Kamis, 12 Juli 2018

Seberapa Penting Motor Harus Melakukan Servis Besar

 

Motor tidak hanya dirawat dengan mengandalkan servis rutin bulanan, namun Anda juga harus melakukan servis besar. Rutinitas melakukan servis ringan, tidak menjamin kondisi motor akan sehat-sehat saja. Apalagi jika Anda sering menggunakan motor Anda sehari-sehari. Ada faktor lain yang mesti bisa menyebabkan mesin motor mengalami gangguan. Oleh karena itu, servis besar perlu dilakukan.

 

Banyak pengguna motor yang masih menyepelekan keuntungan dari melakukan servis besar. Padahal, servis besar membantu mesin motor Anda untuk kembali ke performa awalnya.

 

Servis besar sendiri merupakan perawatan motor yang mengharuskan mesin motor Anda dibongkar. Ada pembersihan ruang bakar, penggantian oli motor, serta banyak penyetelan  ulang mesin motor Anda. Hal ini perlu dilakkan karena pada jarak tertentu ruang bakar mesin Anda pasti memiliki kerak yang menggangu proses pembakaran. Pada servis macam ini, umumnya mekanik akan mengecek seluruh komponen mesin Anda. Tak heran, di Indonesia, servis besar juga dikenal sebagai turun mesin.

 

Tidak hanya melakukan pembersihan dan pengecekan, melainkan pergantian komponen yang dirasa sudah tidak menunjukan performa terbaiknya. Biasanya, langkah ini dilakukan bagi motor yang jarang melakukan servis ringan.

 

Jika motor Anda mengeluarkan asap putih, ada baiknya Anda harus mengganti piston, ring piston, dan packing full set tersebut. Biasanya, masalah tersebut terjadi karena piston dan ring piston sudah tidak bisa berpresisi secara baik sehingga membuat oli merembes ke ruang bakar.

 

Dari penjelasan di atas, Anda bisa memamahi betapa pentingnya servis besar dilakukan, bukan? Namun, kapan sebaiknya motor melakukan servis besar?

 

Jawabannya tergantung. Setiap mesin motor memiliki karakteristik masing-masing. Hal tersebut juga tergantung dengan berapa seringnya Anda menggunakan motor tersebut. Ada yang harus melakukan servis besar setiap 30 ribu km, 15 ribu km, ataupun dua tahun sekali. Intinya, jika Anda menggunakan motor secara sembarangan dan merasa kondisi motor tidak dalam performa terbaiknya, Anda harus segera melakukan servis besar.

 

Sebagai pengendara motor, Anda harus bisa merasakan kerusakan mesin Anda. Biasanya, jika mesin motor Anda bunyi di atas tiga ribu rpm, itu menandakan bahwa Anda harus segera melakukan servis besar. Sebenarnya, servis ini juga harus dilakukan secara berkala sesuai yang tertera di buku manual motor Anda.

 

Pengerjaan service besar juga lumayan membutuhkan banyak waktu. Mekanik akan menyesuaikan waktu tergantung dengan kondisi mesin motor. Ada yang membutuhkan waktu selama satu hari, namun tak jarang menghabiskan waktu hingga tiga hari.

 

Jika begitu, apa saja komponen yang diperiksa saat servis besar?

 

  • Membongkar head, membersihkan piston, jika dirasa piston sudah tidak layak pakai maka mekanik akan menggantinya. Mengganti ring piston dengan yang baru
  • Membersihkan ruang bakar, mengganti sil dan skir klep, dan menyetel klep
  • Mengganti filter oli serta ganti oli motor. Ada baiknya Anda menggunakan oli sintetik agar proses pembersihan lebih mulus
  • Membersihkan karburator atau CVT. Memeriksa rantai atau van belt.
  • Memeriksa aki, sistem kelistrikan, aki, suspensi depan dan belakang

 

Beberapa hal tersebut, secara garis besar, komponen yang akan diperiksa atau diganti saat servis besar motor.

 

Tips Setelah Melakukan Servis Besar

 

Saat Anda telah selesai melakukan servis besar, sebaiknya anda menyalakan motor dengan menggunakan kick starter. Hal ini perlu dilakukan karena memperlancar sirkulasi oli saat dipakai. Langkah ini akan membuat mesin motor Anda akan berjalan normal dan terjaga performa mesinnya.

 

Anda juga wajib menanyakan waktu yang pas untuk melakukan servis besar kepada mekanik. Tidak hanya itu, lakukan perawatan rutinan seperti ganti oli motor dan servis ringan agar waktu melakukan servis besar bisa lebih lama. Dapat disumpulkan, servis besar pada motor sangatlah penting untuk dilakukan.

 

Ganti oli motor juga harus memperhatikan fungsi oli yang sesuai. Biasanya, oli dengan teknologi yang baik (seperti produk-produknya oli TOP 1) akan membuat mesin motor Anda semakin terjaga. Oli motor juga sebenarnya sangat berpengaruh dalam menjaga kinerja mesin. Oleh karena itu, pakailah oli sintetik terbaik dari oli TOP 1.

 

Oli TOP 1 menyediakan banyak jenis oli yang bisa diimplementasikan sesuai teknologi dan spesifikasi mesin motor Anda. Topang juga komponen lain dengan menggunakan produk perawatan oli TOP 1 untuk melumasi fork, chain wax, dan bearing grease.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters