Jumat, 25 Mei 2018

Radiator mobil bocor itu bukan hal sepele! Ini nih yang perlu kamu catat

Pasti kamu sudah paham dong fungsi radiator mobil dalam menjaga kestabilan temperatur mesin mobil. Tapi kamu tahu gak, apa yang akan terjadi kalau radiator mobil kamu mengalami kebocoran?

Saat mobil sedang bekerja, maka mesin mobil akan menghasilkan temperatur yang tinggi, radiator inilah peredam dan penstabilnya. Nah, apabila radiator mobil kamu bocor, mobil kamu bisa overheat dan merusak komponen mesin yang lain lho! Kondisi overheat pada mobil terjadi saat temperatur mesin melebihi batas yang bisa ditoleransi. Ada beberapa faktor penyebabnya, misalnya sistem pendinginan mobil yang sudah rusak atau berkendara terlalu lama.

Untuk memperbaiki bagian radiator mobil yang bocor tergantung pada tipe radiator yang berada di mobil kamu apakah menggunakan aluminium atau menggunakan bahan logam. kalau radiator kamu berbahan dasar plastik pada bagian upper tank dan lower tank cara memperbaikinya tergantung pada tingkat kebocorannya, jika pada upper tank mengalami kebocoran yang kecil atau hanya retak sedikit pada sambungannya dengan radiator, cukup menutup kebocorannya dengan menggunakan lem araldite.

Khusus untuk upper tank yang menggunakan bahan dasar logam, mau tidak mau, kamu harus segera membawa kedaraan kamu ke tempat service radiator ya!

satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan pemilik mobil yaitu membuka penutup radiator saat mesin sedang panas. Hal ini akan menyebabkan penutup terpental lalu cairan radiator akan menyembur dan melukai anggota tubuh kamu. Saat kondisi mesin panas, tekanan di dalam radiator sedang tinggi. Bila penutup dibuka, maka tekanan itu mendorong cairan keluar dengan cepat.

So, kamu harus banget selalu cek kondisi radiator mobil kamu ya, apakah ada kebocoran atau tidak dan cek juga apakah cairan penuh atau sangat kurang. Jangan sampai cairannya kosong, karena kondisi itu sangat berbahaya, dan pastikan juga mobil kesayangan kamu menggunakan TOP 1 Power Coolant dengan teknologi "Long Life Formula" yang memberikan perlindungan lengkap pada sistem pendinginan dan secara optimal mencegah korosi dan tidak menimbulkan endapan mineral.

Suka Artikel ini? Silahkan bagikan ke sosial media favorit kamu ya!

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters