Tips dan Trik Memilih Oli Motor

Tips dan Trik Memilih Oli Motor

Memilih oli motor memang terkadang sangat tricky. Pasalnya, itu akan berhubungan dengan performa mesin motor Anda. Bila salah dalam memilih, mesin motor akan cepat mudah rusak dan tidak bisa digunakan seperti pertama kali Anda membelinya. Masing-masing oli mempunyai karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Sebenarnya, sangatlah mudah dalam memilih pelumas motor apa yang akan Anda gunakan untuk mesin Anda. Ada dua hal utama yang harus Anda perhatikan. Pertama, kadar kekentalan pada oli (SAE); kedua, tingkat kualitasnya berdasarkan API service.

API service sendiri merupakan American Petroleum Institute, sebuah lembaga kredible bertugas  mencoba dan memeriksa kualitas oli di negara eropa dan Amerika. Semua merk dagang oli impor harus mempunyai standar API, seperti oli sintetik yang dikeluarkan oleh Oli TOP 1.

Baca juga : 

Vlogger Bayu Skak dan Harald Terbang Ke Amerika Bareng Oli Top 1!

Sedangkan SAE, merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers. SAE berfungsi untuk mengetahui kode pengenal oli berupa angka. Semakin besar angka di belakang menandakan kentalnya oli tersebut.

Setelah Anda mempelajari dua hal mendasar tersebut, sudah dipastikan Anda akan lebih paham tentang memilih oli motor terbaik untuk kendaraan Anda. Selanjutnya, di bawah ini ada tips dan trik sebelum memilih oli yang benar untuk kendaraan Anda.

 

Perhatikan Karakter Mesin Kendaraan

Anda juga harus memperhatikan juga bahwa setiap oli motor itu mempunyai karakteristik mesin yang berbeda. Hal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui spesifikasi mesin terlebih dahulu. Ini menjadi penting karena Anda tidak bisa memakai oli motor manual untuk ke oli motor matic, takutnya, akan terjadi sesuatu pada mesin Anda.

Anda harus proaktif untuk bertanya kepada montir di bengkel resmi, pelajari lebih lanjut kendaraan Anda pada manual book, atau mencari tahu di mesin pencarian di internet. Setelahnya, silakan pilih oli dengan spesifikasi yang pas untuk mesin kendaraan Anda.

 

Cari Tahu Bahan Dasar Pembuatan Oli

Bahan dasar pembuatan oli juga harus Anda perhatikan. Berbeda spesifikasi mesin, berbeda juga bahan dasar yang digunakan. Berikut ini beberapa bahan dasar pembuatan oli:

  1. Oli mineral

Oli ini menggunakan penyulingan mineral dari bumi. Karena ini merupakan teknologi pertama, oli mineral sudah mulai ditinggalkan. Namun, masih ada beberapa mesin kendaraan motor yang masih harus menggunakan jenis oli ini.


  1. Oli Sintetik

Oli sintetik merupakan teknologi penyulingan terakhiran. Oli ini diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil dan sesuai dengan mesin kendaraan bermotor Anda. Terbuat dari bahan dasar produk petroleum seperti ettylene, mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik.

Bila Anda menginginkan oli sintetik terbaik saat ini, pilihlah Oli TOP 1 sebagai oli motor matik maupun sport Anda secara regular. Oli Top 1 menjamin akan menjaga performa mesin seperti awal lagi.

 

  1. Oli semi-sintetik

Oli ini merupakan paduan antara oli mineral dan sintetik. Kualitas ini berada di tengah antara mineral dan sintetik. Dari segi harga, di bawa dari harga sintetik.

 

Kekentalan Oli

Anda jangan sampai salah memili oli motor untuk penggunaan harian. Banyak orang yang berpikir bahwa dengan menggunakan oli encer akan lebih bagus. Padahal, itu tidak sama sekali benar. Yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar.

Bila Anda sering menggunakan motor Anda berpergian namun jalan yang sering Anda lalui itu sering macet, menggunakan oli encer bukanlah pilihan bijak. Oli motor encer akan menguap dan membuat asap keluar dari knalpot Anda.

 

Ganti Secara Berkala

Penggunaan oli harus Anda ganti secara berkala. Oli tidak hanya sebagai pelumas mesin saja, melainkan mempunyai kegunaan lain sebagai pelindung karat, menjaga kestabilan suhu mesin, dan pembersih serta menutupi celah dinding ng mesin supaya tidak mudah terkena korosi.

Bila Anda rutin menggunakan motor Anda, oli motor Anda harus diganti ketika jarak sudah 2000 km. Itulah tips dan trik dalam memilih oli motor agar motor Anda selalu di dalam performa terbaiknya.

© PT Topindo Atlas Asia 2024