Selasa, 13 September 2016

Rocky Robinson: The Rocket Man

Sejak Dave Campos mencatatkan rekor kecepatan sepeda motor di dunia tahun 1990 di atas Ruxton Harley Davidson, belum ada lagi yang sanggup melebihi kecepatan 518,5 km/jam. Sampai akhirnya 16 tahun kemudian, seorang pecandu kecepatan dari kota kecil Salinas Valley di California, Amerika Serikat, Rocky Robinson, sanggup menembus kecepatan 605,7 km/jam. Pria yang kemudian mendapat julukan The Rocket Man itu berhasil memecahkan rekor World Motorcycle Land Speed Record dengan menunggangi streamliner TOP 1 Ack Attack.

Lingkungannya yang merupakan rumah bagi sejumlah pembalap sepeda motor hebat seperti Ricky Graham, Doug Chandler, dan Bubba Shobert itu telah menjadikan balap motor sebagai bagian terpenting dalam hidup seorang Rocky Robinson. Kariernya sebagai pembalap motor profesional dimulai sejak tahun 1970. Trofi perdananya berhasil diraih tahun 1989 pada Northern California Speedway Championship. Setelah sempat menjajal balap motor trail, Rocky kemudian mencoba land speed racing dan langsung jatuh cinta dengan balap pemecahan rekor kecepatan sepeda motor itu.

Menariknya rekor kecepatan yang dipecahkan oleh penulis buku Flat Out itu hanya bertahan 2 hari saja. Chris Carr yang menunggangi BUB Seven Streamliner berhasil mengalahkan catatan kecepatan tertinggi yang diraih oleh Rocky sebelumnya dengan kecepatan 564,7 km/jam. Namun Rocky dan tim dari TOP 1 Ack Attack tidak patah semangat dan kembali mencoba untuk mengalahkan rekor baru tersebut.

Rocky dan TOP 1 Ack Attack Streamliner akhirnya sanggup mengambil kembali rekor tersebut pada tahun 2008. TOP 1 Ack Attack yang tenaganya disuplay oleh dua unit mesin Suzuki Hayabusha berkapasitas 2,6 liter itu sanggup menembus 580,8 km/jam di Bonneville Speedway.

Memang setahun kemudian, Chriss Carr dengan BUB Seven Streamliner kembali berhasil mencuri rekor Rocky dengan catatan 591,2 km/jam. Tetapi pada akhirnya, Rocky Robinson dengan streamliner TOP 1 Ack Attack tercatat sebagai pemegang rekor kecepatan tertinggi sepeda motor saat ini dengan kecepatan 605,7 km/jam pada 25 September 2010. Catatan ini sekaligus mengukuhkan Rocky sebagai biker pertama di dunia yang pernah menempuh kecepatan lebih dari 600 km/jam.

Walau begitu Rocky dan tim TOP 1 Ack Attack tidak selesai sampai disitu saja, impiannya adalah untuk menembus kecepatan 643,7 km/jam (400 mph) seperti yang ia sampaikan kepada kami berikut ini:

Hi Rocky, apa yang paling kamu sukai dalam hidupmu?

Balapan dan bekerja dengan tim untuk menciptakan rekor sepeda motor pertama tercepat di dunia yang bisa mencapai kecepatan 643,7 km/jam (400 mph) . Selain itu saya juga senang menulis.

Apa yang kamu rasakan setelah kamu berhasil memecahkan rekor dunia 605,7 km/jam dengan TOP 1 Ack Attack yang diakui oleh FIM dan Guinness?

Rekor tersebut adalah pencapaian terbesar saya dan tim. Tentu saja saya sangat gembira akhirnya kerja keras dan dedikasi seluruh kru tidak sia-sia. Apalagi mengingat resiko yang saya hadapi saat berkendara dalam kecepatan setiggi itu, kru harus mempersiapkan segalanya dengan sempurna, dan beruntung saya selamat hari itu.

Hikmah apa yang kamu dapatkan dari keberhasilan tersebut?

Awalnya tujuan kami hanya untuk memecahkan rekor 518,5 km/jam yang dicetak Dave Campos tahun 1990. Kami berhasil melampauinya pada percobaan pertama. Tetapi rekor tersebut hanya bertahan dua hari. Kami tidak menyerah, kami pun kembali mencoba merebut rekor tersebut namun tim justru mengalami 2 kali insiden fatal dan harus kehilangan Cliff Gullet. Pada tahun 2008 kami akhirnya berhasil merebut kembali rekor tersebut. Semangat yang sama yang membawa kami akhirnya bisa meraih rekor yang kami pegang kini.

Saya rasa hikmahnya adalah, tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan bila kamu percaya diri dan yakin pada tim yang mendukungmu. Bahkan, tahun 2010 kami sempat mencatatkan 646,5 km/jam. Sungguh siapa yang menyangka kami bisa membuat sepeda motor yang menembus kecepatan maksimum 643,7 km/jam.

Apa pendapatmu mengenai TOP 1 OIL U.S.A.?

Perusahaan dan keluarga besar TOP 1 OIL U.S.A. memang yang terbaik. Oli motor yang kami pakai itu telah terbukti tetap bekerja optimal meski digunakan dalam kondisi ekstrim sekali pun. Semua pihak di TOP 1 OIL U.S.A. sangat suportif dan telah banyak membantu kami sampai kami akhirnya mampu menciptakan sepeda motor yang paling kencang di dunia.

Apa mobil dan sepeda motor kesukaanmu? Mengapa?

Saya lebih suka naik mobil besar. Saat ini saya mengendarai Toyota Tundra LTD Double Cab. Sepertinya saya lebih mengutamakan fungsi ketimbang desain. Tapi kalau soal sepeda motor beda lagi. Saya memiliki Suzuki GSXR 1000 terbaru dan Moto Guzzi 1200 Sport. Suzuki sangat kencang, ringan, dan sangat menyenangkan dikendarai di jalanan yang berkelok-kelok. Yang Moto Guzzi saya namakan Smoke. Motor buatan Italia yang cantik ini suara kenalpotnya enak sekali didengar. Dan tentu saja motor ini tidak banyak dimiliki orang lain. Keduanya selalu berhasil membuat saya tersenyum, itulah kenapa saya lebih senang naik motor.

Apalagi tujuan hidupmu setelah berhasil mencetak rekor kecepatan?

Kami berusaha keras untuk bisa menembus rekor 643,7 km/jam. Selain itu saya juga sedang menyelesaikan buku kedua saya. Kali ini saya menulis buku fiksi tentang biker, semoga banyak yang menyukai buku saya.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters