Senin, 16 Desember 2013

Bikers sport belajar jadi pebalap 'sungguhan' di Sentul

Sejumlah komunitas roda dua atau privateer memadati sirkuit internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, minggu kemarin (15/12) untuk mengikuti fun race bertajuk Event Sunday Sport Riding.

Acara ini sangat disambut sejumlah biker dari kelas bebek 150, supersport hingga superbike yang menginginkan bak seorang pebalap sungguhan di sirkuit. Bikers Kawasaki Ninja nampak mendominasi acara fun race ini.

Beberapa pebalap ternama turut membagi ilmunya kepada perserta fun race, seperti M. Fadli, Matteo Guerinoni, Aritonang, dan Shu Sato. Indoprom selaku penyelenggara, menyatakan sengaja menggelar acara ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang tata cara berkendara di atas lintasan balap.

acara funrace di Sentul

"Kami ingin memberikan edukasi kepada para peserta tentang bagaimana membalap. Dan para pebalap yang dilibatkan mencoba menularkan ilmunya kepada peserta, terutama pengguna motor sport. Motor jenis ini sudah menjadi tren, dan pembinaan berjendara dengan motor sport masih kurang," beber Bambang Asmarabudi, ketua panitia penyelenggara.

Di Event Sunday Sport pebalap asal Italia, Matteo, menjelaskan teknik-teknik menikung (cornering) dan engine break saat membalap di sirkuit, termasuk memperhatikan cara racing line yang baik. Selain itu diajarkan pula memainkan teknik pengereman, memuntir gas dan memainkan rpm, termasuk mengatur posisi badan saat menghadapi trek lurus dan belokan.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kontes menarik

Usai diberi pemahaman dan tanya jawab, peserta dipersilahkan melakukan apa yang sudah diajarkan di sirkuit. Tanya jawab juga terus berlangsung usai memutari sirkuit kepada para instruktur guna mengetahui kelemahan saat menjajal aspal balap.

Event Sunday Sport dimeriahkan pula dengan kontes modifikasi yang melombakan 3 kelas, meliputi kategori Racing Look, Daily Advance, dan Airbrush.

(kpl/nzr/sno)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters