anda berfungsi dengan baik.

 

Anda harus memeriksa minyak rem, kopling (jika kendaraan Anda masih memakai sistem kopling), serta kanvas rem. Lakukan juga servis, baik mesin maupun servis CVT. Selain itu, fungsi kelistrikan perlu Anda periksa. Periksa apakah aki Anda masih layak, lampu dekat dan jauh, serta beberapa elemen kelistrikan lainnya. Sistem pengapian juga jangan luput. Periksa busi atau siapkan busi sendiri jika Anda bisa memasangnya sendiri. Pertimbangkan apakah kontur dan kembang ban masih berlaku dengan baik.

 

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil Ketika Berada Di Tanjakan Macet Bagi Pemula

 

Hal paling penting lainnya adalah ganti oli motor Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. Gunakan oli motor matik maupun manual terbaik dengan teknologi termutakhir. Penggunaan oli motor yang benar bisa menghemat bahan bakar. Sesuaikan kekentalan dan spesifikasi motor apakah harus menggunakan oli motor sintetik atau mineral.

 

Anda disarankan untuk menggunakan oli motor dari Top 1, agar pembakaran dan pelumasan sistem dapat berjalan dengan baik.

 

Faktor lain yang juga harus dipersiapkan adalah perlengkapan keamanan Anda selama melakukan perjalanan. Sebisa mungkin gunakan helm full-face, jaket motor yang sesuai, sarung tangan, celana khusus touring, serta pakai sepatu bot. Persiapkan juga perlengkapan pendukung, seperti jas hujan, masker, dan baju ganti. Jika diperlukan, Anda dapat memasang boks motor maupun tas samping di motor Anda yang berfungsi sebagai bagasi. Jangan lupa juga membawa perkakas motor, kabel, sekring, busi, obeng, dan kunci pas.

Periksa kembali SIM, STNK, serta surat-surat pendukung seperti surat izin kepolisian.

Persiapkan Kesehatan

Anda akan berjalan beberapa ratus km sehingga membutuhkan ketahanan badan yang prima. Penting sekali untuk menjaga kesehatan sebelum Anda melakukan perjalanan jauh. Sebelum hari H, Anda perlu melakukan olahraga kardio. Makanan juga harus dijaga jangan sampai memakan makanan yang kurang sehat. Kebubagaran badan menjadi faktor penting yang harus dijaga. Persiapkan juga obat-obatan atau P3K sendiri.

 

Kondisi Finansial yang Baik

Melakukan perjalanan jauh menggunakan motor pasti membutuhkan banyak biaya. Anda perlu membeli bahan bakar, makan, penginapan (jika Anda mesti menginap), serta biaya-biaya tidak terduga lainnya. Jangan pernah memaksakan untuk terus lanjut touring jika kondisi finansial Anda tidak cukup baik.

 

Ketiga hal di atas tidak bisa dipisahkan ketika Anda ingin melakukan perjalanan jauh, apalagi menggunakan sepeda motor. Selain ketiga hal tersebut, ada beberapa hal lain yang harus Anda persiapkan:

 

Tetapkan Rute Perjalanan 

Penetapan tujuan harus sangat jelas. Disiplin waktu. Menentukan titik-titik peristirahatan sehingga perjalanan menjadi lebih jelas dan tepat guna. Sebelum melakukan perjalanan, biasakan untuk melihat terlebih dahulu di GPS. Hal ini berguna agar Anda dapat memprediksi harus melewati jalur mana, kemacetan, dan sebagainya.

 

Komunikasi

 Saat melakukan perjalanan jauh, biasanya jarak antar teman konvoi akan sangat jauh. Demi selalu dalam satu jalur (in line), Anda perlu menggunakan komunikasi. Selain itu, sepakati isyarat-isyarat tertentu. Hal ini juga berguna untuk memperlancar laju rombongan terhadap kondisi jalan.

 

Beberapa hal di atas perlu menjadi perhatian serta dipersiapkan secara baik jika Anda ingin melakukan perjalan jauh, ya. Inti melakukan perjalan jauh ialah bersenang-senang. Oleh karena itu, dokumentasi perjalanan juga diperlukan untuk menjadi sebuah kenang-kenangan.

Gunakan Selalu Oli Top 1 

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters