Badai DP tak pengaruhi penjualan Toyota

Badai DP tak pengaruhi penjualan Toyota

Sepanjang 2012 Toyota membukukan rekor penjualan sebanyak 405.414 unit atau tumbuh 30,5 persen dibandingkan dengan 2011. Pencapaian ini diraih berkat pertumbuhan penjualan di semua segmen, termasuk kendaraan niaga.

Seperti diprediksi sebelumnya, imbas badai kenaikan uang muka tidak berdampak besar bagi penjualan kendaraan komersial. Tahun lalu penjualan Toyota di segmen ini cukup menggembirakan.

Sepanjang 2012, Toyota mengalami pertumbuhan penjualan di semua segmen, termasuk kelas pick up, kendaraan 2 ton, maupun commercial van. Segmen pick up yang diwakili Toyota Hilux tumbuh 50,7 persen dengan total penjualan 12.580 unit.

Adapun kendaraan niaga 2 ton, Toyota Dyna, membukukan penjualan total 23.079 unit atau tumbuh 35,4 persen dibandingkan dengan 2011. Sementara itu, commercial van Toyota HiAce yang baru diluncurkan pada kuartal IV 2012, mendapatkan respon positif dari pasar dengan torehan penjualan 560 unit.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), menyebutkan, tahun lalu merupakan salah satu tahun yang penuh tantangan bagi pasar otomotif nasional maupun Toyota. Hal itu dikarenakan adanya sejumlah faktor yang sempat dikhawatirkan dapat mempengaruhi laju pertumbuhan, seperti kebijakan terkait dengan down payment (DP) dan wacana pembatasan BBM.

“Selain berkat kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan, pertumbuhan penjualan Toyota maupun pasar otomotif secara nasional, juga tidak terlepas dari kinerja pemerintah yang mampu menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri,” tutup Johnny.

(kpl/nzr/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024