Senin, 31 Desember 2012

Car Free Night dijaga ribuan Polri-TNI

Tahun 2013 tinggal beberapa jam kedepan, tapi petugas sejak saat ini sudah mulai menggelar apel untuk ditempatkan di sejumlah titik yang dijadikan pusat perayaan malam tahun baru di Jakarta.

Polda Metro Jaya mengaku ribuan personil gabungan sudah siap menempati posnya masing-masing mengamankan jalur bebas kendaraan (car free night/CFN) di kawasan Monas dan bundaran hotel Indonesia (HI) saat menjelang malam pergantian tahun baru di Jakarta.

“Persiapan kami sudah maksimal untuk mengamankan malam tahun baru. Pada pukul 15.00 WIB, anggota mulai masuk ke lokasi pengamanan masing-masing. Sebelum menempati posnya, personil pengaman lebih dulu mengikuti apel pengamanan pada pukul 14.00 WIB ini," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/12).

CFN Jakarta

Ribuan personil gabungan tersebut bakal menempati 18 pos pengamanan yang didirikan dekat area pusat panggung hiburan. Masing-masing pos pengaman akan ditempati 115 sampai 120 petugas gabungan dari Polri, TNI, Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.

“Keberadaan 18 pos ini kita siapkan untuk antisipasi kalau ada warga masyarakat yang ingin melapor adanya tindak kriminal atau kejadian yang tidak diharapkan, dan personil kita siap bergerak untuk mengamankan,” tegas Rikwanto.

Polda Metro Jaya sebelumnya telah mengumumkan beberapa area yang bakal jadi pusat perayaan pergantian tahun dan terbebas dari kendaraan. Untuk ring satu, meliputi sepanjang jalan Jend Sudirman – Moh. Husni Thamrin, dan ring dua di sekitar ruas jalan yang sama.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan parkir, Polda Metro Jaya akan menyiapkan lapangan untuk lokasi parkir kendaraan. Lokasi parkir ini dibuka selama 24 jam.

Menurut rencana pesta malam pergantian tahun di Jakarta akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, dan Pangdam Jaya, Mayjen TNI E. Hudawi Lubis.

Sementara panggung hiburan ditempatkan di depan Bank Mandiri, Gedung Jaya, Gedung UOB, Jalan Purworejo, Dukuh Atas, Depan gedung Toyota, Manulife, Chase Plasa dan Pertigaan Bendungan Hilir. Pemda DKI Jakarta sendiri bertindak sebagai penanggung jawab penyelenggaraan hiburan bagi warga.

(kpl/nzr/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters