Kamis, 14 November 2019

Telat Ganti Oli Mobil? Ini Bahayanya!

Oli pada mobil memiliki fungsi sebagai pelumas. Selain itu, Oli juga berfungsi untuk membersihkan dan menjaga mesin mobil agar tidak retak atau tergerus yang diakibatkan oleh gesekan antara komponen mesin mobil.

Salah satu cara menjaga agar mesin mobil dapat bekerja secara optimal adalah dengan menggunakan oli yang tepat dan mengganti oli sesuai dengan standar.

Oli mobil memiliki jangka waktu tertentu untuk diganti. Pernah nggak sih Anda lupa mengganti oli mobil? Umumnya, masa penggantian oli mobil ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin mobil bekerja dan seberang sering mobil Anda digunakan.

 

Baca Juga : Oli Honda Brio Satya Terbaik Yang Cocok Untuk Mesin

 

Mesin mobil akan menjadi rusak apabila Anda telat mengganti oli atau bahkan tidak menggantinya sama sekali.

Untuk lebih lengkapnya, simak bahayanya lupa mengganti oli mobil berikut ini, yuk, Anda.

Kualitas Mesin Menurun

Bagian pada mobil yang paling pertama mendapat dampak dari oli yang lupa diganti adalah mesin mobil.

Oli yang tidak diganti tepat waktu akan berpengaruh besar pada kinerja mesin mobil. Pada dasarnya, oli memiliki fungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja mesin.

Oli yang tidak diganti akan menjadi semakin hitam dan kental. Hal tersebut menyebabkan fungsi oli sebagai pelumas seluruh komponen mesin akan menurun.

Tentunya juga berdampak pada turunnya kinerja mesin mobil. Selain itu, suara mesin juga akan terdengar semakin kasar. Bahkan bisa saja mesin mobilmu akan sulit dinyalakan saat pertama kali ingin digunakan di pagi hari.

Overheating

Kondisi di mana mesin mobil mengalami kenaikan suhu dan menjadi sangat panas dinamakan overheating.

Performa kerja oli mobil sebagai pendingin mobil tidak akan menjalankan fungsinya secara maksimal apabila oli jarang diganti.

Hal tersebut mengakibatkan mobil akan menjadi cepat panas atau mengalami overheating.

Boros Bensin

Gesekan yang terjadi antara komponen-komponen pada mesin mobil akan berkurang dengan adanya oli mobil sebagai pelumas mesin mobil. Gesekan yang halus akan membuat performa kerja mobil semakin meningkat. Tentunya juga akan semakin nyaman digunakan.

Namun, hal yang sebaliknya akan terjadi apabila oli mobil tidak berfungsi secara optimal.

Oli mobil yang jarang diganti akan berpengaruh dan membuat gesekan akan semakin kuat dan tarikan akan semakin berat.

Hal tersebut menyebabkan mesin memerlukan sumber tenaga tambahan yang lain, yaitu bensin. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan terjadi, bensin yang digunakan pada mobil akan menjadi cepat habis

 

Baca Juga : Empat Pembalap Formula Drift Terbaik Dari Oli TOP 1 di Amerika

 

Rusaknya Komponen-komponen Mesin

Oli akan menjadi kental dan kotor apabila sudah lama tidak diganti. Ternyata, hal tersebut juga akan mengakibatkan rusaknya komponen-komponen dalam mesin.

Komponen-komponen mesin yang terkena dampaknya tersebut, di antaranya silinder dan piston.

Sederhananya, oli mobil yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil akan menyebabkan mesin bekerja lebih dari biasanya.

Hal tersebut berpotensi memunculkan karat, goresan, dan bahkan bisa saja memunculkan kebakaran.

Nah, itulah empat bahaya yang akan terjadi jika Anda lupa atau malas mengganti oli pada mobil. Penggantian oli mobil tidak membutuhkan waktu yang lama.

Anda juga bisa melakukan ganti oli sendiri di rumah. Hal tersebut berarti bahwa mengganti oli mobil secara rutin tidaklah sulit. Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, Anda juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan mesin akibat oli yang tidak diganti.

Semua tergantung Anda. Pilih mana? Pilih rutin mengganti oli mobil atau rutin memperbaiki mesin mobil? Kalau pilihanmu jatuh pada opsi pertama, jangan lupa untuk selalu lakukan penggantian oli mobil secara berkala dan sesuai standar yang ditentukan, ya, Anda.

Pilihan Oli Terbaik Untuk Mobil Anda

TOP1 HP Sport menggunakan bahan dasar (base-oil) 100% sintetik sebagai bahan dasarnya, sehingga sangat stabil dan lebih tahan pada temperatur tinggi.

Hal inilah yang membuat TOP1 HP Sport memiliki masa pakai yang lebih lama.

Selain itu oli TOP 1 HP Sport juga menunjang spesifikasi mobil keluaran terbaru dan mobil LCGC, karena TOP1 HP Sport telah melampaui standar pabrikan dan memenuhi standar tertinggi dari International Lubricant Standardization and Approval Commitee (ILSAC) GF-5.

Hal inilah yang membuat pelumas TOP1 HP Sport mampu melindungi mesin hingga ke celah tersempit sekalipun dan mampu melindungi pada situasi jalanan tak menentu dan kemacetan.

TOP1 HP Sport juga hadir dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp 95 ribu - Rp 99 ribu per liter, dengan segala keunggulan yang dimiliki dan harga yang terjangkau, inilah yang membuat TOP1 HP Sport menjadi pilihan oli mobil terbaik.

 

Baca Juga : TOP 1 HP Sport, Oli Terbaik Untuk Mobil Mitsubishi Xpander

 

Oli TOP1 HP Sport juga hadir dengan tingkat kekentalan yang beragam, mulai dari SAE 0W-20 dan 5W-30 yang cocok untuk mobil LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya.

Selain itu oli encer TOP 1 HP Sport yang berbahan dasar Full Synthetic ini juga sangat cocok dan sesuai dengan rekomendasi buku manual mobil mobil keluaran terbaru seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Honda HR-V.

 TOP1 HP Sport juga tersedia dengan tingkat kekentalan SAE 10W-40 dan 15W-40 yang bisa menjadi pilihan mobil harian yang lebih lama seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Rekomendasi untuk kamu:

Kamis, 14 November 2019
Kamis, 14 November 2019
Newsletters