Selasa, 4 Maret 2014

Cerita di balik kelahiran KTM 1290 Super Duke R 'The Beast'

KTM 1290 Super Duke R yang mendapat julukan 'The Beast' ini terlahir dari kerjasama antara Kiska Design dan KTM Racing. Sebuah karya masterpiece yang sepenuhnya berangkat dari ide kreatifitas dan dedikasi karya tangan.

Mengambil 'jantung' dari supersport series RC8, mesin ini kemudian dikembangkan kembali dengan hasil performa yang terlihat jelas dari nama panggilannya - The Beast (buas/beringas). RC8 merupakan produk dari KTM sendiri yang berpusat di negara Austria dengan asli buatan tangan orang Austria sendiri.

Mesin ini berkode LC8, sebuah mesin jalanan yang sudah terbukti gahar 'mengelupas' lapisan aspal baik di jalanan umum maupun di lintasan balap kelas dunia. Dengan mengusung 'baju-telanjang' dari rumah desain Kiska, maka setidaknya 1290 Super Duke R harus melebihi ekspektasi para penggemar KTM.

Salah satu hal tersulit untuk 'melahirkan' the beast ini yakni pembuatan sektor kaki belakang. Swingarm 1290 Super Duke R ini mengusung model single-sided. Membuatnya lebih stabil, mencengkram kuat (roda) ke aspal, harus lebih kuat namun ringan dan juga harus terlihat elegan. Membuat swingarm yang sekaligus mampu terintegrasi apik dengan sistem knalpotnya.

Dengan desain yang bisa dikatakan 'out of the box' atau gampangnya radikal serta performa yang tembus 180 hp, membuatnya layak dinobatkan sebagai pemimpin di kelas moge naked-bike dunia.

Penasaran dengan video di balik kelahiran KTM 1290 Super Duke R ini? Simak video di bawah ini!

(kpl/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters