Jumat, 21 Desember 2012

China berambisi beli saham taksi Inggris

Zhejiang Geely Holding Group berambisi untuk bisa eksis di pasar otomotif Eropa. Usai membeli Volvo dari Ford, perusahaan otomotif asal China itu kini tengah berupaya membeli Manganeze Bronze Holdings, produsen taksi 'hitam' yang biasa beroperasi di jalanan London, Inggris.

Dua sumber yang mengetahui rencana ini mengatakan pada Bloomberg, Kamis (21/12), bahwa Geely berniat membeli 80,03 persen saham Mageneze Bronze, yang saat ini dalam status perlindungan kreditor.

Entah berapa besar tawaran yang diajukan, namun yang jelas Geely berharap agar bisa memperbesar ekspansi bisnisnya ke Eropa. Manganese Bronze saat ini terus berusaha bertahan dari tekanan krisis keuangan Eropa, salah satunya meminta pasokan komponen dari Geely untuk mengurangi ongkos produksi.

Saat ini, Geely Auto, anak perusahaan Zhijiang Geely (holding) yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong, dan sudah memiliki 19,97 persen saham pembuat taksi Inggris. Tawaran ini kabarnya langsung diambil alih oleh korporasi dan tidak melibatkan Geely Auto.

Geely Auto dan Manganese Bronze memulai kerjasamanya pada 2006 di Shanghai untuk mengurangi ongkos produksi taksi di Inggris. Dalam kesepakatan itu, Manganese Bronze akan membeli pasokan komponen dan bodi dari Geely kemudian dirakit di Inggris. Sebaliknya, Geely bisa menjual taksi itu di Asia dan negara lain di Asia.

(kpl/bun)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters