Sabtu, 18 Januari 2020

Rekomendasi Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Melakukan tune up mobil merupakan cara yang ideal untuk mengembalikan tenaga mesin mobil anda. Namun kesibukan dan kurang pemahaman dalam melakukan tune up, membuat kebanyakan pemilik mobil kerap kali “malas” untuk melakukan tune up mobil. Sebenarnya melakukan tune up cukup mudah lho Sob, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebelum memulai anda perlu menyiapkan beberapa peralatan berikut ini :

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Terbaik Untuk Mobil Toyota Calya

 

Alat-alat yang diperlukan untuk tune-up mobil sendiri dirumah adalah:

  1. Kunci pas
  2. Kunci ring
  3. Obeng plus dan minus
  4. Pengukur celah (feeler gauge)
  5. Ampelas
  6. Timing light
  7. Tes kompresi
  8. Kain lap

Ada baiknya peralatan diatas sudah anda siapkan di garasi rumah anda, agar memudahkan anda untuk dapat melakukan tune up mobil secara rutin dan berkala.

Cara melakukan tune up mobil :

 

1.Bersihkan saringan udara (Air Filter)

Komponen saringan udara merupakan komponen yang paling mudah untuk dibersihkan, letaknya berdasa di dalam kotak berbentuk lingkaran yang menyrupai piringan.

Kotak filter udara terbuat dari besi, anda cukup buka bagian cover air filternya dengan mudah. Untuk filter udara yang berbahan dasar busa, anda bisa langsung mencucinya dengan air sabun kemudian keringkan. Namun apabila filter udara anda menggunakan bahan dasar kertas, anda wajib menggantinya dengan filter udara yang baru.

 

Baca Juga : Cara Tune Up Mobil Paling Simple, TOP 1 Evo Engine Tune Up

 

2.Platina

Pada mobil tahun produksi lama, biasanya masih menggunakan platina untuk mengatur pembakaran di dalam mesin. Nah, anda wajib memeriksa platina tersebut sebelum menyetel ulang.

Lepaskan platina, lalu bersihkan secara menyeluruh, kemudian pasang kembali platina pada tempatnya. Putaran stasioner dipengaruhi oleh celah platina, jika celah platina lebih besar, maka pengapian akan maju lebih sedikit dan putaran stasioner akan turun, hal ini berlaku sebaliknya, jika celah semakin sempit maka pengapian akan mundur dan putaran stasioner akan naik.

 

3.Periksa busi dan kabel busi

Sebelum memulai, periksa kabel busi mobil anda, karena nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel businya. Jika kondisi kabel sudah jelek atau usang, ada baiknya anda mengganti kabel busi anda dengan yang baru.

Lalu periksa kondisi busi mobil anda, pastikan kondisi elektroda pada busi anda masih dalam kondisi baik dan bersih. Jika elektrodanya sudah terlihat kotor, anda harus membersihkannya menggunakan amplas besi. Caranya cukup mudah, amplas bagian ujung elektroda dengan cara memutar, ulangi cara ini berkali-kali hingga seluruh kotoran sudah terbuang.

Ada baiknya, ganti busi mobil anda menggunakan busi berbahan dasar iridium, karena memiliki masa pakai yang lebih tahan lama dan menghasilkan pengapian yang lebih fokus. Gunakan busi Duration Ultrairidium yang sudah jelas terbukti memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan busi biasa yang banyak dipasaran saat ini.

 

4.Penyetelan Idle dan Pengapian

Langkah selanjutnya yaitu penyetelan pengapian kemudian idle mobil. Prinsip penyetelan pengapian adalah memutar distributor dalam keadaan mesin hidup sampai memperoleh bunyi mesin yang paling halus dengan tenaga yang paling besar.

Sementara untuk idle, bertujuan menyetel campuran antara udara dengan bensin pada kondisi langsam atau stasioner. Jadi sebelum menyetel campuran idle, putaran mesinnya harus stasioner terlebih dahulu. Jika setelah penyetelan idle, kemudian putaran stasionernya berubah, putaran stasionernya harus disetel ulang.

 

5.Cek Kondisi ACCU

Air accu harus cukup, yakni ketinggiannya antara garis batas atas (upper level) dan garis batas bawah (lower level). Jika air accu jumlahnya kurang, tambahkan dengan accu zur secukupnya.

Ketinggian air accu pada prinsipnya adalah merendam seluruh sel-sel accu sekurang-kurangnya 1 cm di atas sel-sel accu tersebut.

Jika mobil menggunakan accu kering, perawatannya menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan air accu yang bisa berkurang karena penguapan. Kutub-kutub accu juga harus bersih, tidak kotor oleh jamur atau sejenisnya.

 

Baca Juga : Review Radiator Coolant Yang Bagus & Harga Terjangkau

 

6.Gunakan TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP, Setiap kali melakukan pengisian penuh bahan bakar

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP merupakan cairan perawatan system bahan bakan yang telah diformulasikan dengan GEN V Addtive technology, teknologi ini dapat meningkatkan daya sekaligus mengurangi emisi berbahaya.

TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP mampu meningkatkan kinerja mesin dan merawat keseluruhan sistem bahan bakar mobil Anda termasuk: injektor bahan bakar, karburator, katup intake dan intake manifold, Penggunaan produk ini cukup mudah, tuangkan TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP pada tanki bensin anda sesaat sebelum melakukan pengisian penuh bensin mobil anda. Penggunaan secara teratur dapat menjagga kebersihan ruang bakar secara menyeluruh. Gunakan TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP pada kendaraan mobil berbahan bakar bensin, karena produk ini tidak boleh digunakan pada kendaraan diesel

Rekomendasi untuk kamu: