Minggu, 3 Februari 2013

BMW Indonesia garap pasar mobil bekas

Pasar mobil premium bekas telah memiliki segmen tersendiri. Sehingga menjadi lahan bisnis menggiurkan dan mendorong BMW Group Indonesia untuk turut bermain di mobil seken.

Rencananya BMW Indonesia akan melakukan ekspansi unit bisnis BMW Premium Selection yaitu mobil seken BMW yang bersertifikasi. Pengumuman secara resmi BMW terjun di bisnis mobil seken akan diumumkan pada Rabu depan tanggal 6 Februari 2012 di Jakarta.

Selain model-model terbaru, penjualan mobil mewah bekas di Indonesia tidak pernah sepi dari peminat. Walaupun belum didapat angka pasti berapa persen porsi kendaraan mewah dari total penjualan mobil bekas di Indonesia, tetap saja ini menjadi ladang usaha baru yang coba dijalankan BMW Indonesia.

BMW Group Indonesia sendiri sebelumnya mengumumkan bahwa penjualan mereka meningkat di tahun 2012. Total penjualan di tahun lalu itu naik sekitar 41 persen dibanding tahun 2011, dari total 1.551 unit menjadi 2.188 unit. BMW 3 Series masih menjadi tulang punggung dengan kontribusi penjualan sebesar 35 persen.

Posisi penjualan selanjutnya diduduki oleh model BMW 5 Series dengan kontribusi secara persentase sebanyak 29 persen. BMW X1 sebesar 18 persen dan BMW X3 dengan 7 persen.

Di tahun 2013, BMW Indonesia menargetkan pertumbuhan 20 persen dibandingkan tahun lalu. Optimisme terhadap harapan ini setidaknya didukung oleh pandangan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik.

BMW Indonesia sendiri baru saja meluncurkan BMW X1 sDrive20d terbaru bermesin Advanced Diesel dan BMW X1 sDrive18i yang bermesin bensin. PT BMW Indonesia merupakan anak perusahaan Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, berpusat di Jerman.

Pendirian anak perusahaan tersebut pada bulan April 2001 menunjukkan keyakinan BMW Group akan kehadiran perusahaan tersebut di Indonesia untuk jangka waktu panjang. Serta membuktikan komitmennya dalam mempertahankan dan meningkatkan posisi BMW sebagai pemimpin di segmen pasar mobil premium.

Kegiatan PT BMW Indonesia meliputi penjualan mobil BMW and MINI, suku cadang dan aksesori, serta perencanaan menyeluruh untuk penjualan, pemasaran, layanan purna jual dan kegiatan terkait lainnya di Indonesia. Jaringan dealernya meliputi 15 dealer mobil baru yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. BMW 3 Series, 5 Series , X3 dan X1 dirakit di Indonesia oleh mitra lokal.

(kpl/nzr/vin)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters