Kamis, 31 Januari 2013

Ertiga single atau double blower?

PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Ertiga dengan AC double blower untuk tipe GL dan GX. Fitur ini tidak tersedia pada varian GA, dan ternyata tidak serta merta bisa diubah. Dalam konfirmasinya, pihak Suzuki menyebut Ertiga single blower tidak bisa jadi double blower.

"Kita tidak menyediakan paket dari single ke double blower. Ini tidak mudah, sangat rumit karena ada proses manufacturing di pabrik yang tidak memungkinkan untuk berubah," ungkap Davy Tuilan, 4W Marketing & DND Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Selain rumit, sejumlah hal menjadi alasan mengapa perubahan itu tidak bisa dilakukan di bengkel resmi. "Tidak mungkin mengubah pada proses produksi Ertiga. Ini menyangkut banyak hal, termasuk biaya, teknis pengerjaan dan sebagainya," tambah Davy.

Kalaupun ada konsumen yang ingin mengubahnya ke bengkel resmi, ia sudah memastikan bahwa hal itu tidak tersedia. "Di bengkel resmi tidak menyediakan paket itu kalau nanti ada konsumen yang mau dipasangkan double blower."

Lebih jauh, Endro Nugroho selaku 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales memaparkan bahwa pembelian pun akan lebih ditegaskan dalam hal ini. Mereka yang memilih untuk membeli Ertiga dengan single blower akan mengutarakannya sedari awal.

"Sebelum konsumen membeli, kita tanya ke orangnya, mau beli single blower apa double blower? Kalau single ya single, kalau double ya double. Sejauh ini konsumen yang inden single blower tidak banyak pindah, kecuali dari awal dia minta di dealer ingin double blower. Kemudian yang sudah minta single blower sudah di STNK-kan sejak Januari ini," ungkap Endro.

Di sektor eksterior, grille Ertiga tampil dengan desain krom, sementara belakang terdapat garnish (hanya tipe GX). Ertiga double blower ini dibanderol Rp 160,8 juta untuk tipe GL dan Rp 172,8 juta untuk tipe GX.

(kpl/why/abe)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters