Rabu, 26 Maret 2014

Biar cepat, Toyota pakai motor servis di rumah

Di tengah maraknya servis di rumah (home servis), Layanan home servis (servis ke rumah) Toyota yang sudah berjalan sejak tahun 1989 kini ditingkatkan dengan meluncurkan Toyota Mobile Service (TMS) menggunakan motor.

"Kami ingin memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan Toyota. Dengan menggunakan motor ini, TMS menjadi lebih cepat sempai tujuan di tengah lalu lintas yang padat seperti Jakarta," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor TAM) saat ditemui di Head Office Auto2000, Sunter, Selasa (25/03).

Sebelumnya layanan servis di rumah Toyota atau TMS sudah diinisiasi oleh Toyota dengan menggunakan beberapa model kendaraan. Dimulai dari tahun 1989, dimana Kijang Super menjadi pilihan Toyota untuk menjalankan layanan tersebut.

Pada tahun 1997 Toyota mengembangkan layanan ini khususnya untuk pasar industri dengan merilis TMS menggunakan truk Dyna yang membawa perlengkapan lengkap dan mampu menghadapi medan yang berat.

Perkembangan terus dilakukan dimana pada tahun 2002 Kijang Kapsul menggantikan posisi Kijang Super. Pada tahun 2004 Avanza menjadi pilihan Toyota untuk meneruskan layanan ini hingga sekarang. Namun, melihat kebutuhan akan layanan ini tak hanya terbatas di daerah perkotaan, Toyota pun menjawabnya dengan merilis TMS dengan kendaraan Hilux 4x4 modifikasi yang cocok untuk area tambang dan perkebunan.

"Kami sudah lama meluncurkan layanan ini sejak lama, tetapi dengan roda empat. Kami punya 215 unit Avanza, 7 unit Hilux dan 21 unit Dyna saat ini. Tahun 2014 kami akan menambah 32 unit Avanza lagi. Namun, ternyata sebesar 30 persen servis yang dilakukan di rumah ini tidak memerlukan mobil, cukup motor saja," jelas Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor.

Belum Semua Area

Saat ini layanan TMS dengan motor masih terbatas di beberapa area di Jakarta, yaitu di Auto2000 Pramuka, Auto2000 Kalimalang, Auto2000 Tebet Supomo, dan Auto2000 Radio Dalam.

"Memang belum tersedia di seluruh cabang kami. Ini masih tahap awal. Tapi ke depan pasti kami ingin layanan ini tersedia di seluruh cabang dan dealer kami," tambah Suparno Djasmin, Chief Executive Office Auto2000.

Layanan servis yang dapat ditangani oleh TMS tak hanya penaganan servis ringan, tetapi hingga penggantian suku cadang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

"Ganti oli saja cukup dengan TMS motor, tapi khusus mobil Innova tidak bisa dengan TMS motor karena perlu alat khusus yang tidak bisa dibawa motor," tutup Suparno.

(kpl/fid/fjr)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters