Jumat, 15 Februari 2013

Forwot Care serukan sehat berkendara motor

Forwot Care merupakan aksi sosial Forwot kepada masyarakat umum. Aksi ini merupakan kegiatan perdana dari 10 kegiatan yang akan digagas Forwot dalam merayakan satu dasawarsa Forwot yang jatuh pada April 2013 nanti. Salah satunya adalah mengkampanyekan safety riding dan membagi-bagikan masker yang bertepatan dengan peringatan Hari Kasih Sayang.

Dalam aksi sosial yang dihelat di Bundaran HI, Jakarta (14/2) ini, Forwot memberikan masker kepada 1000 pengendara motor sebagai bentuk ungkapan kasih sayang. Pemberian masker ini menggantikan pemberian bunga mawar yang biasa dibagi-bagikan gratis di hari kasih sayang atau valentine.

Menurut Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu masker bagi pengendara motor merupakan salah satu cara penting untuk menjaga kesehatan pengendara motor. Menurut dia keselamatan berkendara tidak hanya diperoleh dengan tertib lalu lintas saja, tapi juga bisa diperoleh dengan menjaga aspek kesehatan yang baik.

“Oleh karena itu penggunaan masker ketika mengendarai sepeda motor di jalan raya merupakan sikap bijak yang mutlak harus dimiliki oleh setiap pengendara motor atau bikers,” tegas Jusri Pulubuhu.

Masker menurut Jusri Pulubuhu dapat menyaring debu, gas atau partikel-partikel beracun lain yang bertebaran di udara seperti karbon monoksida, nitrogen dioksida, hidrokarbon, timbal, dan karbon dioksida.

“Semua zat tersebut sangat berbahaya misalnya CO (Karbon monoksida) karena gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun. Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna bahan bakar fosil, misalnya gas buangan kendaraan bermotor,” jelasnya.

Sementara itu Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana mengapresiasi Forwot Care 2013. Menurutnya kampanye safety riding tidak serta merta merupakan monopoli pihak kepolisian. Peran aktif masyarakat dalam memberikan pengetahuan dan pendidikan safety riding yang benar akan sangat bermanfaat. Ini sesuai dengan tujuan pihak kepolisian yakni menjadikan setiap orang menjadi pelopor keselamatan berkendara.

“Keselamatan para pengendara adalah hal yang utama,” ujar Kombes Pol Chrysnanda Dwilaksana.

Forwot Care

(kpl/tr/rd)

Rekomendasi untuk kamu:

Newsletters