BMW X6 Typhoon RS V10, SUV tercepat di dunia!

BMW X6 Typhoon RS V10, SUV tercepat di dunia!

Ada berita terbaru dalam rekor kecepatan dunia dan BMW X6 sanggup menjadi SUV tercepat sejagat. Keberhasilan ini ditorehkan melalui salah satu sang modifikator spesial BMW yaitu G-Power.

Yang menjadi daya tarik lain dari SUV tangguh bernama BMW X6 Typhoon RS V10 ini adalah hanya dibuat sebanyak 5 unit di dunia. "Selain membuat SUV tercepat di dunia, ini merupakan karya yang juga dipersembahkan sebagai penghormatan pada mesin V10 yang menakjubkan dari M GmbH G-Power," tutur Christian Stöber dan Zoran Zorneke selaku G-POWER's Managing Directors.

BMW X6 Typhoon RS V10 - Engine

Mengingat juga generasi mesin terbaru BMW saat ini yang rata-rata mengalami penurunan dalam jumlah silinder. Dari mesin model V10 kini berubah menjadi V8 namun mampu memberikan performa lebih besar dan ramah lingkungan.

Pada varian SUV terbatas BMW X6 Typhoon RS V10 ini jangan harap Anda akan menjumpai jantung pacu standar X6 dengan 4.4 liternya. Tapi jantung pacu baru telah dikenakannya, yaitu dengan mesin E60 M5 V10 S85 yang memiliki kapasitas 5.5 liter.

BMW X6 Typhoon RS V10

Mesin V10 milik M5 ini sekarang sanggup hasilkan tenaga hingga 900 hp. Mesin monster ini salah satunya didapatkan dari penggunaan piston high performance, twin ASA T1-316 compressors di mana sistem pendingin model double-flow. Kemudian untuk penunjang tenaga besar juga mendapat water-cooled intercooler.

Perangkat ECU juga tak luput dari sentuhan manis G-Power, sehingga torsi puncaknya juga mencapai 870 Nm. G-Power mengganti xDrive sistem, sehingga tenaga besar ini tidak lagi disalurkan keempat rodanya tapi pada penggerak belakang saja.

Perubahan secara keseluruhan dari body, mesin, sistem rem dari carbon-ceramic 410mm dengan 6 kaliper 6 piston dan suspensi ini mampu mengurangi bobot sebanyak 150 kg dari model standar. Hasilnya akselerasi hingga 100 km/h dapat dicapai dalam 4.2 detik dengan kecepatan puncak sebagai SUV tercepat di dunia adalah 330 km/h.

BMW X6 Typhoon RS V10 - interior

(kpl/vin)

© PT Topindo Atlas Asia 2024