Kamis, 12 Juli 2018

Tips dan Informasi Seputar Servis Tune Up Mesin Mobil

Memiliki kendaraan bermotor seperti mobil berarti harus siap dengan konsekuensi merawatnya. Perawat sederhana seperti ganti oli mobil itu menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Dengan merawatnya, mobil akan berada di performa terbaiknya serta mesin akan hidup lebih lama. Hal itu juga akan membuat banyak keuntungan bagi Anda serta mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan.

Berbicara perawatan mobil, sebagian besar dari Anda mungkin hanya tahu bahwa ganti oli mobil dan service rutin itu sudah cukup. Namun sebenarnya, mobil perlu melakukan tune up. Tune up perlu dilakukan karena seiring seringnya mobil digunakan, maka kemungkinan performa mesin menurun itu ada.

 

Secara garis besar, tune up itu merupakan servis kendaraan untuk menjaga dan meningkatkan performa dan sistem pada mobil. Oleh karena itu, melakukan tune up secara rutin seperti servis lainnya perlu dilakukan

 

Tujuan Tune Up Mobil

 

  1. Menjaga performa dan stabilitas mesin mobil
  2. Menghindari terjadinya kerusakan
  3. Memastikan sistem dan komponen berada pada kondisi baik dan sesuai spesifikasi yang ada di buku manual

 

Sebenarnya, Anda dapat mengerjakan sendiri servis tune up di rumah karena relatif lebih mudah dilakukan. Dengan catatan, Anda memiliki alat-alat sendiri serta memiliki pengetahuan mendalam terhadapan mesin dan sistem serta komponen-komponen yang berada di mobil Anda.

 

Alat-alat ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika salah satu alat tidak ada, maka Anda tidak bisa melakukan servis tune up sendiri. Adupun alat-alat yang diperlukan ialah: kunci pas, ring, obeng plus-minus, pengukur celah (feeler gauge), ampelas, timing light, tes komperasi, dan kain lap.

 

Selain alat-alat harus memadai, melakukan servis tune up pun harus dilakukan secara prosedural atau berututan.Tujuannya adalah agar tidak ada komponen yang terlewat sehingga terjadi pengulangan. Selain itu, biasanya pabrik keluaran mobil kesayangan Anda telah memiliki aturan mengenai servise tune up itu sendiri. Perlu diingat kembali, servis tune up akan menghabiskan banyak waktu karena memang banyak komponen yang harus diperiksa.

 

Apa Saja Komponen dan Bagian pada Mobil yang Diperiksa?

 

Pada umumnya, servis tune up meliputi pemeriksaan busi, celah katup, karburator, tali kipas, sistem pendingin, saringan udara, hingga putaran idle. Adapun lengkapnya seperti ini:

 

  • Saringan udara

Saringan udara bisanya terlebih dahulur diservis karena saringan udara merupakan komponen yang paling dingin. Selain itu, saring udara berpengaruh juga terhadap pembentukan campuran udara dan bensin saluran gas.

 

  • Tutup distributor

Tutup distributor diperiksa bersamaan dengan kabel-kabel busi dan platina. Hal ini dimaksudkan agar menghemat waktu kerja.

 

Sebelum menyetel pengapian dan putaran stasioner, biasanya celah platina diperiksa terlebih dahulu. Biasanya ada celah yang lebih besar, hal itu akan membuat pengapian menjadi maju sedikit. Begitupun sebaliknya.

 

Putaran stasioner juga masih berkaitan dengan celah platina. Oleh karena itu, penyetelan putaran stasioner dan campuran gas diservis sebelum platina.

 

Sebelum dipasang lagi tutup distributornya, biasanya mekanik akan memeriksa kualitas pengapian yang dipengaruhi oleh nyala api busi dan kabel-kabelnya. Sebelum mengganti busi, biasanya memang mekanik memeriksa fungsi kabel-kabelnya terlebih dahulu.

 

  • Periksa Accu (Aki)

Aki juga termasuk yang akan diperiksa. Biasanya, kutub-kutub aki dibersihkan dari jamur dan karat. Jika ada jamur, kutub-kutub aki dibersihkan dengan air hangat, sedangkan karat dengan ampelas.  Selain itu, minta mekanik untuk mengecek air aki. Jika air aki kurang berakibat pada kinerja aki yang tidak maksimal sehingga arus tidak mencukupi kebutuhan akan aliran listrik pada mobil.

 

  • Celah katup

 

Celah katup juga mesti disetel ulang. Ketika disetel ulang, busi tidak perlu dipasang dulu. Hal ini membuat putaran celah katup menjadi lebih ringan saat mencari posisi top kompresi masing-masing silinder.

 

Sedangkan bagian busi yang dipersika adalah elektrodanya. Kebersihan dan celahnya. Elektroda yang kotor harus diampelas dengan ampelas besi dan elektroda positif-negatif tidak boleh berhubungan.

 

 

  • Idle

 

Setelah serangkaian di atas, penyetelan idle merupakan penyetelah paling akhir dalam tune up mesin mobil. Sebelum menyetel campuran idle, putaran mesin harus stasioner dulu. Pada prinsipnya, menyetel idle merupakan campuran antara udara dengan bensin pada putaran idling.

 

  • Tali Kipas

Tali kipas juga perlu diperiksa. Kekencangan tali kipas itu mempengaruhi pendinginan dan putaran alternator. Jika kendor, pendingan oleh kipas tidak sesuai dengan putaran mesin sehingga menjadi panas. Tak hanya itu, kejadian itu akan merembet ke putara alternator yang juga tida bisa maksimum sehingga pengisian ke baterai kurang baik.

 

Jadi, beberapa komponen di atas merupakan hal wajib yang akan diperiksa ketika melakukan servis tune up mobil.

Selain hal di atas, gunakan juga pelumas dari oli TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP sebagai penunjang servis tune up mobil Anda. Oli sintetik EVO ENGINE TUNE UP merupakan perawatan sistem yang dibutuhkan oleh mesin mobil. Oli yang diformulasikan dengan GENERATION IV Additive Technology bertugas untuk meningkatkan tenaga dan mengurangi emisi berbaya. Bertugas juga untuk membersihkan dan memelihata sistem bahan bakar dan tentunya meningkatkan kinerja mesin.

 

Oli TOP 1 EVO ENGINE TUNE UP membersihkan seluruh sistem bahan bakar termasuk injektor, karburator, katup, intake manifold, dan sebagainya.

Rekomendasi untuk kamu:

November 19, 2015
Newsletters