Senin, 29 Oktober 2018

Tips Mencuci Mesin Mobil Sesuai Standar

Merawat mobil tidak hanya tentang ganti oli, memakai oli sintetik terbaik, maupun melakukan servis rutinan.

Kamu juga perlu sekali memperhatikan kebersihan mobil. Tidak hanya eksterior dan interiornya saja, kebersihan mesin mobil juga butuh perawatan. Hal tersebut berkaitan dengan kesehatan mesin mobilmu juga. Dengan menjaga mesin mobil selalu bersih, kinerja mobil juga akan bekerja dengan maksimal. Akan tetapi, membersihkan mesin di dalam kap mobil memang perlu ketelitian yang tinggi serta menggunakan bahan-bahan yang sesuai standar.

Pentingnya Mencuci Mesin Mobil

Beberapa poin penting ini bisa menjadi landasan agar kamu lebih memperhatikan kebersihan mesin mobilmu:

  • Menjaga kondisi konektor listrik agar bekerja maksimal
  • Mencegah terjadinya hambatan pelepasan panas akibat kotoran-kotoran yang menumpuk pada mesin mobil
  • Kerja kipas pada radiator mesin dan pendingin udara akan makin ringan.

Karena pentingnya mencuci mesin mobil, ada baiknya kamu mengikuti tips berikut ini. Tips mencuci mesin mobil ini bisa juga kamu kerjakan di rumah.

Kelistrikan pada Mesin

Anda perlu memeriksa bagian paling sensitif terhadap percikan air, yaitu komponen kelistrikan. Periksa bagian ECU, sekring, serta komponen lainnya. Gunakan alumunium foil atau apapun untuk melindungi sistem kelistrikan dari percikan air.

Jangan sampai terlewat juga melakukan pengecekan pada tutup oli mesin dan dipstick, ya.

Baca juga: Beli OLI Online di BliBli

Pilih Bagian yang Paling Mudah

Bersihkan komponen mesin mobil mulai dari bagian bawah kap mobil. Kamu juga perlu mengalasi permukaan dengan koran bekas, ya agar tetesan minyak tidak jatuh ke lantai.

Kamu perlu memanaskan mobil selama kurang lebih 1-3 menit agar mesin menjadi lebih hangat.

Cara mencuci mobil

  1. Usahakan mesin dalam kondisi hangat. Jangan terlalu dingin maupun terlalu panas. Akan tetapi, kalau terlalu dingin kamu bisa panaskan sekitar satu menit. Sebaliknya, jika terlalu panas tunggu hingga panas.
  2. Cabut kunci hingga benar-benar kendaraan berada dalam posisi mati. Jika diperlukan, kamu perlu mencabut aki. Biasakan cabut sisi negatifnya terdahulu baru positif.
  3. Tutupi semua komponen penting dan elektrikal menggunakan plastik atau bisa juga dengan aluminium foil. Misalnya lubang isap udara, soket kelistrikan, sensor, koil dan lainnya. Perhatian khusus juga perlu untuk lubang isap. Masuknya air di daerah ini efeknya water hammer!
  4. Bersihkan bagian-bagian permukaan mesin dan celah-celah menggunakan engine degreaser. Banyak produk yang ditawarkan berbagai toko perlengkapan mobil. Gunakan sikat kecil dan halus, bisa juga dengan kuas.
  5. Kombinasikan pembersihan dengan campuran air dan detergen. Tapi ingat, bersihkan bagian per bagian lalu bilas. Ini menghindari cairan detergen kering duluan dan malah menimbulkan kerak yang sulit dihilangkan.
  6. Bilas, bisa menggunakan semprotan air bertekanan rendah. Jangan terlalu bernafsu membilas, karena ini biasanya menjadi momen lalai dengan menyemprot teralu keras ke bagian penting mobil.
  7. Lap dengan kain lembut atau bahan plas chamois. Singkirkan lapisan pelindung plastik yang dipasang sebelum mencuci mesin. Biarkan beberapa saat agar benar-benar kering. Pastikan komponen kelistrikan tetap tak tersentuh air.

Baca juga: Kelebihan Oli Full Synthetic Daripada Oli Biasa Untuk Mobil Kamu

Komponen-komponen berikut pelru kamu perhatikan: delco, busi, altenator, fuse box, engine control unit, dan segala hal barang elektrikal.

Gunakan Selalu Oli Top 1

Oli TOP 1 memiliki beragam jenis oli dan SAE untuk berbagai jenis motor. Oli TOP 1 secara resmi disetujui oleh berbagai pabrikan otomotif bergengsi sebagai oli standard pabrikan. Oli TOP 1 menghadirkan wawasan teknologi kelas dunia untuk produknya. Selain itu, TOP 1 juga menawarkan kepada Anda formulasi terbaik untuk kendaraan dengan zat aditif berkualitas tinggi untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters