Kamis, 12 Juli 2018

Pentingnya Mengetahui Kekentalan Oli untuk Kendaraan Anda

 

Dengan beragamnya jenis kendaraan bermotor yang ada saat ini, tentunya berbeda pula spesifikasi dan komponen mesin yang ada. Hal itu pula yang mendukung berkembangnya inovasi terhadap pelumas (oli sintetik maupun oli mineral) kendaraan Anda agar terus bekerja lebih baik.

Salah memakai oli, kendaraan Anda akan terasa tidak bertenaga dan lebih parah bisa merusak mesin. Untuk itu, Anda harus mengetahui sistem pelumasan dengan baik melalui pengetahuan tentang kekentalan oli.

Berbicara tentang oli, oli mesin kendaraan pada dasarnya terbagi atas berbagai jenis kekentalan. Kekentalan juga harus disesuaikan dengan kondisi mesin kendaraan. Sebenarnya, cukup mudah untuk mengetahui kadar kekentalan oli yang akan Anda pakai. Anda bisa mengetahuinya dari kode kombinasi huruf dan angka yang tertera di kemasan oli tersebut.

 

Kenali Kode Kekentalan Oli

Secara garis besar, terdapat dua kode internasional yang umum digunakan pada produsen oli, termasuk Oli TOP 1. Kedua kode ini bisa dikatakan sebagai sebuah standar kelayakan oli. Kedua kode tersebut ialah SAE (Society of Automotive Engineers) dan API (American Petroleom Institute). SAE sendiri adalah sebuah badan internasional yang mengukur dan menerapkan standar kekentalan oli di dunia. Selain itu, kode pada SAE juga menunjukan kemampuan oli menjaga stablitas kekentalan terhadap suhu mesin dan lingkungan sekitar apakah dingin atau panas.

Tak hanya itu, setiap oli kendaraan memiliki kode huruf W yang diambil dari kata winter. Kemudian angka setelahnya menandai jenis kekentalan juga. Semakin besar angka, semakin tinggi pula kadar kekentalannya. Sebagai contoh, salah satu oli sintetik keluaran TOP 1, memiliki SAE 10 W-30 API SN. Itu berarti bahwa tingkat kekentalan oli mencapai angka 30 serta bisa digunakan pada suhu minus 10 derajat celcius. Hal ini berarti bahwa kemungkinan oli untuk membeku atau mengeras pada suhu rendah semakin minim.

Pemakaian kekentalan oli kendaraan harus menyesuaikan suhu lingkungan sekitar pula. Lazimnya, kendaraan di Indonesia memakai kode SAE yang agak lebih tinggi 10-15W dikarenakan cuaca tropis. Namun umumnya, oli menggunakan multigrade di mana kekentalan menyesuaikan pada temperatur mesin. Oleh karena itu, pilih oli yang tepat bagi kendaraan Anda, seperti misalnya produk keluaran oli TOP 1.

Anda juga perlu memperhatikan tahun produksi kendaraan. Biasanya, kendaraan-kendaraan baru disarankan mengunakan oli sintetik yang cair karena lebih maksimal.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kode API. Ada pula perbedaan oli mesin bensin dan diesel. Pada mesin bensin umumnya dimulai dengan huruf “S” dan diesel huruf “C”. Setelah huruf tersebut, biasanya diikuti oleh huruf kedua yang sesuai dengan abjad, misal SA, SB, SC, dan seterusnya. Huruf kedua tersebut menandakan kemutakhiran sebuah mesin kendaraan. Semakin tinggi, semakin modern dan memiliki spesifikasi lebih tinggi. Standardisasi pengabjadan API ini juga disesuaikan dengan perkembangan jenis mobil.

Maka dari itu, Anda sekarang sudah harus lebih memperhatikan kekentalan oli kendaraan Anda.

 

Memilih Kekentalan Oli Kendaraan

Setiap pabrikan kendaraan sebenarnya memiliki rekomendasi kekentalan oli tersendiri. Walaupun begitu, tingkat kekentalan oli bisa berubah seiring usia pemakaian mesin kendaraan Anda. Bila kendaraan Anda sudah 5 - 6 tahun dan terbiasa memakai oli dengan SAE 10W-30, ada kemungkinan Anda harus mengganti ke SAE 10W-40 karena biasanya gir di dalam mesin sudah mulai merenggang dan harus memakai oli yang agak kental.

 

Pilih Oli Terbaik dari Oli TOP 1

Agar mesin kendaraan Anda terjaga, pilihlah produk-produk unggulan dari perusahaan oli yang sudah terpercaya. Oli sintetik dari Oli TOP 1 menyediakan oli dengan standar API SN dan cocok digunakan untuk kendaraan Anda.

Produk TOP 1 memiliki standard dan keunggulan lainnya yang tidak bisa ditemukan di teknologi oli motor maupun mobil lain. Untuk mobil, Oli TOP 1 memiliki aditif Mo3 yang berguna untuk menjaga performa mobil Anda. Sedangkan untuk oli motor sintetik, produk oli TOP 1 sudah menyesuaikan dengan standard JASO MA dan MB.

Oli sintetik TOP 1 menggunakan teknologi dan kualitas unggulan. Oli TOP 1 membuat mesin kendaraan Anda diperforma terbaiknya dengan proteksi yang lebih baik untuk menghasilkan mesin yang bisa dipakai tahan lama.

 

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters