Minggu, 31 Juli 2016

Silk Way Rally, Balapan Lintas 3 Negara Dalam 17 Hari

1. Awal perjalanan

Ajang rally yang melintasi 3 negara ini dimulai pada 9 Juli 2016 di Red Square, Moskow, Rusia. Dalam rute pertama, pembalap TOP 1  ditantang melewati Moskow - Kaza. Mulai dari Luzhniki Olympic Center melaju ke Ibu Kota Republik Tartastan. Rute pertama ini, akan menentukan nilai para pe-rally di rute selanjutnya.

2. Jalan Yang Sangat Berlumpur

Rally pun dilanjutkan menuju rute kedua pada 11 Juli di rute Ufa - Costa. Rute ini merupakan rute rally terakhir di Negeri Beruang Merah di mana para perally harus menghadapi track berlumpur sejauh 200 km. Kepiawaian dalam mengemudi akan menjadi penentu keberhasilan seluruh pembalap dalam meraih poin.  

3. Keseruan Track

Keesokan harinya, para perally pun berhasil melewati trek berbahaya yang terbentang di antara Ufa dan Costa. Dan mereka pun menghadapi tantangan selanjutnya dari Costa menuju Astana, Turki. Di rute ini, mereka harus memacu tunggangannya di jalanan yang penuh kerikil, melewati parit.

4. Bagian Paling Tangguh

Dalam rute ke lima yang membentang antara Astana dan Balkhash, ketangguhan perally harus menyesuaikan kecepatan mobilnya dengan air. Karena mereka melewati genangan air yang tinggi, jalan berlumpur dan pasir secara silih berganti. Mereka pun berpacu dengan waktu. Oleh karena itu, trek ini menjadi salah satu trek penentu di ajang rally tiga negara ini. 

5. Medan Paling Beraneka Kondisi

Sementara itu di jalur ke-6, yaitu Balkash - Almaty. Berbeda dengan track sebelumnya, jalur Balkash - Almaty merupakan daerah yang subur yang dipenuhi padang rumput. Namun tak lama kemudian, para perally dihadapkan dengan bukit pasir. Trek rally ini pun kerap dipandang sebagai medan yang beraneka ragam.

6. Uji Keterampilan Mengemudi Paling Sulit

Di rute ketujuh jalur Almaty - Bortala, para perally disuguhkan dengan pemandangan pegunungan. Para perally pun harus menaklukkan trek tanjakan yang tingginya mencapai 2.000 hingga 2.600 meter di atas permukaan laut. Perally kerap menjumpai satwa liar yang banyak melintas di sepanjang jalur khusus ini!

7. Jalan Terbaik

Perally pun sampai di Golden Beach pada 18 Juli di mana mereka harus bertarung di medan offroad yang terbentang di antara Uhumqi dan Hami. Mereka juga harus melewati daerah pasir berbukit. Track ini pun kerap dinyatakan sebagai trek terindah di sepanjang Russia hingga China. 

8. Bagian yang paling menyenangkan

Keseruan petualangan lintas 3 negara itupun berlanjut hingga ke jalur 10 yang membentang antara Hami dan Dun Huang. Mereka menyeberangi sungai, melewati tebing tinggi pegunungan. Meski perjalanan tampak menyenangkan, mereka tetap harus berhati-hati ketika melewati track berbatu yang bisa merusak ban mobil.

9. Jalur Terpanjang

Setelah jalur Hami - Dun Huang, mereka memasuki track terpanjang. Track ini membentang di antara Jiayuguan - Alxa, wilayah terpanjang di China. Perally berpotensi terjatuh ke dalam bukit pasir yang cukup berbahaya. 

10. Lintasan Terakhir

Dan lintasan terakhir yang mereka lalui pada 23 Juli adalah track yang membentang dari Wuhai sampai Hohhot, track ini sekaligus menjadi track tersulit. Mereka harus berkompetisi di jalanan pasir dan tol. Namun keberhasilan di babak ini akan memberikan nilai besar bagi para perally.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters