Selasa, 15 September 2020

Mengenal 4 Ciri Air Radiator Motor yang Bagus dan Awet

Memiliki air radiator merupakan hal yang penting, apalagi saat berada di kendaraan. Upaya menjaga motor lebih sehat merupakan hal yang baik, apalagi bagi kamu yang menyayangi kendaraan roda dua.

Air radiator motor yang bagus memiliki peran baik dalam menjaga motor tetap awet. Mesin motor yang dipakai dalam waktu lama tentu akan mengalami panas dan hal tersebut lumrah.

Namun bagaimana menjaga motor tetap awet saat dikendarakan dalam waktu lama? Jawabannya adalah air radiator.

Air radiator memiliki fungsi mendinginkan mesin kendaraan atau menjaga suhu kendaraan tetap stabil ketika digunakan.

Pentingnya suhu akan terlihat ketika kendaraan berada dalam jangka waktu pakai yang lama. Biasanya sangat dibutuhkan oleh para pekerja yang mendistribusikan barang, seperti kurir, ojek online, pengantar paket, dan lain sebagainya.

Atau kamu yang suka touring, tentu air radiator itu sangat penting di motor kesayangan kamu. Motor sendiri memiliki berbagai tipe yang menyediakan air radiator, seperti motor matic atau sport.

Tidak sedikit juga motor bebek yang menggunakan air radiator, sebagai contoh Yamaha Jupiter MX.

Apakah motor kamu membutuhkan air radiator? Kalau iya, harusnya tips ini berguna untuk kamu!

1. Memiliki Formula Khusus

Formula khusus kini bisa hadir pada air radiator pilihan kamu. Ingat, bukan air mineral karena memang bukan difungsikan bagi kendaraan.

Air radiator memiliki beragam fungsi dan manfaat, salah satunya adalah menjaga suhu kendaraan tetap stabil dalam waktu penggunaan yang lama.

Ada formula khusus yang digunakan pada air radiator, salah satunya adalah cairan Ethylene Glycol dengan berbagai takaran, baik 20% hingga 50% untuk berbagai macam kebutuhan.

Semakin padat dan intensif kendaraan kamu, baiknya menggunakan kadar yang 50% sob! Fungsi dari formula satu ini adalah menjaga suhu kendaraan tetap aman dan stabil.

Air biasa tentu tidak memiliki fungsi tersebut mengingat berbagai macam kandungan yang justru dapat merugikan motor kesayangan.

2. Tidak Menyebabkan Karat

Karat di dalam mesin? Lumrah terjadi dan rupanya air mineral bisa menjadi salah satu penyebabnya. Mengapa demikian?

Karat timbul karena kadar air yang tidak sesuai dengan peruntukannya, dalam hal ini sifat atau kadar pH yang tidak pas.

Air radiator akan memiliki kadar pH yang basa , sehingga tutup air radiator maupun karet segel akan menjaga air tetap di tangki. Karat juga akan merusak penutup air radiator yang memiliki pelindung dari logam aluminium.

3. Tidak Mudah Menguap

Penguapan akan terjadi bila air terkena paparan suhu yang tinggi. Namun dengan menggunakan air radiator, maka kendaraan kesayangan kamu akan aman dari masalah penguapan.

Air radiator memiliki Ethylene Glycol dan memiliki kadar didih yang tinggi yaitu sekitar 20%. Formula ini memiliki titik didih yang tinggi, jadi tak akan mudah menguap.

BACA JUGA: 4 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Kering dan Cara Merawatnya

Penguapan sendiri membuat tangki air radiator kering. Efeknya? Motor akan mudah panas dan tidak lupa, kinerja mesin akan terhambat.

Apalagi air mineral juga menjadi penyebab utama timbulnya kerak karena pembakaran zat mineral pada suhu yang sangat panas.

Jadi pastikan, air radiator terbaik untuk motor terbaik!

4. Memiliki Warna

Meski tidak ada kepastian, namun air radiator berwarna bisa menjadi indikasi perbedaan dengan air mineral biasa. Kadar warna bisa terjadi karena berbagai sebab, salah satunya formula yang digunakan.

Ada banyak warna yang dihadirkan di air radiator, biasanya hijau atau berwarna merah muda (pink). Keduanya memiliki kesamaan, namun banyak yang beranggapan bahwa berbeda warna berarti berbeda pula kualitasnya.

Namun semua jatuh kembali ke pilihan konsumen. Yang jelas, selalu gunakan air radiator terbaik agar motor kesayangan kamu tetap prima!

Kini TOP 1 POWER COOLANT hadir dengan ukuran 500 mililiter khusus untuk motor kesayangan kamu. Tetap murah dan berkualitas sesuai kebutuhan motor!

Masalah air radiator? Cairan dari TOP 1 ini memiliki berbagai kelebihan untuk memanjakan mesin kamu. Teknologi Reverse Osmosis mampu menjaga motor dengan suhu tinggi, tanpa kerak, tanpa karat!

Ganti TOP 1 POWER COOLANT sekarang di bengkel-bengkel kesayangan kamu!

Atau ganti sendiri dengan belanja online di TOP 1 Store Tokopedia sekarang! Rasakan promo menarik, gratis ongkos kirim, dan tidak lupa produk dijamin asli!

Yuk beralih ke TOP 1 sob!

Rekomendasi untuk kamu: