BMW Seri 3, tradisi menjaga reputasi

BMW Seri 3, tradisi menjaga reputasi

Otosia.com -

BMW Seri 3 terbaru resmi menggelinding di pasar mobil kelas premium di Indonesia. Sedan sport terlaris di dunia itu melenggang dengan paduan gaya berkendara yang dinamis, efisien dan nyaman. Sejak kelahirannya, BMW Seri 3 adalah faktor kunci dalam membangun reputasi brand BMW di dunia. Indonesia adalah negara yang telah menjadi bagian dari 12 juta pemilik BMW Seri 3 sejak tahun 1975. Seiring dengan itu, BMW Seri 3 tercatat sebagai model yang paling sukses di segmen premium.

Hadir dengan tampilan yang segar, performa dan efisiensi yang lebih tinggi, BMW Group Indonesia meyakini bahwa generasi keenam dari Seri 3 ini akan mendapat tempat di hati konsumen sedan kelas atas di Tanah Air. BMW Seri 3 terbaru mengaspal dengan tiga varian mesin, yakni BMW 335i, BMW 328i, dan BMW 320i, yang semuanya akan diritel melalui jaringan dealer resmi BMW di Tanah Air.

Dibanding pendahulunya, BMW Seri 3 generasi terbaru ini memiliki bodi yang sedikit lebih besar. Jarak roda lebih lebar, (depan + 37 milimeter, belakang + 48 milimeter), bodi yang lebih panjang (+ 93 milimeter), serta wheelbase yang juga bertambah (+ 50 milimeter) menghasilkan siluet yang sangat sporty pada BMW Seri 3 ini. Sementara itu, interiornya juga memiliki kabin yang lebih lapang bagi penumpang di bangku belakang.

Di samping meningkatkan ukuran fisik dan kenyamanan, BMW Seri 3 terbaru juga kini mempertahankan reputasinya dari segi kelincahan berkendara, dan pada saat yang sama menghasilkan konsumsi bahan bakar yang kian irit berkat teknologi BMW EfficientDynamics.

BMW Seri 3 terbaru menawarkan pilihan mesin yang lebih canggih, ekonomis dan bertenaga, yang kesemuanya menggunakan teknologi BMW TwinPower Turbo. Kini para konsumen dapat menikmati berbagai kelebihan mobil dengan mesin empat silinder yang dilengkapi turbocharger, seperti yang ada pada varian BMW 328i and 320i.

Mesin generasi terbaru berbahan bakar bensin ini merupakan yang paling bertenaga di kategori mesin empat silinder. Mesin ini dikembangkan berdasarkan mesin enam silinder yang telah memenangkan berbagai penghargaan dan dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo yang saat ini diusung oleh BMW 335i, yang juga menjadi benchmark di kelasnya dalam hal dinamika berkendara dan efisiensi.

Semua varian BMW Seri 3 terbaru kini dilengkapi dengan BMW Navigation System Professional yang terintegrasi. Peta Indonesia dan petunjuk arah kini tersedia dalam display beresolusi tinggi dengan tampilan 3D atau layar terpisah. Sensor akan monitor roda dan sudut kemudi dan dapat menentukan lokasi mobil setiap saat, bahkan pada saat signal GPS lemah. Penerima signal GPS dipasang di atap dan proses data serta penyesuaian arah jalan lebih cepat dibanding sistem navigasi yang tersedia di pasar.

Tersedia dengan dua line dengan perlengkapan yang membedakan karakter masing-masing. Mobil ini dibangun dengan menggunakan kombinasi material berkualitas tinggi dan kualitas rancang bangun yang mumpuni untuk mempertegas nuansa premium bagi BMW Seri 3 terbaru. Materi dan pilihan warna bagi model ini sangat pas dengan karakternya sebagai mobil sporty, bahkan juga tersedia pilihan yang sangat luas dari warna dan materi jok tempat duduknya. Sedan BMW Seri 3 terbaru ini tersedia dalam dua line dengan karakternya masing-masing.

Penikmatnya dapat menyesuaikan tampilan mobil dengan selera individual mereka. Kedua pilihan tersebut adalah Sport Line dan Luxury Line yang mempertegas perbedaan karakter BMW Seri 3 dengan gaya mereka masing-masing. Fitur yang eksklusif yang dipadu dengan sangat hati-hati menyentuh pada elemen eksterior serta pilihan materi dan warna untuk masing-masing model. Dalam hal nilai, desain dan ekspresinya, Line BMW ini hadir meninggalkan apa yang ditawarkan oleh pesaing-pesaingnya di kelas premium.

Desain dengan materi ringan tingkatkan efisiensi bahan bakar dan menekan emisi CO2 lebih jauh.

Materi serba ringan memainkan peranan penting dalam menurunkan bobot BMW Seri 3 terbaru ini, dan juga meningkatkan standar keamanan untuk kabin penumpang, dipadu dengan kekuatan yang bertambah besar. Saat yang bersamaan, pilihan materi ini juga memastikan kedinamisan berkendara yang tiada tara. Bahan ringan ini diintegrasikan di berbagai aspek pengembangan mobil BMW dan juga ke dalam komponen-komponennya, dari bodi hingga mesin dan suspensi. Materi yang digunakan termasuk high dan ultra-high tensile steel, hot-stamped B-pillar, plastik dan komposit yang canggih. Terdapat juga pemakaian aluminium pada mesin dan sistem suspensi dengan tujuan mengurangi bobot.

BMW Seri 3 terbaru juga dilengkapi dengan sistem suspensi yang canggih untuk menawarkan handling yang sporty namun tetap dengan kenyamanan yang tinggi. BMW 328i Sport Line dan 335i Luxury Line memiliki fitur adaptive suspension dengan damping yang dikontrol secara elektronik. Sistem ini menyerap informasi yang masuk mengenai akselerasi bodi dan roda, kecepatan mobil dan posisi kemudi, untuk kemudian menyesuaikan peredaman dengan permukaan jalan dan kondisi mengemudi. Pada saat bersamaan pengemudi dapat menggunakan Driving Experience Control untuk membuat variasi karakter suspensi dengan setting sport atau yang nyaman.

BMW 328i dan 320i Peluncuran sedan sport terbaru ini juga menandai pertama kalinya mesin baru empat silinder dipasang pada BMW Seri 3. Untuk mendukung karakter dinamis sedan sport BMW, mesin generasi baru yang dilengkapi turbochargerini sanggup menghasilkan tenaga besar, performa tinggi, akselerasi responsif, torsi besar, rpm tinggi, dan sekaligus berbobot ringan. Dibanding pendahulunya, mesin baru empat silinder ini juga memberikan kenyamanan berkendara yang lebih optimal, konsumsi bahan bakar lebih hemat, dan emisi lebih rendah.

BMW 328i SportBMW 328i Sport Performa tinggi mesin enam silinder inilah yang terus ditingkatkan pada BMW Seri 3 ini. Salah satunya, dengan mencangkokkan teknologi BMW TwinPower Turbo, yang menampilkan inovasi teknologi seperti High Precision Direct Petrol Injection, twin-scroll turbocharging, Double-Vanos variable camshaft timing, serta Valvetronic variable valve timing.

Pada mesin empat silinder generasi terbaru, berbagai teknologi anyar yang diciptakan BMW ini kembali terbukti sanggup menciptakan cara kerja yang efisien untuk menghasilkan tenaga besar semaksimal mungkin, daripada menggunakan mesin kapasitas besar yang pada akhirnya menambah bobot dan juga konsumsi bahan bakar. Sekalipun mobil ini lebih bertenaga dan lebih nyaman dikendarai tak lantas boros bahan bakar dan menghamburkan banyak emisi.

Melalui teknologi BMW TwinPower Turbo, mesin baru empat silinder pada BMW 320i terbaru ini hadir dengan segala kelebihan di atas pendahulunya. Ia sanggup menghasilkan tenaga maksimum 184 hp pada 5.000 rpm (+18%) dengan puncak torsi 270 Nm pada 1.250 – 4.500 rpm (+35%). Dibekali transmisi otomatis delapan percepatan, mobil ini sanggup melesat dan mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam 7,6 detik, 2,2 detik lebih cepat dari pendahulunya.

BMW 320i SportBMW 320i Sport BMW 320i juga sangat efisien dan ramah lingkungan, dengan rasio konsumsi bahan bakar 16.7 km/liter (+8%) serta emisi CO2 hanya 139 gr/km (-7%), semuanya berkat adanya EfficientDynamics.

BMW 320i hadir dengan beberapa fitur standar BMW seperti transmisi otomatis delapan percepatan, Auto Start/Stop function, Driving Experience Control dengan ECO PRO, Servotronic, lampu depan Xenon serta monitor display resolusi tinggi ukuran 8.8 inch dilengkapi dengan fitur BMW ConnectedDrive yaitu BMW Navigation system Professional dengan koneksi USB dan Bluetooth.

Mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.997 CC dengan teknologi BMW TwinPower Turbo pada BMW 328i sanggup menyemburkan tenaga maksimum 245 hp pada 5.000 rpm. Dan berkat adanya twin-scroll turbocharging, ia memiliki torsi maksimum 350 Nm pada 1.250 rpm dan tetap konstan hingga 4.800 rpm. Dengan berbagai kelebihan tersebut, mobil ini pun sanggup melakukan akselerasi hingga kecepatan 100 km/jam dari posisi diam hanya dalam 6,1 detik, dengan kecepatan maksimum 250 km/jam yang dikontrol secara elektris. Mesin ini merespon seketika begitu pengemudi menginjak pedal gas, tenaga besar dihasilkan seketika setelah mesin idle hingga rpm tinggi adalah sangat impresif.

Konsumsi bahan bakar rata-rata BMW 328i hanya 15,9 km/ liter dengan emisi CO2 147 gr/km.

BMW 328i terbaru hadir dengan fitur-fitur seperti transmisi otomatis delapan percepatan, Auto Start/Stop, Driving Experience Control dengan ECO PRO, electric glass roof dan Sound Sytem Surround Harman/Kardon termasuk 16 loudspeaker dengan output 600 W. Transmisi sport otomatis delapan percepatan dan Comfort Access System yang dapat membuka bagasi tanpa menyentuhnya adalah standar untuk BMW 328i Sport Line.

BMW 335i Penggemar mesin besar enam silinder mendapatkan apa yang mereka inginkan pada BMW Seri 3 terbaru. Mesin enam silinder yang sudah dioptimalkan pada BMW 335i ini sangat impresif bagi pengemudi yang menggemari performa tinggi, tenaga besar, tarikan seketika dan kelembutan yang tiada tara. Mobil ini mengusung mesin berkapasitas tiga liter dengan teknologi BMW Twin Power Turbo serta High Precision Direct Petrol Injection, dan VALVETRONIC variable valve timing.

Mesin ini sanggup menekan konsumsi bahan bakar dan emisi dibandingkan pendahulunya, namun tetap mempertahankan performanya. Ia sanggup menghasilkan tenaga maksimum 306 hp pada 5.800 rpm hingga 6.000 rpm. Mesin tiga liter enam silinder ini secara sempurna mencerminkan karakter sport BMW Seri 3 yang memiliki performa tinggi. Mobil ini memiliki torsi puncak 400 Nm pada 1.200 dan 500 rpm.

BMW 335i LuxuryBMW 335i Luxury Dengan kualitas mesin seperti itu, mobil BMW 335i ini sanggup memamerkan kehebatannya dengan melesat dari posisi diam dan mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam 5,5 detik saja. Mobil ini juga memiliki kecepatan maksimum 250 km/jam yang dapat dikontrol secara elektris.

Berbagai kelebihan pada mesin ini masih ditambah lagi dengan kemampuannya menghemat bahan bakar dan menekan emisi sehingga pengemudi dapat menikmati berbagai fitur kehebatan mobil ini tanpa kekuatiran. Dilengkapi transmisi otomatis delapan percepatan, BMW 335i tampil makin lincah dan garang, sekaligus sanggup melakukan penghematan bahan bakar dengan 13,9 km/liter dan emisi CO2 hanya 169 gr/km. Itu artinya secara mengesankan mesin ini sanggup menekan emisi hingga 16 persen.

BMW 335i yang tersedia hanya dengan Luxury Line memiliki perlengkapan standar seperti transmisi Sport otomatis delapan percepatan, Auto Start/Stop, Driving Experience Control dengan ECO PRO, Comfort Access System yang dapat membuka bagasi tanpa menyentuhnya, BMW Navigation system Professional, Harman/Kardon Surround Sound System, kemudi sport dengan tuasnya serta Adaptive Suspension
Paket layanan after-sales premium

Bagaimana soal fitur keamanan dan keselamatan? Tak perlu diragukan. Peranti yang pelindung pengemudi dan penumpang telah mendapat pengakuan terbaik lembaga penguji kemanan independen internasional.

BMW Seri 3 baru tak hanya menciptakan rekor baru dalam hal kenikmatan berkendara di segmen mobil premium, tetapi memiliki keunggulan dalam aspek keselamatan. Dalam test crash Euro NCAP yang terbaru, BMW Seri 3 ini berhasil menggondol penghargaan tertinggi dengan lima bintang.

BMW 335i terbaru dibanderoli harga Rp. 849 juta off the road. Sementara BMW 328i dan 320i baru tersedia pada bulan Oktober 2012. Perkiraan harga BMW 328i Luxury Line dan Sport Line adalah Rp. 729 juta off the road, sedangkan BMW 320i Luxury Line dan Sport Line masing-masing dihargai Rp. 649 juta dan Rp. 599 juta off the road.

(kpl/nzr/bun)

© PT Topindo Atlas Asia 2024